11 Cara Berhenti atau Nonaktifkan Shopee PayLater Paling Mudah

cara berhenti shopee paylater

Ingin terhindari dari hutang tapi tak tahu cara berhenti Shopee PayLater? Meskipun menawarkan segudang keuntungan, namun sebagian pengguna merasa ini terlalu berlebihan karena membuat kita jadi lebih boros dari sebelumnya.

Pada dasarnya, konsep yang ditawarkan Shopee sama dengan berhutang, hanya saja bahasanya dihaluskan biar terlihat keren. Paylater = bayar nanti = hutang.

Dimana pengguna dapat membeli suatu barang dan membayar melalui saldo PayLater, kemudian setelah jatuh tempo, "hutang" tersebut harus dilunasi sesuai nominal yang digunakan.

Demi gaya hidup hedonisme, banyak orang tertarik menggunakannya. Namun, tak sedikit pula yang menyesal hingga akhirnya mencari cara berhenti Shopee PayLater agar tak terseret lebih jauh dan keuangan bisa diatur dengan baik.

Bisakah Shopee PayLater Dinonaktifkan?

Kalau membaca kebijakan Shopee, pada dasarnya tidak ada kemungkinan untuk menonaktifkan PayLater. Namun, ketika saldo tersebut tidak pernah digunakan, maka kita tidak dibebankan biaya tagihan.

Tapi, kalau sudah pernah digunakan untuk membeli barang di merchant meskipun nominalnya kecil, kita tetap harus membayar sesuai jumlah yang dijanjikan.

Jadi, kesimpulannya Shopee PayLater tidak bisa dinonaktifkan secara manual. Biarkan saja layanan tersebut tetap ada, dan jangan pernah digunakan. Nanti setelah lewat 3 bulan, secara otomatis Shopee PayLater akan nonaktif.

Cara Berhenti Shopee PayLater

cara berhenti shopee paylater mudah

Karena tidak memungkinkan pengguna untuk menghindari layanan, satu-satunya cara nonaktifkan Shopee PayLater adalah menghapus akun Shopee dari perangkat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari hal-hal bersifat duniawi.

Untuk caranya, bisa disimak pada penjelasan berikut.

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee
  • Sebelumnya, pastikan dulu Anda tidak meninggalkan jejak saldo di ShopeePay maupun barang yang sedang dalam pengiriman
  • Kemudian tap menu Saya (Profil) yang terletak di pojok kanan bawah
  • Lalu tap Pengaturan Akun
  • Selanjutnya ketuk Ajukan Penghapusan Akun, dan pilih Ok
  • Beberapa saat kemudian Anda akan dikirimkan kode OTP verifikasi ke nomor terdaftar
  • Ketik kode tersebut ke kolom yang tersedia
  • Setelah itu pilih alasan kenapa ingin menghapus akun Shopee
  • Berikutnya masukkan alamat email aktif yang digunakan saat mendaftar Shopee
  • Silahkan centang persetujuan yang tertera di layar
  • Terakhir tinggal tap tombol Kirimkan

Setelah mengikuti panduan ini, permohonan Anda akan diproses dan hasilnya bisa dikirimkan via email dalam jangka waktu maksimal 7 hari kerja.

Bagi Anda yang sedang mencari cara berhenti Shopee PayLater sekaligus menonaktifkan akun, mungkin langkah di atas bisa dicoba. Tapi, disarankan jika masih membutuhkan Shopee sebagai e-commerce andalan, sebaiknya cukup abaikan saja PayLater-nya.

FAQ

1. Apa hukum Shopee PayLater menurut Islam?
Yang pertama dibolehkan (mubah) karena saat pendaftaran dijelaskan kontrak perjanjian antar peminjam dan pemberi pinjaman. Kedua haram, sebab ada praktek riba dengan bunga 2,95% yang dibayarkan dalam jangka waktu 2 sampai 6 bulan.

2. Apakah bisa berhenti dari Shopee PayLater?
Bisa, tinggal diabaikan saja bila tak ingin menggunakan.

3. Bagaimana jika tidak membayar tagihan Shopee PayLater?
Tidak membayar sama saja dengan mempersulit diri. Ujung-ujungnya Anda sendiri yang akan repot. Selain akun Shopee dibekukan, data Anda akan masuk blacklist dan ditolak bila ingin membuat rekening maupun melakukan pinjaman online.

Penutup

Jadi dapat disimpulkan, membatalkan aktivasi Shopee PayLater cukup dengan mengabaikannya dan gunakan metode pembayaran lain jika ingin membeli barang. Selain itu, jika tak lagi tertarik, menghapus aplikasi Shopee bisa jadi pilihan.

Pihak Shopee sendiri sebenarnya membebaskan pengguna untuk mengabaikan atau menggunakan layanan miliknya. Tinggal pilih saja, take it or leave it.

Demikian adalah ulasan tentang cara berhenti Shopee PayLater dengan beberapa langkah mudah. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel