Cara Menonaktifkan Home Credit dan Persyaratannya (Hapus Akun)

Cara Menonaktifkan Home Credit

Home Credit mendapat banyak keluhan dari pengguna karena sering menelepon. Padahal sudah tidak ada tanggungan atau semua angsuran terbayar lunas. Sehingga tak sedikit yang kesal dan ingin segera menonaktifkan Home Credit. 

Sebenarnya keluhan ini bukan sekali dua kali terjadi. Sejak populernya pembiayaan online, perusahaan fintech bergeriliya mencari nasabah dengan metode promosi yang cukup mengganggu.

Terlebih lagi, Home Credit termasuk salah satu platform kredit dengan nasabah terbanyak. Kiprahnya sudah berkelas internasional karena didirikan di Republik Ceko pada tahun 1997.

Nah, untuk Anda yang tak ingin ditelepon terus oleh sales, berikut panduan lengkap cara menonaktifkan Home Credit beserta syarat yang dibutuhkan.

Syarat Hapus Akun Home Credit

Sebenarnya tak sulit untuk menghapus atau nonaktifkan akun Home Credit. Tapi sebelum melakukannya, kalian harus menyelesaikan tanggungan yang sedang berjalan serta mengikuti persyaratan dari aplikator.

Sebagai contoh, saat ini akun Home Credit masih punya sisa angsuran 1 kali lagi. Jika ingin menonaktifkan, kalian harus bayar angsuran tersebut sesuai kesepakatan.

Kalau masih ada hutang, entah itu 1 atau 2 bulan lagi, cara menonaktifkan Home Credit tak bisa dilakukan. Sebab, ini sama saja seperti berusaha kabur dari tanggung jawab.

Selengkapnya, berikut syarat hapus akun Home Credit:

  • Cicilan harus sudah dilunasi
  • Ketika proses hapus akun berjalan, jangan melakukan aktivitas di aplikasi
  • Beri tahu alasan kenapa ingin hapus akun
  • Melampirkan data diri, seperti nama dan alamat
  • Nomor hp dan email yang digunakan saat pendaftaran
  • Memiliki e-KTP asli

Home Credit menawarkan fasilitas cicilan bagi masyarakat yang ingin kredit hp, laptop, maupun kebutuhan lain. Bisa dibilang perusahaan ini termasuk paling tua di Indonesia sekaligus salah satu yang terbaik.

Sebelum munculnya aplikasi paylater seperti Kredivo atau Indodana, Home Credit lebih dulu hadir. Tapi dulu layanannya masih manual, belum secanggih sekarang yang serba online.

Meskipun ada banyak keuntungan, sebagian orang menganggap paylater merugikan. Tak lain karena adanya bunga dan denda bila terlambar bayar. Sehingga cara menonaktifkan Home Credit jadi pilihan.

Cara Menonaktifkan Home Credit

Nah, setelah tahu semua syaratnya, sekarang mari kita bahas cara menonaktifkan Home Credit bayar nanti. Secara singkat, Anda hanya perlu menghubungi call center dan menyerahkan syarat dokumen serta bukti pelunasan.

Setelah itu, pihak Home Credit akan menanyakan beberapa hal terkait penonaktifan akun. Kalau Anda masih punya tunggakan, sebaiknya urungkan niat ini, karena sudah pasti bakal ditolak.

1. Bayar Cicilan Home Credit

Apabila belum tahu cara bayar cicilan Home Credit, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini. Biasanya nasabah baru yang belum pernah melakukan transaksi angsuran kebingungan membayar tagihan Home Credit.

Tentu saja, cara ini dilakukan secara online lewat My Home Credit App. Jadi kalian tidak perlu datang ke kantor fisik. Tinggal buka smartphone dan akses menu di aplikasi.

Oh iya, bayar tagihan Home Credit bisa dengan beberapa metode pembayaran. Seperti transfer bank, merchant, maupun kartu kredit.

Berikut langkah-langkah bayar cicilan Home Credit:

  • Pertama buka aplikasi Home Credit
  • Di bagian menu, klik Transaksi
  • Selanjutnya akan terlihat nomor kontrak dan data lain
  • Langsung saja klik Bayar
  • Lalu masukkan nominal tagihan > klik Lanjutkan
  • Kemudian pilih metode pembayaran
  • Jika sudah, klik Bayar
  • Terakhir tinggal selesaikan pembayaran sesuai metode yang Anda pilih

Sampai tahap ini cara bayar cicilan sudah selesai. Selanjutnya Anda bisa lanjut ke proses hapus akun Home Credit. Karena ini dilakukan via website, jadi pastikan koneksi internet lancar, ya!
 

2. Isi Formulir Penonaktifan Akun


Semua proses dilakukan secara online tanpa campur tangan Debt Collector ataupun pihak penyelenggara datang ke rumah. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menyiapkan data-data yang dibutuhkan.

Silahkan simah panduan di bawah ini:

  • Buka website homecredit.co.id/hubungi-kami
  • Tampilannya seperti gambar di atas
  • Selanjutnya isi semua kolom yang ada
  • Di bagian "Pesan Anda", masukkan data nomor kontrak, tempat/tanggal lahir, nama ibu kandung
  • Jangan lupa jelaskan alasan kenapa akun Home Credit mau dinonaktifkan
  • Sementara pada bagian “Lampirkan Berkas”, unggah foto e-KTP
  • Selesaikan pendaftaran dengan klik tombol Kirim

Setelah semua proses di atas diselesaikan, permohonan Anda akan masuk ke divisi Customer Service. Biasanya butuh beberapa hari hingga pihak Home Credit melakukan panggilan ke nomor hp yang terdaftar.

3. Hubungi Call Center Home Credit

Apabila tidak ada respon dan prosesnya sangat lama, Anda bisa mengikuti cara menonaktifkan Home Credit dengan menghubungi Call Center atau mengirim email. Tapi cara ini butuh banyak pulsa terutama pakai nomor telepon.

Berikut kontak dan nomor Home Credit yang bisa Anda hubungi:

Media PlatformKeterangan
Emailcare@homecredit.co.id
WhatsApp0811 7799 600
Telepon021 2953 9600
Facebookfacebook.com/homecreditid
Instagram@homecreditid
Twitter@homecreditid

Seperti halnya cara menonaktifkan Shopee Paylater, pengguna tidak memungkinkan untuk hapus akun langsung di aplikasi. Ada cara khusus yakni via website dengan mengisi formulir.

Jika akun sudah berhasil dinonaktifkan, Anda tak perlu khawatir dengan tagihan maupun denda akibat terlambat bayar. Hidup jadi lebih tenang dan bisa fokus melakukan aktivitas.

Kenapa Home Credit Telepon Terus

Di awal sudah dijelaskan kalau tak sedikit nasabah yang menanyakan kenapa Home Credit telepon terus. Padahal, menurut mereka semua tagihan sudah dibayar dan tidak ada tanggungan lagi di aplikasi.

Selain itu, pihak Home Credit juga sering menawarkan pinjaman, padahal sudah dijelaskan kalau tidak tertarik. Hal ini yang mendasari banyak orang ingin menghapus akun Home Credit.

Untuk alasan pasti kenapa Home Credit sering menelpon, mereka biasanya telemarketing atau orang yang bertugas mencari nasabah.

Untuk mencegah hal ini, satu-satunya jalan hanya menonaktifkan akun agar tidak lagi dihubungi. Disamping itu, kalian juga bisa blokir nomor telepon Home Credit.

Akhir Kata

Seperti yang kita tahu, Home Credit termasuk perusahaan yang memberikan layakan kredit atau paylater. Keberadaannya sangat membantu karena masyarakat bisa membeli barang dan bayar bulan depan atau setelah gajian.

Jadi itulah ulasan lengkap cara menonaktifkan Home Credit bagi Anda yang tak ingin menerima spam call. Menghapus akun memang sangat diperlukan apabila tidak ada tanggungan yang harus dibayar. Semoga bermanfaat!