Apa Saja Kegiatan Mahasiswa Jurusan Farmasi? Ini Penjelasannya

Pada dasarnya, kuliah di jurusan farmasi tak jauh berbeda dari jurusan-jurusan lain. Namun, sebagian besar waktu perkuliahan akan banyak melibatkan tugas dan praktikum.

Oleh karena itu, anak farmasi wajib memiliki manajemen waktu yang baik. Kalau tidak, dunia perkuliahan dan kehidupan pribadi pasti jadi berantakan.

Ini senada dengan yang disampaikan oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Probolinggo. Kalau ingin sukses di farmasi, kita bukan hanya belajar tentang kesehatan, namun juga memperhatikan diri pribadi.

Nah, di artikel ini admin akan menjelaskan apa saja kegiatan mahasiswa jurusan farmasi. Penasaran? Yuk baca sampai selesai!

Kegiatan Mahasiswa Jurusan Farmasi

Kegiatan Mahasiswa Jurusan Farmasi

Yuk intip beberapa aktivitas atau kegiatan mahasiswa jurusan farmasi berikut ini:

1. Kuliah Jam Reguler

Mahasiswa jurusan farmasi biasanya tak jauh berbeda dari jurusan lainnya, dimana kita akan menempuh aktivitas belajar secara umum.

Namun, setelah mata kuliah di jam reguler selesai, akan dilanjutkan dengan kegiatan praktikum yang biasanya 3 kali dalam seminggu hingga sore atau malam hari.

2. Membuat Jurnal Praktikum

Selanjutnya, anak farmasi di semua kampus di Indonesia pasti akan dihadapkan dengan jurnal praktikum. Ini adalah tahapan penting sebelum praktikum dimulai.

Setelah itu, Anda akan disuruh dosen untuk membuat laporan yang wajib disetor di pertemuan praktikum selanjutnya.

3. Tugas Makalah

Kegiatan mahasiswa farmasi berikutnya adalah tugas makalah. Hampir di setiap mata kuliah mewajibkan mahasiswa membuat makalah dan dilanjutkan dengan presentasi.

Contoh makalah jurusan farmasi tak jauh-jauh dari dunia kesehatan. Contohnya, pengenalan obat pada ilmu farmakologi, evaluasi mutu pelayanan di apotek, dan lain sebagainya.

4. Beraktivitas di Lab

Tentunya mahasiswa farmasi banyak menghabiskan waktu di lab. Selain berdiam diri atau ngobrol sama teman, kita akan melakukan ekstraksi atau menunggu proses elusi dalam analisa kuantitatif atau kualitatif di kimia farmasi.

5. Bimbingan Dosen

Nah, kalau sudah mau TA 1 atau TA 2, mahasiswa jurusan farmasi akan menempuh sebuah proyek mandiri di bawah bimbingan dosen pembimbing.

Bagi yang belum tahu, TA adalah singkatan dari Tugas Akhir. Ini merupakan sebuah mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa sebelum memasuki masa akhir studi.

6. Intermezo: Cinlok

Terakhir, hampir semua mahasiswa farmasi terlibat dalam cinta lokasi atau cinlok. Pasalnya, dunia perkuliahan farmasi membuat kita bertemu orang yang itu-itu saja.

Jadi mungkin saja, setelah beberapa bulan menempuh kuliah Anda akan menjalin hubungan dengan teman sekelas.

Tips Kuliah Farmasi dari PAFI Kabupaten Probolinggo

Di awal sudah admin singgung soal PAFI Kabupaten Probolinggo yang merupakan organisasi yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi orang-orang farmasi, khususnya daerah Kabupaten Probolinggo.

Selain di Probolinggo, PAFI juga hadir di kota dan daerah lain di seluruh Indonesia. Jadi, kalian yang sedang kuliah di jurusan farmasi bisa mencari informasi di sana.

Ada beberapa tips dari PAFI Kabupaten Probolinggo untuk mahasiswa farmasi:

Pertama, pastikan kalian memiliki niat sungguh-sungguh untuk terjun di dunia farmasi. Ibaratnya jangan setengah hati atau paksaan orang tua, harus mencintai dunia farmasi sepenuhnya.

Selain itu, kalian juga harus punya pengenalan mendalam tentang farmasi. Cari tahu apa saja ilmu dalam farmasi, peran apoteker, hingga peluang kerja kalau masuk jurusan farmasi.

Kedua, pastikan kalau sudah masuk kuliah kalian mencari teman untuk kelompok belajar. Ini akan sangat membantu dalam berdikusi perihal sesuatu yang tidak dipahami.

Penutup

Apabila Anda tertarik mengambil jurusan farmasi, jangan lupa untuk memperluas jaringan. Cari teman sebanyak-banyaknya karena akan membantu kita mendapatkan informasi tentang perkuliahan.

Sekian informasi yang dapat disampaikan tantang apa saja kegiatan mahasiswa jurusan farmasi. Semoga ini bisa jadi pembuka jalan agar semakin yakin kuliah di jurusan farmasi.