Penyebab ID Pelanggan PLN Terblokir Saat Isi Token Listrik

Beberapa waktu terakhir, banyak pelanggan PLN mengalami masalah ID pelanggan terblokir ketika ingin mengisi token listrik di e-commerce maupun m-banking.

Masalah ini tentunya sangat menjengkelkan, apalagi jika token listrik sudah benar-benar habis di malam hari. Mau tak mau kita harus bergelap-gelapan.

Nah, kalau kamu sedang mengalaminya juga, di artikel ini admin akan jelaskan penyebab ID pelanggan terblokir sehingga tidak bisa isi token listrik. Yuk simak!

Penyebab ID Pelanggan PLN Terblokir

Penyebab ID Pelanggan PLN Terblokir

Untuk kasus yang admin alami, awalnya token listrik habis di jam 12 malam. Seperti biasa, admin isi di e-commerce Tokopedia dengan nominal Rp50.000 atau 34.9 kWh.

Namun, saat ini checkout muncul notifikasi “Nomor ID Pelanggan Anda terblokir. Silahkan hubungi penyedia layanan”.

Otomotis admin bingung dong, karena sebelumnya tidak pernah mengalami kendala seperti ini. Apalagi di tengah malam dalam kondisi gelap.

Akhirnya admin coba isi token listrik PLN menggunakan IDPEL yang 12 digit, dan ternyata bisa. Sebelumnya dengan nomor meter 11 digit yang memang biasa digunakan.


Namun, masalah baru muncul. Setelah memasukkan nomor token ke meteran, selalu muncul notifikasi gagal. Frustasi pun semakin menjadi-jadi.

Setelah mencari jawaban di Google dan media sosial, admin menemukan alasan kenapa ID pelanggan PLN terblokir.

Jadi, penyebabnya adalah PLN sedang dalam tahap update V KRN 43 untuk semua pelanggan. Kebetulan saat itu rumah admin mendapat giliran.

Bagi yang belum tahu, V KRN (Versi Key Revision Number) merupakan pembaharuan kWH meter yang usianya sudah di atas 5 tahun.

Program ini resmi dari PLN dan bertujuan agar pelanggan dapat menikmati listrik sesuai standar.

Cara Mengatasi ID Pelanggan PLN Terblokir Saat Isi Token

Sekarang sudah tahu penyebab ID pelanggan terblokir dan tidak bisa memasukkan token listrik, kan? Selanjutnya, kita masuk ke solusi dari masalah ini.

Penting diketahui, jika kalian mengalami masalah serupa, solusinya cuma satu, yakni menghubungi pihak PLN atau datang langsung ke kantornya.

Untungnya, pelayanan PLN di tempat admin tinggal cukup baik. Petugas langsung datang ke rumah tanpa harus menunggu berhari-hari.

Yuk langsung saja simak cara mengatasi ID pelanggan PLN terblokir berikut ini:

  • Pertama download aplikasi PLN Mobile
  • Lalu buat akun pakai nomor hp atau Gmail
  • Setelah akun berhasil dibuat, login ke aplikasinya
  • Di halaman utama pilih menu “Pengaduan”

  • Kemudian scroll ke bawah dan klik PLN Answers > Live Chat

  • Selanjutnya isi data mulai dari nama, email, nomor hp, dan ID pelanggan
  • Jika sudah klik Start Chat
  • Sampaikan kendala yang kamu alami sedetail mungkin
  • Nantinya CS PLN akan memberikan nomor tiket pengaduan
  • Terakhir tinggal tunggu petugas lapangan datang ke rumah

Oh iya, penting diketahui juga, chat yang dilakukan di aplikasi PLN Mobile langsung oleh CS, bukan BOT. Jadi, pastikan kamu memberikan informasi detail.

Sampai tahap ini, cara mengatasi ID pelanggan PLN terblokir sudah selesai. Silahkan ikuti semua prosedur yang disampaikan petugas PLN.

Karena nantinya, program V KRN atau pembaharuan kWH meter ini dilakukan secara bertahap dan akan mengganti meteran lama dengan yang baru.

Akhir Kata

Kalau ada yang bertanya apakah listrik akan mati, jawabannya tidak. Biasanya pihak PLN akan menyambung listrik secara langsung. Masyarakat tetap bisa menikmati aliran listrik seperti biasa.

Demikian penjelasan lengkap tentang penyebab ID pelanggan PLN terblokir saat ingin mengisi token listrik. Pahami juga cara mengatasinya agar masalah ini cepat teratasi. Semoga bermanfaat!