Gagal Menyimpan Pengalaman Kerja di SSCASN, Cek Solusinya

Salah satu keluhan yang dialami pelamar PPPK 2023 adalah gagal menyimpan pengalaman kerja di SSCASN. Mereka pun kebingungan penyebab dan cara mengatasinya.

PPPK adalah pekerjaan di ruang lingkup pemerintahan yang kurang lebih sama seperti PNS. PPPK singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Untuk bisa mengisi posisi di PPPK, calon pegawai harus melakukan pendaftaran di situs SSCASN dan menyiapkan berkas-berkas. Namun, terkadang muncul beberapa masalah.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas penyebab dan cara mengatasi GALAT gagal menyimpan pengalaman kerja di SSCASN. Mari simak!

Gagal Menyimpan Pengalaman Kerja di SSCASN

Dokumen Pendaftaran CPNS dan PPPK di SSCASN

Seperti diketahui, SSCASN adalah situs resmi pemerintah yang digunakan untuk menyeleksi pendaftaran CPNS dari seluruh Indonesia.

Proses tersebut membutuhkan banyak dokumen dalam bentuk scanning. Sehingga calon pendaftar perlu memperhatikan setiap instruksi agar tidak terjadi kendala.

Adapun dokumen yang dimaksud adalah:

  • Scan PAS PHOTO 4x6 BACKGROUND MERAH (maksimal 200 Kb, format JPG/JPEG)
  • Scan SWAFOTO (maksimal 200 Kb, format JPG/JPEG)
  • Scan EKTP (maksimal 200 Kb, format JPG/JPEG)
  • Scan IJAZAH DAN SERDIK/STR (maksimal 800 Kb, format PDF)
  • Scan TRANSKRIP NILAI (maksimal 500 Kb, format PDF)
  • Scan SURAT PENUGASAN GURU khusus THK-2 (maksimal 500 Kb, format PDF)

Penting dipahami, masing-masing instansi punya syarat dokumen yang berbeda. Agar lebih jelas, sebaiknya Anda cek di halaman registrasi.

Penyebab Gagal Menyimpan Pengalaman Kerja di SSCASN 

Meskipun dokumennya terlihat simpel, beberapa calon ada yang mengalami gagal saat ingin mengunggah atau menyimpan pengalaman kerja.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut:

1. Format Surat Keterangan Kerja (SKK)

Penyebab pertama adalah kesalahan atau kelalaian memahami format Surat Keterangan Kerja yang diatur dalam situs SSCASN.

Untuk itu, sebaiknya cek semua instruksi yang ada. Jangan sampai harus mengulang proses registrasi hanya karena kesalahan kecil.

2. Kesalahan TMT SK

Selanjutnya, ada kemungkinan kamu salah saat memasukkan TMT SK. Sebab, berkas tersebut harus dimasukkan sesuai periode yang berlaku.

Contohnya seperti ini:

> Apabila masa berlaku SK 1 tahun, tanggal yang dipilih mulai 01-01-2022 hingga 31-12-2023
> Apabila masa berlaku SK 5 tahun, tanggal yang dipilih mulai 01-01-2022 hingga 31-12-2027

Kesalahan kecil saat mengisi kolom pendaftaran, khususnya pengalaman kerja bisa berakibat gagal menyimpan pengalaman kerja di SSCASN 2023.

Agar prosesnya lancar dan tidak ada kendala, Anda harus mengecek masing-masing formulir maupun dokumen dengan benar.

Jika terjadi masalah atau keraguan, Anda bisa minta bantuan ke Helpdesk SSCASN. Silakan hubungi ke nomor 021-8088-2815 di jam kerja.

Akhir Kata

Masalah yang terjadi saat mendaftar PPPK 2023 dapat teratasi dengan solusi-solusi di atas. Namun, pastikan juga koneksi jaringan lancar saat mengakses situs SSCASN.

Demikian ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi gagal menyimpan pengalaman kerja di SSCASN. Semoga bisa membantu ya, teman-teman. Semangat!