4 Jenis Bus Pariwisata di Indonesia, Yuk Ketahui Disini!

Tahukah kamu? Di Indonesia ada banyak jenis bus pariwisata yang dibedakan berdasarkan ukuran dan fasilitas. Yuk pahami semua jenis-jenis bus tersebut pada postingan berikut ini.

Dengan mengetahui jenis bus pariwisata, kamu dapat menyusun rencana perjalanan dengan matang. Apalagi, harga sewa bus pariwisata per hari berbeda tergantung jenis.

Ketika bicara soal bus pariwisata, kita pasti terbayang ukurannya yang besar, bahkan sampai memenuhi badan jalan. Padahal, ada juga bus pariwisata dengan ukuran kecil.

Jenis Bus Pariwisata
sumber: andarabus.com

Jenis Bus Pariwisata

Jenis bus pariwisata yang beragam akan membuat kita semakin bersemangat dalam merencanakan perjalanan. Selain itu, kita juga punya banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut beberapa jenis bus pariwisata yang ada di Indonesia:

1. Mini Van

Mini Van adalah varian bus pariwisata yang memiliki ukuran kecil dengan kapasitas penumpang terbatas, sekitar 20 orang. Mini Van biasanya hanya digunakan untuk perjalanan singkat.

Dengan ukuran yang kecil, bus jenis ini lebih mudah melalui lalu lintas padat. Sehingga sangat praktis dan efisien untuk menuju destinasi jarak dekat.

2. Medium Bus

Selanjutnya ada Medium Bus atau bisa juga disebut bus 3/4. Kapasitas penumpang yang mampu ditampung bus ini sekitar 35 orang dengan susunan 2 kanan 2 kiri.

Biasanya, Medium Bus sering digunakan mahasiswa atau pelajar yang melakukan kegiatan wisata bersama dengan jarak tempuh tak terlalu jauh.

3. Junior Bus

Tak berbeda jauh dari Medium, Junior Bus adalah jenis bus pariwisata kelas menengah. Kapasitas maksimalnya 39 kursi, namun dengan ukuran bodi yang lebih panjang.

Junior Bus sering digunakan untuk perjalanan wisata lokal, perjalanan sekolah, atau kunjungan perusahaan. Bus ini dirancang dengan fitur yang lebih sederhana dan fungsional, namun tetap nyaman.

4. Big Bus

Sesuai namanya, Big Bus adalah jenis bus pariwisata dengan ukuran jumbo. Bahkan, ukurannya sampai memenuhi badan jalan satu arah. Bus ini memiliki 59 kursi dengan susunan 2 kanan dan 3 kiri.

Biasanya, Big Bus dilengkapi fasilitas lengkap mulai dari toilet, AC, hingga Wi-Fi. Selain itu, sebagian jasa juga menawarkan selimut dan kursi yang bisa diatur sebagai tempat tidur.

Salah satunya Andarabus yang merupakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta dengan fasilitas terbaik dan harga ramah di kantong.

Fasilitas Wajib di Bus Pariwisata

Setelah mengetahu jenis-jenis bus pariwisata di Indonesia, selanjutnya admin mau jelaskan beberapa fasilitas yang wajib ada kalau kamu berencana menggunakan jasa sewa bus untuk berwisata.

Berikut adalah beberapa fasilitas tersebut:

Kursi yang Nyaman – Bus pariwisata harus dilengkapi dengan kursi yang dapat diatur dan dilengkapi dengan sandaran tangan dan penyangga kepala akan memberikan kenyamanan ekstra.

Pendingin Udara –  Fasilitas AC sangat penting untuk menjaga suhu di dalam bus tetap nyaman, terutama saat menempuh perjalanan jauh.

Toilet – Jika perjalanan berlangsung dalam jangka waktu lama, adanya fasilitas toilet di dalam bus sangat penting.

Hiburan – TV atau sistem audio juga tak kalah penting dalam bus pariwisata. Fasilitas ini dapat menghibur penumpang selama perjalanan.

Wi-Fi dan Colokan – Di era digital, keberadaan Wi-Fi dan colokan charger di dalam bus sangat dibutuhkan oleh penumpang agar tetap terhubung ke internet.

Selain lima daftar di atas, bus pariwisata juga wajib dilengkapi fasilitas keamanan yang memadai. Ini mencakup sabuk pengaman pada setiap kursi, pemadam kebakaran, hingga pemecah kaca darurat.

Akhir Kata

Demi memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan, apalagi dengan jarak yang sangat jauh, sebagai penumpang kita harus memilih bus pariwisata yang aman dan nyaman.

Demikian beberapa jenis bus pariwisata di Indonesia yang bisa jadi referensi kalau ingin melakukan perjalanan wisata bersama perusahaan, sekolah, maupun kampus.