Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus, Tanpa Ribet!

Popularitas TikTok tak perlu diragukan lagi, dimana kita bebas mengekspresikan diri lewat video. Namun ada kalanya, video tersebut tiba-tiba hilang, sehingga cara mengembalikan video TikTok yang terhapus wajib diketahui.

Bukan rahasia umum kalau video TikTok yang sudah diposting bisa hilang sendiri. Dikutip dari samuat.com, penyebabnya bisa karena melanggar kebijakan, atau isi konten berbau vulgar atau kekerasan.

Meskipun begitu, kalian tak perlu khawatir, karena cara mengembalikan video TikTok yang terhapus atau hilang sangatlah mudah. Simak langkah-langkahnya pada ulasan berikut.

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Penyebab Video TikTok Hilang atau Terhapus

Sebelum bahas cara mengembalikannya, admin jelaskan dulu penyebab video TikTok hilang atau terhapus dari feed. Salah satu alasannya adalah TikTok mendeteksi usia pengguna di bawah 13 tahun.

Seperti yang kita tahu, kebijakan TikTok melarang kreator memiliki akun dan memposting video jika usianya belum genap 13 tahun.

Selain itu, penyebab lain bisa karena kesalahan pengguna yang membuat konten terlarang, seperti pornografi, kekerasan, dan video sensitif lainnya.


Kendati demikian, apapun alasan video TikTok hilang, tentu akan sangat menjengkelkan. Apalagi, video tersebut dibuat dengan sepenuh hati menggunakan aplikasi edit video terbaik.

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Jika kamu mengalami masalah seperti itu, tak perlu panik. Seperti yang dijelaskan di awal, cara mengembalikan video TikTok yang terhapus sangat mudah dan cepat.

Silahkan lakukan panduan berikut ini:

  • Pertama masuk ke Profil
  • Lalu klik garis tiga di kanan atas
  • Kemudian pilih opsi “Pengaturan dan privasi”
  • Setelah itu scroll ke bawah dan pilih “Laporkan Masalah”
  • Selanjutnya scroll lagi ke bawah dan klik tombol “Kirim Laporan”
  • Sekarang, sampaikan keluhan kamu perihal video TikTok yang terhapus atau hilang
  • Pastikan buat laporan secara detail
  • Kalau perlu lampirkan bukti foto/video
  • Setelah dirasa cukup, klik Kirim

Sampai tahap ini cara mengembalikan video TikTok yang terhapus sudah selesai. Namun, kamu perlu menunggu beberapa hari hingga pihak TikTok merespon keluhan tersebut.

Biasanya butuh waktu 1 minggu, tetapi terkadang bisa lebih lama tergantung antrian dan jenis keluhan.

Lantas, setelah ada balasan atau respon dari TikTok, apa yang harus kita lakukan?

Sederhana saja, kamu tinggal balas dan apabila ada saran, silahkan lakukan semua instruksi dengan benar. Kalau masih bingung juga, ikuti panduan di bawah ini:

  • Buka email balasan yang dikirim oleh TikTok
  • Biasanya mereka mengirim email pakai alamat noreply@mail.tiktok.com
  • Dalam pesan tersebut, berisi link untuk men-download file video yang terhapus
  • Langsung saja klik link-nya
  • Setelah itu, klik tombol Unduh untuk menyimpan video TikTok ke galeri
  • Terakhir tinggal posting ulang videonya ke akun TikTok kamu

Cara di atas bisa kamu lakukan lewat smartphone maupun perangkat PC. Namun lebih mudah kalau mengakses halaman download lewat PC.


Bagaimana, sangat mudah kan? Jadi, kamu tak perlu panik apabila ada video yang terhapus, baik secara sengaja maupun kesalahan sistem.

Cara mengatasi video TikTok hilang hanya butuh waktu beberapa menit setelah menerima respon dari Tim Support TikTok.

Akhir Kata

Secara konsep, video yang diunduh di TikTok memang otomatis tersimpan pada server. Sehingga, apabila ada kesalahan, file dari video tersebut masih ada selama tidak melanggar kebijakan aplikasi.

Demikian penjelasan tentang cara mengembalikan video TikTok yang terhapus dengan mudah dan cepat. Baca juga artikel lain di Normanardik.com untuk informasi seputar aplikasi, teknologi, dan tutorial.