Harga Pemain FIFA Mobile Turun Drastis, Saatnya Belanja?

Harga Pemain FIFA Mobile Turun Drastis

Efek dari protes user terhadap kondisi market yang tak menentu, FIFA Mobile mengubah harga semua pemain di Market. Kebijakan ini bisa dibilang langkah awal untuk menghindari over supply dan demand tetap stabil.

Seperti yang kita tahu, sejak event World Cup, hampir semua pemain memiliki supply lebih dari 999+. Hal ini tentunya membuat user kesulitan menjual pemain yang didapat dari event.

Situasi ini semakin diperparah setelah event TOTY. Bahkan pemain dengan OVR 107 ke atas mengalami hal serupa, supply mencapai 999+ tanpa ada demand atau pembelian.

Nah, di artikel ini saya mau membahas sedikit tentang harga permain di FIFA Mobile yang turun drastis. Tapi sebenarnya unek-unek sih, karena pemain-pemain yang awalnya bernilai 60 juta sekarang jadi 30 jutaan.

Kenapa Harga Pemain FIFA Mobile Turun?

Turunnya harga pemain FIFA Mobile bermula dari campaign #FIXMARKET yang dilakukan oleh Nodeep, Jonaldinho, FirstHalfYT, dan content creator atau influencer lain di Twitter, Instagram, maupun Youtube.

EA Sport bereaksi dengan “melepas” minimum price untuk semua pemain. OVR 110 yang awalnya 60 juta koin, sekarang terjun bebas ke 25 jutaan.

Hal ini menimbulkan pro kontra di kalangan user. Ada yang kecewa, namun tak sedikit pula yang mendukung karena bisa merombak squad dengan pemain yang lebih fresh.

Lantas, apakah turunnya harga merupakan waktu yang tepat untuk belanja pemain? Jawabannya tergantung prioritas masing-masing user. Kalau kamu hanya mencari kesenangan, silahkan beli pemain incaran.

Namun, kalau koin terbatas sebaiknya tunggu hingga harga menyentuh minimum price. Sebab, saat artikel ini ditulis harga semua pemain masih mengalami penurunan pesat.

Sebagai contoh, Theo Hernandez yang awalnya 20 juta koin, harga sekarang tersisa 6 juta. Besar kemungkinan akan terus turun hingga 5 juta atau bahkan 4 jutaan.

Efek Perubahan Harga Pemain

Setelah harga pemain terus mengalami penurunan, tentunya ada banyak efek yang dirasakan user. Sebagian besar menganggap hal ini sangat merugikan karena team value berkurang atau terlanjur membeli pemain di harga tertinggi.

Selain itu, efek perubahan harga pemain di FIFA Mobile lainnya adalah:

1. Jam Reset Harga

Di artikel yang pernah Normanardik.com publish, jam reset harga pemain sudah ditentukan berdasarkan jam, menit, dan detik. Namun, setelah kondisi #FIXMARKET ini, tidak ada yang tahu pasti kapan harga pemain di reset.


Bahkan, situs seperti FIFARenderz atau FIFAPrizee masih mengumpulkan data. Alasannya, sampai hari ini harga pemain masih mengalami penurunan dan belum jelas kapan menyentuh minimum price.

2. Minimum Price

Efek selanjutnya adalah minimum price yang tidak memiliki data pasti. Hal ini membuat semua pemain berpotensi mengalami penurunan harga tanpa henti. Terutama untuk supply yang menyentuh 999+.

3. Supply Berkurang

Meskipun tidak signifikan, namun efek dari Fix Market FIFA Mobile ini juga terlihat pada jumlah supply. Beberapa pemain yang awalnya 999+, sekarang hanya tersisa 4 hingga 10 supply saja.

Namun efek ini hanya berlaku untuk pemain yang dipakai untuk menyelesaikan misi event seperti Otamendi, Ritsu Doan, dan Ounahi OVR 109.

4. Tidak Ada Lagi Istilah Pemain Termahal

Efek perubahan harga pemain FIFA Mobile ini juga berdampak pada pemain yang sebelumnya masuk kategori termahal. Contoh Toko Ekambi, dari 1.860.000.000 turun drastis ke harga 138.000. Jauh banget bedanya, kan?


5. Harga Pemain Lebih Terjangkau

Kalau kamu bosan dengan squad yang sekarang, kebijakan ini bisa jadi peluang untuk merombak squad. Apalagi pemain yang dulu di atas 50 jutaan, sekarang harganya jadi lebih murah,sekitar 15 juta hingga 20 jutaan koin.

Dengan kata lain, kalau koin mencukupi dan ada sisa Poin Transfer, ini adalah saat yang tepat untuk belanja pemain. Tapi perlu diingat, hanya beli pemain OVR 109, 110, atau 111 saja.

Akhir Kata

Memang kalau berurusan dengan sistem, user tidak bisa protes terhadap kebijakan developer. Tapi yang pasti, membuat campaign bisa jadi opsi agar semua masukan dapat ditindaklanjuti sehingga menghasilkan output yang positif.

Jadi itulah ulasan tentang turunnya harga pemain di FIFA Mobile. Meskipun ada banyak pro dan kontra, kebijakan ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki kondisi market. Kita hanya bisa menunggu kejutan EA Sports selanjutnya.