8 Game Mirip Katla Terbaik di Android yang Bisa Offline 2024

Game mirip Katla bisa jadi opsi kalau kamu bosan dengan versi aslinya. Apalagi beberapa game punya fitur offline sehingga kita dapat bermain tanpa harus terhubung ke internet.

Dikutip dari kheefa.com, Katla merupakan game dengan konsep kata tersembunyi, dimana kita harus menebak kata tersebut. Biasanya, sajian kata berasal dari istilah umum KBBI yang sering digunakan dalam percakapan.

Katla mulai populer sejak dimainkan pengguna Twitter. Mereka membagikan screenshot jumlah percobaan sampai berhasil menebak kata yang tersembunyi. Namun, dalam sehari kita hanya diberi satu kata saja.

Pengguna hanya bisa bermain lagi setelah 24 jam atau keesokan harinya. Hal ini yang menyebabkan game mirip Katla Android banyak dicari, karena menghadirkan konsep level sehingga bebas memainkannya kapan saja.

Game Mirip Katla

Daftar Game Mirip Katla Terbaik

Bukan sekedar hiburan saja, memainkan Katla bisa jadi sarana untuk melatih kemampuan berpikir. Menurut penelitian, game dengan tema “asah otak” membuat kita lebih mudah memikirkan sesuatu atau cepat tanggap.

Meskipun terlihat simpel, efek jangka panjangnya akan kita rasakan. Sebagai contoh, mengindari risiko pikun atau gampang lupa.

Berikut rekomendasi game mirip Katla terbaik di Android:

1. Katla

Judulnya memang sama, namun Katla ini dalam bentuk aplikasi mobile. Dengan ukuran download hanya 11 MB, kamu tak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Selain itu, Katla di Android juga menghadirkan konsep level.

Untuk bisa bermain kamu harus membayar Rp3.000 karena game dari Sarang Koding ini versi berbayar. Meskipun begitu, uang yang dikeluarkan sebanding dengan fitur dan gameplay yang ditawarkan.

Judul: Katla
Rating: 4,3/5
Size: 11 MB

2. BTS Wordle

Selanjutnya ada BTS Wordle yang juga mirip Katla. Bahkan, game ini berada di bawah satu developer yakni Vercel App. Perbedaan dengan Katla original ada pada katanya yang berkaitan dengan boyband asal Korea, BTS.

Kalau mau mencoba, langsung saja akses website https://bts-wordle.vercel.app/. Tapi sebaiknya khusus untuk kamu yang suka BTS atau Army saja, karena kata-katanya lumayan sulit ditebak.

Judul: BTS Wordle
Rating: -
Size: -

3. Wordly Indonesia

Di daftar berikutnya ada Wordly Indonesia sebagai game mirip Katla terbaik. Meskipun baru rilis dan unduhannya belum banyak, game dari DevSect ini menawarkan konsep yang seru. Sangat cocok untuk menghilangkan rasa jenuh.

Cara main Wordly Indonesia sama seperti Katla, kita dikasih 6 kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk menebak kata. Ada 4, 5, 6 kolom untuk kamu pilih berdasarkan kesulitan atau level permainan.

Judul: Wordly Indonesia
Rating: 4,3/5
Size: 34 MB

4. Worde

Worde termasuk game mirip Katla ringan karena size download-nya hanya 15 MB. Jauh lebih sedikit dibanding daftar sebelumnya. Kamu bisa bermain di Android spesifikasi rendah atau memori penyimpanan terbatas.

Bahkan, Worde menghadirkan fitur offline untuk pengguna yang tak ingin kehabisan kuota saat bermain game. Namun, game ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Belum ada opsi memilih bahasa Indonesia.

Menariknya lagi, Worde dibekali fitur “Unlimited Mode” yang memungkinkan kita bebas bermain tanpa harus menunggu 24 jam.

Judul: Worde
Rating: 4,8/5
Size: 15 MB

5. Wordle

Hadirnya Wordle menambah opsi game mirip Katla Android. Tampilan game ini begitu menarik, namun kita harus menabak kata dalam bahasa Inggris. Tapi tenang, kata-katanya sangat simpel dan sering dipakai dalam percakapan.

Bagi kamu yang tidak paham bahasa Inggris, game ini malah bisa memberikan manfaat ganda. Selain meningkatkan kemampuan berpikir juga mengasah skill bahasa Inggris kamu. Coba deh download, dijamin seru!

Judul: Wordle!
Rating: 4,7/5
Size: 60 MB

6. Wordaily

Bermain game tidak selalu bermakna negatif. Ada game yang berguna untuk mengasah otak dan kemampuan berpikir. Salah satu game mirip Katla di Google Play adalah Wordaily. Kamu bisa download gratis dengan size 60 MB.

Wordaily menyediakan opsi multiplayer untuk bermain bersama teman. Tenang saja, meskipun dikembangkan developer asing, ada opsi memilih bahasa Indonesia.

Judul: Wordaily – With No Daily Limit
Rating: 4,8/5
Size: 60 MB

7. Word Guess

Punya konsep yang mirip Katla, game Word Guess bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang. Sajian fiturnya sangat lengkap, bahkan ada mode offline yang memungkinkan kamu bermain tanpa terhubung ke internet.

Satu hal yang membuat game ini dianggap mirip Katla adalah tampilan atau UI-nya. Pemain akan melihat kumpulan kotak kosong dan berusaha menebak kata tersembunyi dengan 6 kesempatan.

Judul: Word Guess – Daily Challenge
Rating: 4,5/5
Size: 30 MB

8. Words of Wonders

Hadir sebagai game mirip Katla offline, Word of Wonders memang tak semirip Katla. Namun, game ini sangat bagus untuk mengasah otak dan kemampuan berpikir. Dikembangkan oleh Fugo Games, kamu bisa download WoW di Playstore.

Di awal permainan kamu harus menebak kata-kata mudah di level 1. Semakin tinggi level, maka tingkat kesulitannya akan semakin besar. Kalau sudah putus asa, kamu bisa manfaatkan tombol bantuan atau hints.

Judul: Words of Wonders
Rating: 4,8/5
Size: 165 MB

Manfaat Bermain Game Tebak Kata

Bermain game tebak kata selain menyenangkan juga bisa jadi aktivitas bermanfaat. Meskipun terlihat simpel, Katla atau game lain memiliki banyak manfaat positif, terutama dalam mengasah kemampuan otak dan kesehatan mental.

Berikut manfaat bermain game tebak kata untuk kamu ketahui:

1. Daya Ingat

Bermain game tebak kata dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Pasalnya, dari konsep mengingat kata-kata yang sudah ditebak dapat dijadikan acuan untuk menebak kata lain dalam permainan.

Selain itu, game terbak kata seperti Katla juga mengharuskan kita mengingat kata-kata yang sudah pernah muncul di level sebelumnya.

2. Kemampuan Berpikir

Selanjutnya, manfaat game tebak kata juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berpikir. Kita jadi fokus memecahkan setiap kata tersembunyi. Apabila rutin dimainkan, kita dapat mengasah daya pikir dan konsentrasi.

3. Mengurangi Stres

Bermain game tebak kata juga begitu menyenangkan dan menghibur. Apalagi jika dimainkan di waktu luang atau setelah pulang kerja. Permainan ini dapat membantu kita melupakan masalah, sehingga mengurangi stres dan ketegangan.

4. Kemampuan Bahasa

Bermain game tebak kata dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa seseorang. Permainan ini membutuhkan pemain untuk memiliki kosakata yang cukup luas, sehingga mereka bisa memilih kata yang tepat untuk dijadikan tebakan.

Selain itu, permainan ini juga membantu meningkatkan kemampuan pemain dalam memahami dan membedakan makna kata-kata yang memiliki arti yang hampir sama.

5. Rasa Percaya Diri

Meningkatkan rasa percaya diri juga termasuk manfaat bermain game tebak kata. Ketika berhasil menebak dengan benar, pemain akan merasa puas dan percaya diri bahwa mereka mampu berpikir cepat dalam menyelesaikan masalah.

Kesimpulan dari uraian di atas adalah bermain game tebak kata memiliki banyak manfaat positif. Oleh karena itu, kalau kamu punya waktu luang, sebaiknya manfaatkan untuk bermain game Katla dan sejenisnya secara rutin.

Akhir Kata

Setelah lelah menjalani aktivitas harian, Katla bisa jadi pilihan sambil bersantai. Terlebih lagi, game ini tak butuh menekan banyak tombol. Kamu tinggal ketik huruf di masing-masing kolom dan tebak kata yang tersembunyi

Demikian beberapa game mirip Katla terbaik yang bisa kamu coba tanpa koneksi internet alias offline. Semua daftar tersedia di Google Play dan App Store, tinggal download satu yang menurut kamu paling bagus.