Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi, Gampang!

Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi

Cara mengaktifkan adzan otomatis tanpa aplikasi sangat mungkin dilakukan. Semua hp Android maupun iPhone dibekali fitur ini. Hanya saja, banyak pengguna belum tahu karena terbiasa menggunakan aplikasi adzan.

Adzan merupakan panggilan bagi umat Muslim untuk melaksanakan shalat. Adzan menjadi lantunan yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Namun karena kesibukan, banyak orang lupa kapan waktu shalat.

Oleh karena itu, sekarang para developer menghadirkan aplikasi yang dapat mengingatkan waktu shalat. Tapi kalau tidak ingin menggunakan aplikasi, apakah bisa?

Itulah sebabnya kamu harus tahu cara mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi. Dengan metode ini, kamu tak perlu khawatir lagi ketinggalan sholat 5 waktu.

Cara Download Suara Adzan MP3

Sebelum mengunduh dan menggunakan MP3 adzan, sebaiknya izin ke pemilik channel agar lebih berkah. Caranya tinggal komentar saja, atau kalau berkenan kasih like dan subscribe.


Berikut cara download MP3 adzan terbaik:

  • Pertama salin link Youtube adzan MP3 (link terlampir)
  • Kemudian buka situs y2mate di browser
  • Paste link ke kolom yang tersedia
  • Lalu ubah menu "Video" ke "Audio"
  • Setelah itu klik tombol Download
  • Tunggu proses Converting berlangsung..
  • Jika sudah, klik tombol Download .mp3
  • Secara otomatis adzan MP3 tersimpan di hp kamu

Beberapa pilihan suara adzan dari Youtube yang bisa kamu gunakan:

Ekhal Asyhur Yusuf: https://youtu.be/TD9btaFFwYQ
Beni Sanjaya: https://youtu.be/1cANcgk587M
E.G.K Channel: https://youtu.be/vyaYa2Dr0gc
Eko Zulkaryanto: https://youtu.be/NLF0zN7Zsdc

Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi

Pada dasarnya semua perangkat smartphone sudah dibekali fitur “Alarm”. Kebanyakan orang menganggap fitur ini hanya untuk membangunkan tidur. Tetapi hanya sedikit yang tahu alarm hp bisa di-setting sebagai pengingat sholat.

Berikut cara mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi:

  • Pertama buka aplikasi Alarm
  • Kemudian tap tombol (+)
  • Buat label “Subuh”
  • Atur jam alarm sesuai waktu adzan
  • Jika sudah, pilih nada dering MP3 adzan yang sudah diunduh tadi
  • Setelah itu klik centang untuk menyimpan
  • Ulangi langkah yang sama untuk Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya

Sampai tahap ini cara mengaktifkan adzan otomatis di hp sudah selesai. Alarm akan berbunyi di waktu yang telah ditentukan. Apabila ada perubahan dari MUI, kamu tinggal ubah menit waktunya.

Sangat mudah, bukan? Ketika membuat alarm adzan otomatis di iPhone maupun Android, kamu dapat memilih suara adzan sesuka hati. Berbeda dengan aplikasi adzan terbaik yang hanya menyediakan audio template.

Oh iya, mumpung besok sudah masuk bulan Ramadhan, kamu juga bisa sekalian membuat alarm untuk jadwal sahur, imsyak dan berbuka. Ini sangat penting terutama bagi anak kos yang jauh dari orang tua.

Keuntungan Adzan Otomatis Tanpa Aplikasi

Sudah sewajarnya kita memaksimalkan fitur di smartphone. Sehingga tak perlu memenuhi ruang penyimpanan untuk aplikasi yang kurang dibutuhkan. Apalagi alarm dapat dimanfaatkan untuk segala kondisi.

Meskipun sebagian besar aplikasi adzan terbaik berukuran kecil, namun ini cukup menambah beban memori. Apalagi untuk smartphone spesifikasi rendah atau dengan RAM terbatas.

Memori yang penuh akan berdampak pada kinerja smartphone. Misalnya menghambat kinerja aplikasi atau game yang terinstal dan sering lemot saat digunakan.

Selain itu, dengan fitur alarm di hp kita apat menyesuaikan waktu adzan sesuai ketentuan MUI. Bahkan, memilih suara adzan merdu dari muadzin favorit yang dapat diunduh di Youtube.

Dengan kata lain, opsi mengaktifkan adzan otomatis di hp Samsung J2 Prime, Oppo, Vivo, Xiaomi, hingga Realme adalah cara yang mudah dan efektif untuk mengingatkan waktu shalat dan ibadah lainnya.

Akhir Kata

Adzan otomatis dapat diaktifkan di semua hp tanpa bantuan aplikasi, baik Android maupun iPhone. Namun, cara mengaktifkannya mungkin berbeda-beda tergantung merk hp yang kamu gunakan.

Itulah ulasan tentang cara mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi. Bagi umat Muslim, shalat adalah kewajiban yang tak boleh ditinggalkan. Lebih bagus lagi kalau shalat dilaksanakan tepat waktu dan berjama’ah di masjid.