11 Aplikasi Adzan Terbaik, Pengingat Sholat 5 Waktu Otomatis

Aplikasi Adzan Terbaik

Aplikasi adzan terbaik dirancang untuk membantu kita dalam memenuhi kewajiban. Ada banyak manfaatnya, seperti pengingat shalat, menunjukkan arah kiblat, dan memberikan informasi lain seputar ibadah shalat.

Disamping itu, beberapa aplikasi adzan juga menawarkan fitur tambahan seperti tafsir Al-Quran, panduan ibadah haji, doa-doa harian, dan pengingat sahur berbuka apabila sudah masuk bulan Ramadan.

Bahkan, ada aplikasi yang memungkinkan pengguna menyesuaikan suara adzan dan pengaturan lain sesuai dengan keinginan mereka.

Nah, kalau kamu seorang Muslim, pastinya wajib tahu apa saja aplikasi adzan terbaik. Sebagai referensi, beberapa daftar di artikel ini bisa kamu mencoba.

Manfaat Aplikasi Adzan untuk Umat Muslim

Aplikasi adzan adalah bukti dari perkembangan zaman. Bagi umat Muslim, aplikasi ini memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk mengingatkan sholat 5 waktu, namun juga membantu dalam menjalankan ibadah lain.

Aplikasi adzan tersedia gratis di hp Android maupun iOS. Masing-masing aplikasi punya ragam keunggulan dan fitur berbeda. Tapi yang jelas, manfaatnya dapat dirasakan seluruh umat.

Manfaat utama dari aplikasi adzan terbaik adalah sebagai pengingat waktu shalat 5 waktu setiap hari. Selain itu juga menunjukkan arah kiblat, dan memberikan informasi lain seputar ibadah umat Muslim.

Tentunya fitur ini dapat membantu pengguna untuk tetap terhubung dengan komunitas Muslim di sekitarnya dan memperkuat ikatan keagamaan dan persaudaraan.

Daftar Aplikasi Adzan Terbaik

Dalam memilih aplikasi adzan Android, perhatikan fitur yang disediakan, kualitas suara adzan, dan dukungan bahasa. Pastikan juga untuk memeriksa ulasan dan rating dari pengguna sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Dengan hadirnya teknologi, umat Muslim dapat lebih mudah dan teratur dalam menjalankan ibadah shalat lima waktu setiap hari.

Berikut rekomendasi aplikasi adzan otomatis di Android yang dapat kamu manfaatkan:

1. Muslim Pro

Di daftar pertama ada Muslim Pro yang termasuk paling banyak digunakan umat Muslim. Aplikasi dari Bitsmedia ini dianggap punya fitur lengkap. Bahkan, jadwal adzan sangat akurat karena disesuaikan berdasarkan lokasi user.

Kamu bisa download aplikasi adzan 5 waktu otomatis Muslim Pro di Google Play maupun iOS. Tak perlu memikirkan fitur, aplikasi ini dianggap paling lengkap karena selain adzan, juga ada fitur arah kiblat serta do’a harian.

Titel: Muslim Pro: Al Quran Kiblat
Ukuran: 33 MB
Rating: 4,5/5

2. ShalatKu

Selanjutnya ada ShalatKu sebagai aplikasi adzan gratis di Google Play. Aplikasi dari Kodelokus ini memungkinkan kita untuk mendengarkan adzan, menampilkan waktu shalat setiap hari, serta menunjukkan arah kiblat.

ShalatKu memperhitungkan waktu sholat sesuai lokasi yang diatur pengguna. Tentunya sangat akurat karena sudah menerapkan standar MUI. ShalatKu juga menampilkan jarak waktu ke jadwal sholat berikutnya.

Titel: ShalatKu – Jadwal Sholat & Adzan
Ukuran: 17 MB
Rating: 4,7/5

3. Jadwal Sholat, Kiblat & Adzan

Bagi kamu yang mencari aplikasi adzan terbaik otomatis offline, aplikasi satu ini bisa jadi pilihan. Dikembangkan oleh Andi Unpam, fitur aplikasinya menyesuaikan keadaan di semua kota dan kabupaten Indonesia.

Jadwal Sholat tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi ini menghadirkan ragam fitur unggulan, seperti waktu shalat, arah kiblat, jarak ke Ka’bah dari lokasi kita, hingga mengetahui jadwal Imsak saat Ramadhan atau puasa Sunnah.

Titel: Jadwal Sholat, Kiblat & Adzan
Ukuran: 9,6 MB
Rating: 4,7/5

4. Athan Pro

Athan Pro merupakan aplikasi besutan Quanticapps yang sudah berpengalaman mengembangkan aplikasi untuk umat Muslim. Selain aplikasi adzan otomatis di hp, developer ini juga punya Qur’an Pro dan Salat Learning.

Athan Pro bekerja tanpa harus membuka aplikasi. Jadi, kamu akan mendengarkan lantunan adzan setiap kali waktu sholat tiba. Fitur lain yang tersedia antara lain, Al-Qur’an offline, kiblat, widget, hadist, dan quotes Islami.

Titel: Athan Pro – Waktu Sholat Azan
Ukuran: 42 MB
Rating: 4,4/5

5. Umma

Turut serta meramaikan jagat aplikasi jadwal sholat dengan suara adzan, Umma hadir sebagai salah satu yang terbaik. Aplikasi ini dibekali fitur yang lengkap, seperti waktu shalat, arah kiblat, hingga beberapa pilihan suara adzan.

Pada dasarnya Umma adalah aplikasi komunitas Muslim, namun menyediakan layanan yang membantu umat Islam menjalankan ibadah. Selain di Playstore, Umma juga bisa diunduh di App Store bagi pengguna iOS.

Titel: Umma – Pro Muslim Community Ind
Ukuran: 45 MB
Rating: 4,7/5

6. Athan: Waktu Sholat Indonesia

Kalau ingin mencoba aplikasi adzan ringan, Athan: Waktu Sholat Indonesia bisa kamu download gratis di Android. Fitur yang dihadirkan tak jauh berbeda, seperti jadwal shalat, arah kiblat, hingga do’an dan dzikir.

Menjaga shalat adalah kewajiban semua umat Muslim. Dengan hadirnya Athan, kita akan terbantu ketika sedang sibuk bekerja. Apalagi aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dan intuitif, sehingga mudah digunakan.
 
Titel: Athan: Waktu Sholat Indonesia
Ukuran: 30 MB
Rating: 4,7/5

7. Prayer Now

Rekomendasi aplikasi jadwal sholat dengan suara adzan selanjutya adalah Prayer Now. Aplikasi ini terintegrasi dengan kebutuhan umat Muslim, termasuk waktu shalat 5 waktu, mendengarkan Al-Qur’an, hingga menentukan arah kiblat.

Prayer Now juga dibekali widget sehingga aplikasi dapat berjalan di belakang layar. Untuk menggunakannya kamu tak perlu melakukan apapun. Adzan akan berkumandang setiap Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Titel: Prayer Now: Muazin, Salat
Ukuran: 31 MB
Rating: 4,8/5

8. Salatuk

Kehadiran Salatuk (Prayer Time) semakin menambah daftar aplikasi adzan terbaik Indonesia. Salatuk menawarkan layanan waktu shalat, arah kiblat, dan fitur lain yang sangat membantu umat Islam dalam menjalankan ibadah.

Meskipun aplikasi ini dikembangkan dalam bahasa Inggris, namun akurasi jadwal shalat sangat akurat. Dari 1 juta ulasan di Playstore, sebagian besar pengguna asal Indonesia sangat puas dengan fitur-fiturnya.

Bahkan, mereka menganggap ini adalah aplikasi terbaik. Pengaturan adzan-nya sangat baik, dan tidak ada iklan yang muncul.

Titel: Salatuk (Prayer Time)
Ukuran: 30 MB
Rating: 4,8/5

9. AlMosaly

AlMosaly masuk jajaran aplikasi adzan terbaik di iOS dan Android. Dikembangkan oleh Madar Software, aplikasi ini menawarkan 16 layanan untuk kebutuhan umat Muslim dengan sistem yang sudah disesuaikan.

Menariknya lagi, waktu sholat dapat muncul di layar tanpa internet alias offline. Dengan kata lain, kalau kuota habis kamu tetap bisa mendengar lantunan adzan.

Titel: AlMosaly: Jadwal Sholat, Adzan
Ukuran: 83 MB
Rating: 4,7/5

10. MuslimMuna

Banyak yang mengatakan kalau MuslimMuna wajib diunduh karena kompatibel di semua hp, termasuk Vivo, Xiaomi, dan Samsung. Disamping itu, ukuran file hanya 33 MB sehingga tak memakan banyak ruang penyimpanan.

MuslimMuna adalah aplikasi Islami dengan bekal fitur yang dibutuhkan seorang Muslim. Di sini kamu akan menemukan pengingat sholat, suara adzan, bacaan ayat suci Al-Qur’an, dan notifikasi akurat di bulan Ramadhan.

Titel: MuslimMuna: Ramadhan Arah Kibla
Ukuran: 33 MB
Rating: 4,7/5

11. Sajda

Rating 4,9 bintang dan ulasan positif dari 217 ribu pengguna sepertinya sudah cukup membuktikan kualitas aplikasi ini. Sajda adalah aplikasi adzan terbaik di Android yang ringan dan punya banyak fitur unggulan.

Tak jarang saat sedang bekerja kita lupa waktu sholat, hadirnya Sajda akan menjadi penyelamat di tengah kesibukan. Apalagi aplikasi dari GOOD/APP ini dibekali tampilan yang simpel dan tanpa ada gangguan iklan.

Titel: Sajda: Jadwal Sholat, Adzan
Ukuran: 21 MB
Rating: 4,9/5

Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis Tanpa Aplikasi

Meskipun ada banyak aplikasi adzan, namun terkadang kita malas mengunduhnya. Entah itu karena menghemat kuota atau memori hp tidak cukup. Tapi jangan khawatir, karena adzan bisa di-setting tanpa menggunakan aplikasi.

Untuk mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi, ikuti cara berikut ini:

  • Pertama download dulu audio adzan favorit
  • Caranya bisa dari Youtube dan konversi ke MP3 lewat situs y2mate
  • Jika sudah, buka Alarm di hp kamu
  • Klik tanda (+) untuk membuat alarm baru
  • Kemudian sesuaikan jam alarm dengan waktu adzan di lokasi kamu
  • Atur alarm menjadi “Ulangi setiap hari”
  • Pada bagian Nada Dering, pilih opsi “Suara pilihan Anda”
  • Lanjut pilih audio adzan yang sudah diunduh sebelumnya
  • Terakhir klik Simpan

Sampai tahap ini cara mengaktifkan adzan otomatis di hp tanpa aplikasi sudah selesai. Nantinya setiap kali masuk jadwal sholat, alarm akan berbunyi dengan audio adzan dari awal sampai selesai.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu tak perlu mengunduh aplikasi lagi. Cukup manfaatkan fitur Alarm yang tersedia di semua merk hp, entah itu Xiaomi, Vivo, Infinix, hingga iPhone.

Akhir Kata

Bukan hanya berguna untuk mengetahui kapan adzan berkumandang, beberapa aplikasi adzan juga menampilkan lokasi masjid terdekat. Dengan begitu, kamu bisa segera datang ke masjid bila sedang dalam perjalanan.

Demikian rekomendasi aplikasi adzan terbaik yang dapat kamu gunakan di hp Androd. Meskipun ada banyak opsi, pilihan yang bagus tergantung preferensi pribadi kamu. Entah itu melihat dari fitur maupun tampilan aplikasi.