Cara Melakukan Link Building SEO dan Manfaatnya untuk Website

Cara Melakukan Link Building

Link building sangat penting sebagai cara menaikan rank website. Sayangnya, metode ini jarang dilakukan sebagian pemilik website karena merasa ribet. Padahal, cara melakukan link building SEO sangatlah mudah.

Praktik link building sudah lama digunakan, bahkan sebelum era digital berkembang. Namun, dalam prosesnya kita tidak boleh sembarangan. Pastikan link atau tautan ditanam secara etis agar terlihat alami.

Konten yang informatif dan berkualitas adalah salah satu faktor penentu. Ini dapat membantu meningkatkan peringkat situs di SERP. Pastikan juga konten kamu relevan, sehingga menarik bagi pengunjung.

Nah, di artikel ini Normanardik.com akan mengulas cara melakukan link building SEO beserta manfaatnya untuk perkembangan website. Yuk simak!

Apa itu Link Building?

Link building adalah proses meningkatkan jumlah dan kualitas tautan yang mengarah ke suatu situs. Metode ini dianggap sebagai strategi penting dalam optimasi SEO. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan peringkat atau authority web.

Dalam hal ini, situs yang memiliki lebih banyak tautan berkualitas dari situs lain dianggap lebih otoritatif dan relevan oleh Google. Pengaruhnya bisa ke traffic ataupun peringkat yang lebih tinggi.

Link building dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti outreach atau guest posting. Selain itu, bisa juga dari kualitas konten yang dibuat sehingga ada kemungkinan di-link oleh situs lain.

Kalau kedua cara tersebut terlalu rumit, kamu bisa memulai link building dengan membangun tautan internal di artikel. Tapi pastikan artikel tersebut membahas topik yang sama.

Meskipun link building dapat membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari, namun dalam melakukannya kamu harus berhati-hati. Pastikan sudah sesuai dan tidak melanggar pedoman Google.

Apabila link building dilakukan secara asal-asalan, atau bisa dibilang spamming, efeknya bisa merugikan website kamu. Bahkan, kalau sudah terlalu parah akan dikenakan sanksi.

Oleh sebab itu, mengetahui cara melakukan link building yang benar sangat penting. Jangan sampai website yang kamu bangun dengan susah payah tidak memberikan feedback positif.

Cara Melakukan Link Building

Harus diakui bahwa link building sangat penting pada sebuah website. Contoh hasil dari link building bisa dilihat saat searching di Google. Hampir semua artikel web yang berada di halaman pertama sudah pasti menggunakan metode ini. 

Kalau dilakukan dengan benar dan berkelanjutan, efeknya bisa bertahan selama website tersebut aktif. Tapi tentu saja harus diimbangi dengan konten-konten berkualitas.
 
Kalau bingung cara melakukan link building yang benar, berikut panduannya:

1. Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas dan informatif akan lebih mudah dibagikan oleh orang lain. Ini akan membuat website kamu mendapatkan tautan secara alami. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menyajikan konten yang menarik dan informatif.

2. Guest Post

Guest post juga termasuk cara backlink building yang baik. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan tautan dari situs lain. Namun, kamu harus mencari situs yang relevan sesuai niche situs atau blog kamu.

Disamping itu, artikel yang ditulis juga tidak boleh sembarangan. Intinya harus informatif dan menarik, sehingga mudah masuk ke halaman pertama Google.

3. Pasang Link di Situs Otoritatif

Sama seperti guest post, memasang tautan dari situs otoritatif dapat memberikan dampak positif. Untuk melakukannya, kamu harus mencari situs dengan authority tinggi seperti situs berita atau biasa disebut “backlink media”.

4. Membangun Tautan Internal

Selanjutnya, membangun tautan internal juga banyak diterapkan pemilik situs. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tautan sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah memastikan link internal dibangun secara alami dan relevan dengan konten yang ada. Misalnya, artikel tentang game Free Fire nge-link ke artikel Free Fire juga.

5. Ikuti Pedoman Search Engine

Hal yang tak kalah penting adalah memastikan praktik link building sesuai dengan pedoman mesin pencari seperti Google. Hindari sesuatu yang berbau spam atau manipulatif, contohnya backlink yang tidak relevan.

Kalau praktik seperti ini tetap dilakukan, efek jangka panjang dapat merugikan situs kamu dan bahkan dapat menurunkan authority sehingga artikel hilang dari Google.

Manfaat Link Building untuk Website

Dalam melakukan link building, penting untuk memperhatikan kualitas tautan bukan kuantitas. Tautan berkualitas dari situs otoritatif akan lebih berharga daripada tautan yang banyak namun tidak berkualitas.

Oleh karena itu, kamu harus fokus pada kualitas konten dan hubungan yang dibangun dengan situs lain guna mendapatkan manfaat jangka panjang.

Sebagai strategi dalam optimasi SEO, berikut beberapa manfaat link building:

1. Menaikkan Rank

Salah satu manfaat paling signifikan dari link building adalah meningkatkan peringkat situs di mesin pencari. Google menggunakan tautan sebagai salah satu faktor dalam menentukan peringkat situs atau blog di SERP.

Situs yang memiliki tautan berkualitas dianggap lebih relevan dan otoritatif oleh mesin pencari. Dengan kata lain, ini akan membuat peringkat naik atau bahkan masuk ke rank pertama.

2. Meningkatkan Web Authority

Manfaat link building lainnya adalah membantu meningkatkan authority atau otoritas situs. Pasalnya, Google maupun search engine lain lebih mengedepankan situs dengan authority tinggi karena dianggap terpercaya.

Selain itu, authority juga dihargai oleh pengguna internet. Contohnya media berita online yang dianggap lebih kredibel dibanding situs atau blog abal-abal.

3. Meningkatkan Popularitas

Manfaat link building yang tak kalah penting adalah meningkatkan popularitas website. Namun, hal ini hanya berfungsi bila kamu menanam tautan di situs yang lebih populer atau sering nangkring di halaman pertama Google.

4. Mendapatkan Traffic

Link building juga berguna untuk meningkatkan traffic organik. Contoh nyatanya adalah link yang ditanam di situs lain akan membawa pengunjung baru ke artikel situs kamu. Hal ini juga akan meningkatkan brand awareness.

Selain itu, link building juga meningkatkan kualitas traffic, karena pengunjung dari situs backlink atau guest post cenderung lebih terlibat dan berminat dengan konten kamu.

Oleh karena itu, pastikan kamu fokus pada kualitas konten agar bisa mendapatkan backlink yang bagus sehingga cara melakukan link building SEO dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Akhir Kata

Sebagai salah satu cara untuk mendapatkan traffic dan memperbaiki kualitas situs, link building harus dilakukan secara alami agar hasilnya maksimal. 10 backlink relevan lebih baik daripada 1.000 backlink berkualitas rendah.

Jadi itulah ulasan tentang cara melakukan link building beserta manfaatnya untuk website kamu. Meskipun jadi faktor penentu agar bersaing di search engine, jangan pernah mengesampingkan kualitas konten, ya!