2 Cara Cek Nomor BPOM untuk Semua Produk di Indonesia

Cara Cek Nomor BPOM

Cara Cek No BPOM
– Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM adalah lembaga resmi yang bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi produk obat, makanan, dan kosmetik yang beredar di Indonesia.

Hadirnya lembaga ini membuat masyarakat bisa dengan mudah mengetahui apakah suatu produk aman dikonsumsi atau digunakan. Sehingga kita tak perlu tertipu produk abal-abal yang membahayakan kesehatan.

Nah, di artikel ini Normanardik.com akan mengulas cara cek BPOM yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui legalitas dan keamanan produk, baik itu makanan, jamu, kosmetik, hingga suplemen. Yuk simak!

Cara Cek Nomor BPOM

Tugas, fungsi, dan wewenang BPOM terlah tertuang pada Perpres Nomor 80 Tahun 2017. Jadi bisa dibilang, BPOM bertanggung jawab penuh akan makanan, obat-obatan, kosmetik dan produk lain yang dijual di pasaran.

Untuk memastikan suatu produk aman, kamu bisa ikuti cara cek BPOM berikut ini:

1. Kunjungi Situs BPOM

Langkah pertama, buka situs resmi BPOM yang beralamat di https://www.pom.go.id/. Pada halaman utama, klik menu “Daftar Produk” lalu pilih “Cek Produk BPOM”. Kamu bebas mau akses lewat laptop maupun smartphone.

2. Masukkan Nama Produk

Setelah masuk ke halaman Cek Produk BPOM, selanjutnya ketik nama produk, nomor registrasi, atau merk sesuai keinginan. Kalau kamu mau mencari berdasarkan merk, ubah opsi “nomor registrasi” menjadi merk.

3. Klik Tombol "Cari"

Jika sudah, klik tombol warna biru bertuliskan “Cari” dan tunggu hingga website memindai data. Nantinya di halaman website akan menampilkan produk sesuai dengan merk atau nama yang ingin kamu periksa.

4. Cek Nomor Registrasi

Setelah menemukan produk yang dicari, langsung saja lihat nomor registrasi yang tertera pada kemasan produk. Pastikan nomor tersebut sesuai dengan data yang tertera pada situs BPOM.

5. Periksa Masa Berlaku

Selain nomor registrasi, kamu juga wajib memeriksa tanggal atau masa berlaku. Cara cek nomor BPOM apakah produk aman atau tidak bisa dilihat dari tanggal tersebut. Pastikan juga tanggal, bulan, dan tahun masih valid.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengecek bahwa produk yang dikonsumsi telah terdaftar dan tidak membahayakan kesehatan.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa dan cara penggunaan produk yang tepat seuai yang tertera pada kemasan.

Cara Cek BPOM dengan Aplikasi

Selain lewat jalur website, cara cek BPOM kosmetik asli atau palsu juga dapat dilakukan melalui aplikasi. Ya, BPOM mengikuti perkembangan zaman dengan menghadirkan aplikasi “BPOM Mobile” yang dapat diunduh gratis.

Di aplikasi ini kita bisa dengan mudah mengetahui keamanan produk. Kamu tak perlu mengetik nama ataupun merk, tinggal scan barcode yang tertera pada setiap kemasan.

Adapun cara cek BPOM lewat aplikasi sebagai berikut:

  • Pertama untuh aplikasi BPOM Mobile
  • Kemudian buka aplikasinya dan aktifkan izin GPS dan Kamera
  • Lalu arahkan kamera hp ke QR Code produk
  • Tunggu hasil pemeriksaan
  • Jika terdaftar, maka detail produk akan muncul di layar

Selain fitur scan, aplikasi BPOM Mobile juga menyediakan fitur “Pengaduan”. Ini dapat kamu gunakan apabila menemukan produk obat, skincare, dan makanan yang belum memiliki izin edar.

Nomor registrasi dan masa berlaku suatu produk memang sangat penting. Apalagi sekarang polisi sering merazia obat maupun makanan dengan komposisi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Akhir Kata

Sebagai konsumen yang bijak, kita perlu memastikan bahwa produk yang dikonsumsi punya izin dari resmi sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Jangan sampai tertipu obat maupun makanan abal-abal yang berbahaya untuk kesehatan.

Jadi itulah penjelasan tentang cara cek nomor BPOM beserta informasi lebih lanjut perihal layanan pengaduan apabila kita menemukan produk ilegal tanpa nomor registrasi beredar di warung atau pasar. Semoga bermanfaat!