13 Aplikasi VPN Terbaik 2024, Dijamin Tercepat Sejagat Raya!

Aplikasi VPN terbaik terbagi menjadi dua jenis, yaitu berbayar dan gratis. Masing-masing dibedakan berdasarkan fitur dan kecepatan akses. Tapi bukan berarti aplikasi gratisan jelek, secara fungsi keduanya sama-sama bagus.

Seperti yang kita tahu, aplikasi VPN (Virtual Private Network) menawarkan banyak keuntungan. Bukan hanya untuk membuka situs terblokir, namun juga mengubah koneksi internet menjadi privat.

Dengan menggunakan VPN, kita dapat mengakses internet dengan aman dan anonim. Terutama saat terhubung ke jaringan publik seperti WiFi di kafe atau bandara.

Saat ini ada banyak aplikasi VPN terbaik yang bisa kamu download gratis di Google Play atau App Store (iOS). Kalau kamu bingung mana yang paling bagus, simak rekomendasi berikut ini.

Aplikasi VPN Terbaik

Tips Memilih Aplikasi VPN

Aplikasi VPN bekerja dengan cara mengenkripsi lalu lintas internet dan mengirimkannya melalui server yang letaknya di negara lain. Biasanya server VPN gratis ada di Singapura dan beberapa wilayah Amerika Serikat. 

Hal ini membuat pengguna dapat mengakses internet melalui lokasi server yang berbeda. Artinya, kita dapat menghindari pembatasan geografis atau sensor internet yang diterapkan di Indonesia.

Dengan kata lain, aplikasi VPN dapat membantu pengguna mengunjungi situs yang diblokir oleh pemerintah atau provider tanpa harus mengubah settingan di perangkat.

Sebelum download aplikasi VPN terbaik, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat:

1. Rating Playstore

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat rating serta review di Google Play atau App Store. Sebaiknya pilih aplikasi yang rating-nya tinggi karena sudah pasti punya reputasi bagus di mata pengguna.

Sebaliknya, jika rating aplikasi VPN tersebut rendah, ada kemungkinan fitur dan layanannya kurang memuaskan. Entah itu server yang lemot ataupun terlalu banyak iklan.

2. Fitur Keamanan

Selanjutnya, pastikan aplikasi yang kamu unduh dibekali enkripsi yang kuat contohnya AES 256-bit. Perhatikan juga komponen keamanan lain, seperti kebijakan privasi yang jelas dan tidak merugikan pengguna di semua poinnya.

3. Pilihan Server

Seperti yang kita tahu, VPN gratis memiliki banyak server. Pastikan kamu memilih aplikasi dengan server dari berbagai negara, bukan hanya 1 atau 2 saja. Ini akan memudahkan kamu mengakses internet dengan cepat di lokasi berbeda.

Jadi, andai server Amerika Serikat terasa lemot, kamu masih punya banyak opsi mengganti server. Sehingga aktivitas browsing jadi lebih lancar.

4. Free or Paid?

Tips terakhir adalah melihat versinya, apakah gratis atau berbayar. Meskipun versi berbayar diklaim lebih kaya fitur, namun VPN gratisan juga tak kalah bagus kok. Jadi sebaiknya download aplikasi VPN gratis dengan rating tinggi.

Hanya saja, kebanyakan aplikasi VPN gratis mengaharuskan kita melihat iklan agar layanannya bisa berjalan. Selain itu, biasanya ada batasan penggunaan data atau waktu akses.

Daftar Aplikasi VPN Terbaik

Setelah memahami hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih aplikasi VPN, kamu pasti bingung apa saja rekomendasi terbaik. Sebab, di Playstore ada banyak aplikasi yang mengklaim punya fitur lebih baik.

Berikut beberapa aplikasi VPN gratis terbaik untuk Android & iOS:

1. ProtonVPN


Di daftar pertama ada ProtonVPN yang dikembangkan oleh Proton AG. Aplikasi ini menawarkan layanan VPN gratis, namun juga ada yang berbayar. Proton menggunakan teknologi enkripsi termutakhir guna melindungi privasi.

Selain itu, ProtonVPN juga dibekali fitur tambahan seperti Kill Switch dan Secure Core. Ini berfungsi untuk menjaga privasi secara penuh dalam situasi berisiko.

Kamu bisa download ProtonVPN dan nikmati semua fitur tanpa harus berlangganan. Hanya saja, ada batasan server dan koneksi internet yang tidak secepat versi Premium.

Title: ProtonVPN
Ukuran: 31 MB
Rating: 4,0/5

2. Turbo VPN


Dikembangkan oleh Innovative Connecting, Turbo juga masuk jajaran aplikasi VPN terbaik yang aman. Fiturnya lumayan powerful untuk sekelas APK gratisan. Kita bebas menjelajahi situs yang terblokir tanpa batasan waktu.

Admin sendiri sudah pakai aplikasi Turbo VPN sejak lama. Sejauh ini tidak ada masalah, baik dalam hal privasi maupun keamanan. Cara kerjanya juga sangat mudah, kita tinggal memilih server, lalu tekan tombol “Wortel”.

Title: Turbo VPN – Secure VPN Proxy
Ukuran: 22 MB
Rating: 4,7/5

3. TunnelBear


Selanjutnya ada TunnelBear yang dianggap sebagai aplikasi VPN tercepat. Situs apapun yang diblokir pemerintah dapat diakses. Banyak konten kreator maupun Youtuber mempromosikan VPN ini dan puas dengan layanannya.

Selain di Android, TunnelBear juga memiliki versi iOS, Windows, hingga macOS. Semua fiturnya gratis, namun kamu bisa berlanganan minimal Rp12.000 untuk menikmati layanan ekstra.

Fitur unggulan yang ditawarkan TunnelBear adalah “GhostBear”, dimana kita akan terbantu dalam melewai sensor atau firewall yang kemungkinan memblokir konseksi.

Title: TunnelBear
Ukuran: 16 MB
Rating: 4,2/5

4. HotspotShield


Bagi kamu yang mencari aplikasi simontok VPN, mungkin bisa mencoba HotspotShield. Ini adalah aplikasi yang dibekali akses tercepat dan enkripsi kuat. Semua situs terblokir dapat “dijebol” hanya dengan sekali ketuk.

HotspotShield memungkinkan kita untuk streaming film ataupun mengunjungi situs secara aman. Disamping itu, aplikasi satu ini juga memiliki cakupan yang luas. Pengguna bebas memilih server dari 80+ negara, sepeti US, JP, hingga UK.

Title: HotspotShield VPN & Wifi Proxy
Ukuran: 31 MB
Rating: 4,5/5

5. Thunder


Thunder merupakan aplikasi besutan Signal Lab yang sudah berpengalaman mengembangkan layanan keamanan cyber. Tanpa harus melakukan konfigurasi rumit, kamu bisa dengan mudah mengakses internet secara anonim.

Ukuran APK-nya hanya 5,6 MB, sehingga selain aman juga tidak membebani ruang penyimpanan. Untuk reputasi, rating Thunder VPN 4,7 dengan 1 juta review. Dengan kata lain, aplikasi ini diandalkan banyak orang.

Title: Thunder VPN
Ukuran: 5,6 MB
Rating: 4,7/5

6. NordVPN


Turut serta meramaikan jagat aplikasi VPN terbaik, nama NordVPN masuk daftar yang wajib kamu coba. Aplikasi dari Nord Security ini berhasil mendapatkan penghargaan The world’s #1 VPN brand dan direkomendasikan oleh CNET.

Fitur yang ditawarkan NordVPN di antaranya enkripsi powerful, protokol berbasis WireGuard, 5400+ server, dan customer service yang selalu siap memberikan dukungan 24/7.

Title: NordVPN Private & Secure
Ukuran: 38 MB
Rating: 4,4/5

7. CyberGhost


Meskipun rating tidak terlalu bagus, CyberGhost layak masuk rekomendasi aplikasi VPN gratis terbaik untuk Android. Selain koneksi yang cepat, ada proteksi data yang membuat aktivitas browsing jadi lebih aman.

Mengingat banyak situs diblokir pemerintah, CyberGhost dapat diandalkan untuk mengakses “paksa”. Tapi tenang, tak ada efek yang terjadi pada perangkat maupun internet kamu. Aplikasi ini sepenuhnya aman!

Title: CyberGhost Secure WiFi
Ukuran: 31 MB
Rating: 3,9/5

8. HaloVPN


Dibekali ragam fitur unggulan, HaloVPN memungkinkan pengguna mengakses situs yang diblokir dengan cepat. Traffic tak terbatas dan keamanan ekstra bisa kamu nikmati tanpa harus membayar biaya langganan.

Selain itu, HaloVPN cukup mumpuni sebagai aplikasi VPN untuk Mobile Legends ataupun game online lainnya. Kamu bebas menjangkau server negara lain agar bisa satu tim dengan pemain dari Amerika maupun negara Asia.


Kekurangan HaloVPN sama seperti aplikasi lain, yakni kebanyakan iklan. Setiap kali kita kembali ke halaman atau melakukan klik, iklan pasti muncul bahkan sulit untuk di-skip.

Title: HaloVPN – Fast Secure Proxy
Ukuran: 36 MB
Rating: 4,7/5

9. 1.1.1.1 + WARP


Hadir di Playstore sejak 2018 lalu, 1.1.1.1 + WARP adalah salah satu aplikasi VPN gratis internet tanpa kuota. Akses yang ringan dan cepat merupakan keunggulan untuk dinikmati semua user. Ya, aplikasi ini gratis bahkan versi Premium.

1.1.1.1 + WARP dikembangkan oleh Cloudflare yang memungkinkan kita membuka situs bokeh ataupun ilegal yang sudah diblokir Kominfo. Konseksinya lumayan cepat dan stabil.

Disamping itu, aplikasi satu ini dibekali fitur pemblokiran iklan, perlindungan dari serangan DDoS, dan privasi yang terjamin aman.

Title: 1.1.1.1 + WARP
Ukuran: 9,6 MB
Rating: 4,1/5

10. Windscribe


Windscribe bisa kamu coba kalau mengakses website yang diblokir. Meskipun rating hanya 3,5/5, namun aplikasi VPN ini menawarkan 10 GB data gratis setiap bulan. Selain itu, keamanannya juga didukung enkripsi yang kuat.

Kalau belum mendapatkan 10 GB, coba cek email kalian. Windscribe mengirim konfirmasi untuk mengaktifkan kuota via inbox. Setelah diaktifkan, kuota akan otomatis aktif dan bisa langsung digunakan untuk browsing.

Title: Windscribe
Ukuran: 18 MB
Rating: 3,5/5

11. TomatoVPN


Melihat perkembangan aplikasi VPN terbaik di Android, nama TomatoVPN layak dicoba. Selain menyajikan ragam server dari berbagai negara, enkripsinya juga sangat kuat. Kecepatan internet cukup stabil tanpa batasan.

Dikembangkan oleh IronMeta Studio, ukuran aplikasinya cuma 17MB. Sangat ringan sehingga tak memenuhi ruang penyimpanan. Terlebih lagi, Tomato terbilang populer di Google Play dengan rating 4,7 dan 702 ribu ulasan.

Title: Tomato VPN Proxy
Ukuran: 17 MB
Rating: 4,7/5

12. SecureVPN


Sama seperti Thunder, Secure VPN juga dikembangkan Signal Lab. Jika kamu sudah mencoba semua daftar di atas, aplikasi ini layak jadi pertimbangan. Keunggulannya ada di jumlah server dan bandwidth yang cepat.

Selain itu, SecureVPN juga dapat digunakan di semua jaringan, termasuk 3G, 4G, maupun 5G. Kamu tak perlu membuat akun, cukup download aplikasinya dan ketuk satu tombol. VPN akan otomatis aktif untuk menjelajahi situs yang diblokir.

Title: SecureVPN – Internet Lebih Aman
Ukuran: 5,0 MB
Rating: 4,7/5

13. Kaspersky


Jika semua rekomendasi aplikasi VPN tercepat di atas terlalu mainstream, Kapersky bisa jadi pilihan. APK yang dikembangkan di Swiss ini bukan hanya berfungsi sebagai VPN, namun juga antivirus yang dapat mencegah malware dan spyware.

Soal keamanan tak perlu diragukan lagi, Kaspersky sangat peduli dengan data dan koneksi pengguna. Perlindungan privasi yang dihadirkan membantu kita mengakses website secara aman.

Title: Kaspersky Antivirus & VPN
Ukuran: 62 MB
Rating: 4,8/5

Keuntungan Menggunakan Aplikasi VPN

Seperti ulasan awal, menggunakan VPN memiliki banyak keuntungan. Aplikasi ini dapat “mengubah” lokasi kamu sehingga konten atau situs yang diblokir dapat diakses dengan mudah. Selain itu, privasi dan keamanan data juga lebih terjaga.

Aplikasi VPN terbaik juga membantu kita agar terhindar dari aktivitas spying atau pelacakan oleh orang tak bertanggung jawab, seperti hacker.

Selengkapnya ini keuntungan menggunakan aplikasi VPN:

Bebas akses situs – Sudah sering disampaikan bahwa aplikasi VPN dapat memudahkan kita mengakses konten situs yang diblokir oleh pemerintah.

Privasi – VPN bekerja dengan cara menyembunyikan alamat IP pengguna dan mengubah lokasi jadi anonim. Artinya, privasi saat browsing jadi lebih aman.

Fast browsing – Aplikasi VPN terbaik dapat meningkatkan kecepatan internet. Namun ini hanya berlaku akses internet dilakukan lewat jaringan publik atau WiFi.

Keamanan – Sudah pasti penggunaan VPN membuat koneksi menjadi terenkripsi. Hal ini membuat data pribadi seperti password, login, maupun informasi perbankan jadi lebih aman.

Namun ketika menggunakan aplikasi versi gratisan, ada beberapa risiko yang mungkin akan terjadi. Misalnya, internet kurang stabil dan keamanan data apabila aplikasinya di-download dari platform selain Playstore.

Akhir Kata

Kesimpulannya, aplikasi VPN sangat penting bagi sebagian pengguna smartphone. Terutama mereka yang ingin tetap aman saat browsing, ataupun orang-orang yang sering mengunjungi situs tertentu dengan akses terblokir.

Itulah ulasan khusus kalau kamu bingung memilih aplikasi VPN terbaik yang gratis, aman, dan cepat. Semua rekomendasi dipilih berdasarkan rating, jadi kamu tinggal download salah satu dari daftar-daftar di atas. Semoga bermanfaat!