8 Aplikasi Absensi Online Terbaik dengan Fitur Lokasi GPS 2024

Aplikasi Absensi Online – Perkembangan teknologi menghadirkan banyak inovasi yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Salah satunya software atau aplikasi absensi. Inovasi ini mengubah sistem absensi manual menjadi digital.

Bisa dibilang ada banyak perusahaan maupun institusi pendidikan mengandalkan metode absensi online. Tujuannya jelas, untuk mempermudah proses pendataan karyawan atau peserta didik.

Bukan hanya itu saja, dengan digitalisasi sistem absensi, HRD bisa dengan mudah memantau kehadiran karyawan, menghitung gaji, hingga cuti tahunan.

Berbeda dengan sistem absensi lama yang masih menggunakan fingerprint ataupun kertas absen. Kalau kamu sedang butuh aplikasi absensi online gratis, berikut beberapa rekomendasi terbaik.

Aplikasi Absensi Online Terbaik
Aplikasi Absensi Online (Talenta.co)

Daftar Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi adalah sebuah teknologi penunjang untuk melakukan absensi atau pencatatan kehadiran secara online. Umumnya metode yang dilakukan lewat perangkat smartphone atau komputer.

Berbagai organisasi atau perusahaan dapat menggunakan aplikasi ini, baik itu pemerintah, swasta maupun sekolah dan perguruan tinggi.

Berikut rekomendasi aplikasi absensi karyawan online di Android dan iOS:

1. Hadirr

Di daftar pertama ada Hadirr yang merupakan aplikasi absensi online PNS ataupun karyawan swasta. Platform ini memungkinkan HRD atau pimpinan memantau kinerja bawahan dari jarak jauh dengan lebih efisien dan efektif.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Fast-8 ini cocok untuk karyawan yang bekerja secara remote seperti marketing dan pekerja lapangan.

Hadirr sudah dipakai lebih dari 1.000 perusahaan. Cara menggunakannya sangat mudah, kita tinggal absen dengan selfie wajah. Selain itu juga ada ragam fitur seperti penghitung lembur hingga sales visit.

2. AbsenKu

AbsenKu adalah aplikasi absensi online berbasis GPS yang cukup populer saat ini. Mengandalkan fitur-fitur unggulan, semua hal yang berkaitan dengan kehadiran dapat dilakukan secara akurat, mudah, dan tanpa ribet.

Meskipun termasuk aplikasi berbayar, namun ada opsi trial selama 30 hari yang bisa dicoba. Kalau cocok, biaya yang ditawarkan juga sangat murah, mulai dari Rp 150.000 untuk 15 karyawan atau Rp 800.000 untuk 250 karyawan.

3. KantorKita

KantorKita juga masuk deretan aplikasi absensi online Android terbaik. Dibuat oleh Billion Technology, APK ini dibekali fitur-fitur bermanfaat seperti GPS tracking, reimbursement, slip gaji, hingga database karyawan berbasis cloud.

Selain itu, KantorKita juga dilengkapi fitur live chat yang akan memudahkan karyawan andai ada halangan atau izin cuti. Menariknya lagi, saat melakukan pendaftaran kita akan dibimbing CS untuk mengatur sistem.

4. Fedu.io

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi absensi online siswa terbaik, tak ada salahnya mencoba Fedu.io. Aplikasi ini dibuat khusus untuk mengelola kehadiran siswa, guru dan seluruh karyawan di ruang lingkup sekolah.

Dikembangkan oleh Fingerspot, kita bisa download Fedu.io secara gratis di Google Play. Adapun fitur unggulannya adalah informasi kehadiran, pengajuan izin, pengingat kegiatan, hingga fitur penjemputan setelah jam sekolah berakhir.

5. Kerjoo

Selanjutnya dalam daftar aplikasi absensi online terbaik adalah Kerjoo. Ini bisa jadi solusi yang tepat karena sudah digunakan oleh banyak perusahaan termasuk Spinwarriors, IDwebhost, DJP (Pajak), BRIKS, hingga Global Teltech. 

Kerjoo adalah solusi digitalisai absensi di tempat kerja. Dengan aplikasi ini, kita akan mendapatkan fitur kehadiran, penggajian, manajemen kinerja, hingga rencana kerja. Unduh langsung di Playstore atau lewat website kerjoo.com.

6. Attendance

Attendance termasuk aplikasi absensi online gratis yang bisa digunakan untuk UMKM dengan jumlah pekerja terbatas. Aplikasi ini dilengkapi fitur payroll yang memudahkan HR menghitung gaji karyawan.

Dengan Attendance, HRD tak perlu repot menghitung absensi atau jam lembur secara manual. Semua hal yang berkaitan dengan karyawan akan terintegrasi dengan sistem.

Aplikasi ini sangat cocok bagi perusahaan yang ingin memonitor jam masuk dan pulang seluruh karyawan dengan lebih efektif dan efisien.

7. Talenta

Terakhir ada Talenta yang juga termasuk aplikasi absensi online berbasis Android gratis. Berbeda dari daftar sebelumnya, di sini kita dapat menikmati fitur face recognition, GPS, pengelolaan gaji, dan semua yang berhubungan dengan HR.

Selain kehadiran dan jadwal shift, aplikasi Talenta juga dibekali dengan fitur mengelola administrasi perusahaan. Bagi kamu yang tertarik mencoba, langsung saja download aplikasi di Google Play atau App Store untuk iOS.

8. BossPintar

Terakhir, ada nama BossPintar yang merupakan aplikasi absensi online sekolah dan karyawan. Dikembangkan oleh PT. Mitra Pasifik Solusindo, aplikasi ini dirancang untuk membantu dalam memantau kehadiran secara online.

BossPintar dibekali ragam fitur terbaik, seperti absensi dengan QR code, sidik jari, atau wajah. Selain itu, ada juga fitur manajemen jadwal kerja, manajemen cuti dan izin, serta integrasi dengan perangkat lunak payroll dan HR.

Aplikasi BossPintar dapat diakses dari perangkat apapun, baik hp maupun PC. Bahkan, kita juga bisa mengintegrasikan dengan software lain seperti Google Calendar, Microsoft Office, dan Slack.

Keuntungan Aplikasi Absensi Online

Penggunaan aplikasi absensi online umumnya memanfaatkan teknologi QR code, NFC, atau fingerprint. Karyawan, peserta didik, ataupun anggota organisasi cukup menempelkan sidik jari pada sensor.

Selain itu, bisa juga lewat scan barcode NFC atau menggunakan metode lain sesuai fitur yang dihadirkan masing-masing aplikasi. Selanjutnya sistem akan otomatis mencatat kehadiran.

Keuntungan aplikasi absensi online di antaranya:

1. Efisien dan Akurat

Dibandingkan dengan metode absensi manual, aplikasi absensi online memungkinkan pengguna untuk mencatat kehadiran dengan lebih efisien dan akurat. Hal ini meminimalisir risiko kecurangan atau kesalahan.

2. Akses yang Mudah

Akses yang mudah adalah keuntungan lain dari aplikasi absensi online. Pengguna bebas melakukan absensi di mana saja dan kapan saja. Namun tentunya tetap harus mematuhi kebijakan dari perusahaan atau institusi.

Selama terhubung dengan koneksi internet, kehadiran dapat dihitung. Hal ini memudahkan karyawan, PNS, atau mahasiswa untuk melakukan absensi, terutama yang bekerja outdoor atau sering bepergian.

3. Hemat Biaya dan Waktu

Dengan menggunakan aplikasi absensi online, perusahaan atau organisasi dapat menghemat waktu dan biaya. Sangat jauh lebih baik daripada penggunaan absensi manual yang mencatat kehadiran lewat kertas atau fingerprint.

4. Lebih Mudah Mengelola Data

Keuntungan lain yang sangat menarik adalah aplikasi absensi online dapat menyimpan data kehadiran secara terpusat dan mudah diakses. Hal ini memudahkan HRD dalam pengelolaan data dan analisis kehadiran.

Tetapi, aplikasi absensi online juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya risiko keamanan data yang perlu dijaga. Disamping itu, biaya pengadaan perangkat dan sistem lebih tinggi, terutama yang versi berbayar.

Secara keseluruhan, aplikasi absensi online dapat memberikan banyak manfaat dalam memantau kehadiran karyawan secara efisien dan akurat.

Akhir Kata

Sebelum memutuskan memakai aplikasi absensi, kita harus mempertimbangkan keuntungan dan risiko. Jangan asal menerapkan teknologi kalau ruang lingkup perusahaan atau organisasi belum sepenuhnya siap.

Demikian deretan aplikasi absensi online terbaik yang bisa kamu manfaatkan secara gratis. Selain mengisi absen, fungsinya juga untuk menghitung total hari kerja. Dengan begitu kita tak perlu lagi mengecek kertas absen secara manual.