7 Cara Mengecas iPhone Agar Cepat Penuh dan Awet Seharian

Cara Mengecas iPhone Agar Cepat Penuh

Mengecas baterai tentu jadi kegiatan rutin bagi pengguna smartphone. Terutama mereka yang memiliki perangkat dengan daya penggunaan dan software multi-tasking. Sehingga harus tahu cara mengecas iPhone agar cepat penuh.

Penggunaan smartphone dalam waktu lama dapat menguras daya baterai yang menyebabkan baterai low atau habis. Oleh karena itu, sebelum mencabat titik terendah, kita harus segera melakukan charge.

Bagi para pengguna iPhone dari Apple, Normanardik.com akan membahas sedikit cara mengecas iPhone agar cepat penuh. Selain itu, pahami saja tips agar pemakaian baterai tetap awet seharian.

Cara Mengecas iPhone Agar Cepat Penuh

Apabila kita sering menggunakan hp dalam waktu lama, kapasitas baterai pastinya akan terus menurun. Apalagi jika dipakai untuk bermain game berat atau menonton video Youtube dengan durasi panjang.

Berikut tips dan cara charge iPhone agar cepat penuh:

1. Gunakan Charge ORI

Jika kamu memiliki iPad, charger original-nya bisa dipakai untuk iPhone maupun produk Apple lain. Daya charge iPad biasanya 2.1A (12W) yang mana akan membantu proses charging jadi lebih cepat dari biasanya.

Metode ini sudah dibuktikan dari beberapa percobaan. Hasil yang didapat bahwa mengecas baterai iPhone jadi lebih cepat menggunakan charger ori milih iPad.

2. Hindari Pemakaian Saat Dicas

Penting dipahami, usahakan agar tidak menggunakan hp selama proses pengecasan, baik itu membuka aplikasi maupun sekedar ngecek Whatsapp. Biarkanlah iPhone kamu dalam posisi diam dan tidak ada daya yang digunakan.

Ini termasuk cara mengecas iPhone agar cepat penuh karena menggunakan hp dalam posisi ngecas dapat mengurangi pasokan daya yang masuk. Sehingga, proses charging jadi lebih lambat dari seharusnya.

3. Jangan Pakai Kabel Data KW

Hindari kabel buatan pihak ketiga atau kw dalam mengecas iPhone kamu. Sebab, akan sangat mempengaruhi kecepatan dalam mengisi daya. Selain itu, kabel kw juga berisiko membuat perangkat jadi cepat rusak.

Lebih baik menggunakan kabel lightning to USB serta charger bawaan. Kalau sudah rusak atau tidak bisa dipakai lagi, kamu bisa beli charger + kabel ori iPhone di e-commerce.

Harganya memang sangat mahal, tapi sebanding dengan kualitas. Kalau kamu bingung di mana tempat beli cas iPhone original, kunjungi link berikut.

Nama Harga Beli
Apple 20W USB-C Power Adapter Rp449.000 Klik untuk beli
Apple USB C to Lightning Cable (1m) Rp449.000 Klik untuk beli
Apple Lightning to USB Cable (1m) Rp449.000 Klik untuk beli

4. Cas di Dalam Ruangan

Faktanya, baterai hp dibuat dengan bahan-bahan kimia. Saat kita mengecas baterai, arus listrik memberikan efek panas pada perangkat. Oleh sebab itu, cara mengecas iPhone agar cepat dan awet sebaiknya dilakukan di ruangan sejuk.

Hindari mengecas di luar ruangan atau yang terkena singar matahari. Apabila kamu nekat melakukannya, efek yang terjadi iPhone akan mengalami overheat dan pengisian baterai jadi tidak optimal.

5. Aktifkan Flight Mode Saat Mengecas

Selanjutnya, kamu bisa aktifkan fitur Flight Mode saat mengecas iPhone. Metode ini sangat umum digunakan, bukan hanya pengguna iPhone namun juga Android. Tujuan menyalakan Flight Mode tak lain untuk memaksimalkan proses charging.

Selain itu, ini juga akan mematikan seluruh sistem yang sedang berjalan. Sehingga perangkat iPhone kamu bisa “fokus” dalam mengisi daya baterai.

6. Hindari Mengecas dengan Layar Menyala

Kemudian yang tak kalah penting cara mengecas iPhone agar cepat penuh adalah menghindari layar menyala saat pengisian daya. Jika hal ini terjadi, iPhone kamu perlu waktu lumayan lama hingga baterai terisi penuh.

Disamping itu, kinerja baterai juga pecah fokus. Di satu sisi harus melakukan pengisian, dan di sisi lain menjalankan sistem pada layar yang berjalan. Jika dilakukan terus menerus, ini akan mengurangi kualitas baterai.

7. Jangan Charge Lewat Laptop

Terakhir, hindari pengisian daya baterai iPhone melalui laptop ataupun PC. Pasalnya, mengecas lewat kabel USB laptop dapat membuat proses pengecasan jadi lambat. Biasanya daya yang diberikan hanya 0.5A.

Hal ini tentunya membuat kamu harus menunggu lama hingga baterai penuh. Akan lebih bagus menggunakan charger ori iPhone yang dayanya sudah sesuai dari arus listrik.

Akhir Kata

Produk smartphone dari Apple dijual dengan harga mahal, bahkan jauh di atas harga Android. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita merawat setiap komponen, terutama baterai yang merupakan inti dari perangkat elektronik.

Jadi itulah ulasan tentang cara mengecas iPhone agar cepat penuh dan awet dipakai seharian. Kamu tak perlu khawatir baterai jadi boros saat menjalankan aplikasi, buka media sosial, ataupun main game online.