Cara Menaikkan Domain Authority Blog Hingga 30+ Secara Natural

Cara Menaikkan Domain Authority
One.com

Domain authority sangat penting bagi sebuah website. Semakin tinggi nilainya, maka peluang bersaing di mesin pencarian jadi lebih mudah. Kita tinggal fokus membuat artikel sesuai standar SEO, niscaya traffic akan meningkat. 

Kalau kalian perhatikan, hampir semua website di halaman pertama Google memiliki DA (Domain Authority) yang tinggi. Meskipun secara konten terbilang singkat. Contohnya situs berita seperti Detik maupun Tribunnews.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki DA yang tinggi. Kalau blog atau website kalian kalah saing di search engine, memahami cara menaikkan domain authority sangat penting. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Cara Menaikkan Domain Authority Blog

Ada banyak faktor yang menentukan peringkat blog di mesin pencari. Domain authority memang bukan satu-satunya. Kalian juga wajib memperhatikan kualitas konten dan membuat tampilan blog agar user-friendly (cepat dan simpel).

Berikut beberapa cara menaikkan domain authority blog agar mampu bersaing di pencarian Google:

1. Rutin Posting Artikel

Cara meningkatkan domain authority yang pertama adalah rutin posting artikel. Maksudnya, kamu harus membuat artikel berkualitas setiap hari. Jangan hanya sekali posting saja, semakin banyak konten maka authority domain akan naik.

Tapi, pastikan juga artikel dibuat mengikuti standar SEO. Masukkan kata kunci utama dan turunan agar peluang masuk ke halaman pertama Google semakin besar.

2. Maksimalkan SEO On-Page

Apa itu SEO On-Page? Singkatnya, ini adalah komponen dalam penulisan artikel yang berhubungan dengan kualitas dari artikel itu sendiri. Kamu harus paham penempatan keyword pada meta title, meta description, dan meta tags.

Jangan lupa perhatikan struktur tulisan agar mudah dibaca. Gunakan Heading, Sub-heading, serta highlights poin-poin penting pada tulisan yang kamu buat. Selain itu, permalink juga harus singkat dan mengandung kata kunci utama.

3. Kualitas Blog

Cara menaikkan domain authority secara natural juga tak lepas dari kualitas blog. Maksudnya, selain fokus menjaga penulisan artikel, kamu harus membuat tampilan blog jadi lebih menarik. Dalam artian, simpel dan mudah diakses.

Disamping itu, hindari memasang widget secara berlebihan. Cukup “popular post” dan “label” saja sebagai pedoman untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang apa saja pembahasan di dalam blog.

4. Link Internal dan Eksternal

Link internal dan eksternal wajib ada jika ingin menaikkan domain authority hingga 30+. Komponen ini penting untuk memberi sinyal ke mesin telusur bahwa artikel yang dibahas memiliki rujukan yang jelas dan bukan sekedar diketik.

Jika artikel kamu tidak memiliki link internal, besar kemungkinan peringkat di Google akan menurun. Oleh karena itu, setiap kali membuat artikel jangan lupa melampirkan link yang relevan sesuai pembahasan.

5. Backlink atau Content Placement

Selanjutnya, cara meningkatkan domain authority bisa dengan menggunakan backlink atau content placement. Tak perlu bingung mencari, sebab saat ini ada banyak jasa pbn aged domain yang fokus pada kualitas.

Dengan memanfaatkan backlink, authority website jadi lebih baik di mata Google. Efeknya memang tidak instan, butuh waktu beberapa hari tergantung kualitas backlink-nya.

Tapi yang jelas, Google tak lagi “menganaktirikan” blog kamu di mesin pencari. Semakin sering beli backlink dan buat postingan, maka seiring berjalannya waktu peringkat artikel akan merangkak naik.

6. Human & Mobile Friendly

Website atau blog yang human friendly lebih mudah diakses oleh pengunjung. Sementara mobile friendly memungkinan pengunjung mengakses blog lewat smartphone. Keduanya wajib diterapkan untuk menaikkan nilai DA PA.

Dua faktor ini hanya bisa dilakukan lewat pemilihan theme. Kalau kamu pengguna Blogger, theme MedianUI atau LinkMagz milik Mas Sugeng dapat dipilih. Sementara Wordpress ada GeneratePress yang sangat populer.

7. Share Artikel di Medsos

Salah satu cara menaikkan domain authority adalah dengan membagikan postingan artikel ke media sosial. Selain mendapatkan tambahan traffic, kita juga bisa menjangkau banyak audiens serta brand awareness.

Hal ini tak boleh diabaikan, terutama bagi kamu yang memiliki website bisnis. Dengan share ke media sosial Twitter hingga Facebook, domain authority tinggi yang diidam-idamkan akan lebih mudah terwujud.

Akhir Kata

Domain authority tampaknya jadi fokus utama Google dalam memilih artikel di halaman pertama. Meskipun begitu, DA tidak bisa berdiri sendiri. Butuh dukungan dari kualitas artikel, optimasi SEO, hingga tampilan blog.

Jadi itulah ulasan lengkap tentang cara menaikkan domain authority blog secara natural. Semua poin di atas wajib diterapkan kalau kalian mau bersaing dengan situs lain. Tapi jangan lupa jaga kualitas konten dan kecepatan halaman, ya!