Findaya Paylater: Review, Jenis Layanan, dan Pengalaman 2024

Findaya Paylater – Dalam beberapa tahun terakhir, layanan pinjaman online bayar nanti atau paylater diandalkan banyak orang. Selain menawarkan proses yang mudah, cara kerjanya juga lebih simpel dibandingkan kredit perbankan.

Bicara soal Paylater, sebagian dari kita mungkin masih asing dengan “Findaya”. Tapi bagi pengguna Gojek, Findaya Paylater begitu familiar karena sering terlihat di dalam aplikasi.

Singkatnya, Gojek menjalin kerjasama dengan Findaya dalam hal paylater lewat fitur GoModal dan GoPaylater. Namun, hanya beberapa pengguna dapat keistimewaan untuk menggunakan layanan paylater tersebut.

Sebagai referensi agar mengenal lebih lanjut apa itu Findaya Paylater dan seperti apa cara kerjanya, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Findaya Paylater

Sekilas Tentang Findaya Paylater

Findaya Paylater adalah perusahaan yang bergerak di bidang financial technology atau fintech. Di bawah naungan PT Mapan Global Reksa, Findaya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga keamanannya sudah terjamin.

Kantor pusat Findaya berada di Jl. Iskandarsyah II No. 9, tepatnya Gedung B Lantai 5 Pasaraya Blok M Jakarta Selatan. Jadi, ini bukan perusahaan abal-abal karena legal dan punya kantor fisik.

Findaya memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Melalui kerjasama dengan Gojek, hal tersebut tampaknya akan segera terlaksana.

Untuk saat ini, GoPaylater by Findaya hanya dapat dinikmati khusus oleh pengguna Gojek yang terpilih. Segala kemudahan sangat terasa, terutama pada proses pendaftaran dan transaksi pembayaran.

Limit GoPaylater bisa digunakan di banyak merchant, bahkan prosesnya dapat dilakukan lewat fitur QRIS. Sehingga tak heran, layanan ini jadi andalan banyak pengguna Gojek.

Disamping itu, lewat fitur GoModal, mitra Gojek yang ingin mengembangkan usaha bisa menggunakan layanan pinjaman online dengan bunga rendah. 

Fitur dan Layanan Findaya Paylater

Seperti penjelasan di atas, Findaya menjalin kerjasama dengan aplikasi Gojek. Selain paylater, ada juga pinjaman online khusus untuk pebisnis yang mau buka cabang baru ataupun mengembangkan usaha yang sedang berjalan.

Selengkapnya berikut ulasan tentang layanan GoPaylater dan GoModal yang perlu diketahui:

1. GoPaylater

Kalau kalian pernah menggunakan Kredivo atau Akulaku, cara kerja GoPaylater tak jauh berbeda. Kalian bisa mendapatkan limit setelah pengajuan diterima, dan membelanjakannya di merchant atau mitra dari Gojek.

Menariknya, GoPaylater tidak menerapkan suku bunga seperti paylater lain. Namun, dibebankan biaya admin/langganan di awal dan jika telat bayar tagikan akan didenda sebesar Rp2.000 perhari.

Berikut simulasi pinjaman GoPaylater:

DetailKeterangan
Jumlah pinjamanRp500.000
Tenor1 bulan kalender
Tanggal penarikan2 Januari 2023
Jatuh tempo31 Januari 2023
Biaya adminRp12.500
Total pembayaranRp512.500

2. GoModal

Selanjutnya, hasil kerjasama Findaya dan Gojek juga menghasilkan GoModal. Apa itu GoModal? Singkatnya ini adalah layanan yang memberikan modal bagi pelaku usaha atau Mitra Gojek (GoFood dan GoBiz).

Sampai saat ini, pinjaman modal usaha GoModal sudah menjangkau lebih dari 5.000 UMKM dari seluruh Indonesia. Tentunya hal ini tak lepas dari mudahnya proses pengajuan.

Peminjam hanya perlu melampirkan data KTP, foto diri, dan informasi pribadi. Setelah disetujui, nominal modal akan langsung ditransfer ke nomor rekening.

Selain itu, besaran pinjaman bisa sampai 500 juta dengan pilihan tenor 1-12 bulan. 

Sementara untuk suku bunga GoModal, hanya 2,5% dan ada biaya provisi sebesar 3% dari nominal pinjaman yang diajukan. Lalu, jika telat bayar GoModal, Anda dikenakan denda 6%.

Berikut simulasi pinjaman GoModal:

DetailKeterangan
Jumlah pinjamanRp2.000.000
Tenor3 bulan
Tanggal penarikan2 Januari 2023
Jatuh tempo cicilan pertama31 Januari 2023
Biaya provisi3%
Pinjaman cairRp1.940.000
Tingkat bunga2,5%
Nominal bungaRp150.000
Total pembayaranRp2.150.000

Pengalaman Menggunakan Findaya Paylater

Meskipun memiliki ragam layanan dan proses yang mudah, namun tak sedikit pengguna memberikan ulasan buruk. Ada yang mengalami pemblokiran akun sepihak, dan ketidakjelasan sistem promo.

Menurut kesaksian pengguna GoPaylater Findaya, mereka tiba-tiba dapat notifikasi “Akses GoPaylater kamu diblokir sementara”. Padahal, tagihan selalu dibayar tepat waktu dan tidak pernah melakukan pelanggaran.

Setelah menghubungi Customer Service Findaya, jawaban yang diberikan di luar dugaan. Findaya beralasan bahwa pengguna sudah tidak memenuhi syarat menggunakan layanan paylater.

Terlepas dari itu, yang jelas Findaya Paylater bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin membeli kebutuhan di tanggal tua dan lunasi setelah gajian tiba.

Apalagi, biaya admin GoPaylater hanya Rp12.500 dan tidak ada bunga yang berlaku. Kalau Anda butuh uang cepat, tak ada salahnya coba kirim pengajuan.

Proses penagihan Findaya Paylater juga sangat mudah. Ada banyak pilihan metode pembayaran, yakni Virtual Account dan saldo GoPay.

Kalau Anda ingin tahu lebih jelas, atau melaporkan keluhan bisa langsung hubungi Findaya Call Center lewat email support@findaya.com.

Akhir Kata

Lewat layanan GoPaylater dan GoModal, Findaya turut andil dalam kepuasan pengguna menggunakan aplikasi Gojek. Selain fokus pada jasa transportasi online, aplikasi ini juga memiliki layanan finansial berbasis teknologi. 

Demikian penjelasan tentang Findaya Paylater lengkap dengan review beserta pengalaman menggunakan layanannya. Semoga ini bisa jadi referensi bagi Anda yang tertarik mengajukan pinjaman untuk beli kebutuhan.