Seabank Aman atau Tidak? Pahami Hal Ini Sebelum Buka Rekening

Seabank aman atau tidak? Sebagai calon nasabah, rasanya wajar menanyakan hal tersebut. Apalagi Seabank termasuk bank baru. Belum banyak orang tahu keberadaan bank ini, terutama mereka yang jarang akses smartphone.

Seabank sendiri merupakan bank digital yang dikembangkan oleh induk perusahaan Shopee, SEA Group. Ini adalah layanan keuangan berbasis aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi secara digital.

Untuk pertanyaan Seabank aman atau tidak, sepertinya akan lebih valid kalau diulas berdasarkan pengalaman pribadi. Yaps, saya sendiri termasuk pengguna Seabank, yang sejauh ini merasa puas dengan fitur dan layanannya.

Seabank Aman atau Tidak

Pengalaman Menggunakan Seabank

Pengalaman saya menggunakan Seabank bermula dari ketidaksengajaan. Saat itu saya lagi searching di Google, lalu ada satu website yang membahas kode referral Seabank. Karena penasaran, akhirnya saya coba daftar.

Selain mudah, syarat pendaftarannya juga nggak ribet. Kita hanya perlu menyiapkan e-KTP, mengisi formulir, dan di akhir melakukan verifikasi wajah atau face recognition.

Kurang dari 15 menit, rekening Seabank sudah jadi dan bisa dipergunakan. Tapi tentunya harus mengisi saldo dulu. Saat itu saya memilih top up saldo Seabank lewat DANA.

Salah satu layanan yang membuat saya nyaman adalah transfer antarbank gratis. Setiap bulan masing-masing pengguna dapat kuota transfer tanpa biaya admin.

Lebh menarik lagi, kuota transfer gratis Seabank hingga 100 kali, baik ke e-wallet maupun rekening bank.

Tak ketinggalan, ada fitur kode referral Seabank yang bisa diandalkan bila ingin mendapatkan uang tambahan. Setiap teman yang berhasil diundang, kita dapat saldo gratis sebesar Rp25.000.


Nantinya, saldo tersebut dapat ditarik dan otomatis masuk ke rekening Seabank. Lumayan, kan? Bayangkan kalau ada 100 orang yang daftar Seabank pakai kode kita. Easy money!

Seabank Aman atau Tidak?

Lantas, apakah Seabank aman? Berdasarkan pengalaman, saya bisa jamin kalau Seabank 100% aman. Selama melakukan transaksi ataupun transfer saldo, tidak ditemukan kendala berarti. Terlebih lagi, akun dibekali keamanan ganda.

Kalau faktor “pengalaman pribadi” dikesampingkan, pada dasarnya Seabank sudah terdaftar di OJK dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Dengan kata lain, kamu tak perlu khawatir menggunakan bank digital ini.

Seabank juga sudah dilengkapi keamanan ganda. Ketika login ke aplikasi dan menyelesaikan transaksi, kita harus memasukkan PIN 6 digit.

Artinya, orang lain yang mengakses aplikasi Seabank kamu secara ilegal tidak akan bisa mengambil saldo. Kecuali mereka tahu PIN akun.

Oleh karena itu, disarankan untuk membuat kombinasi PIN yang rumit. Jangan gunakan tanggal lahir atau angka-angka umum seperti 123456.

Dari ulasan ini, keraguan Seabank aman atau tidak sudah terjawab, kan? Jadi tak perlu ragu mendaftar dan buka rekening.

Fitur Unggulan di Aplikasi Seabank

Ada banyak fitur yang dihadirkan Seabank, hal ini yang jadi alasan kenapa saya tertarik membuka rekening. Bukan hanya fitur transfer antarbank gratis, ada juga layanan lain yang memudahkan dalam transaksi.

Berikut beberapa fitur di aplikasi Seabank:

Transfer Gratis – Sebuah fitur yang memungkinkan kita kirim uang ke e-wallet maupun rekening bank tanpa biaya admin. Setiap bulan dibatasi kuota sebanyak 100 kali.

Promo Undang Teman – Memanfaatkan kode referral untuk mengajak orang lain daftar Seabank dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 yang bisa langsung diklaim.

Bunga Tabungan – Menabung di Seabank nominal berapapun ada bunga 5% pertahun. Artinya, kalau kamu memiliki saldo Rp500 juta, perharinya dapat Rp68.493.

Deposito – Selain bunga dari tabungan, ada juga fitur Deposito dengan bunga 7% p.a. dengan proses yang mudah dan cepat.

Pulsa & Tagihan – Di menu utama kita bisa melihat fitur Pulsa & Tagihan yang memungkinkan untuk beli token listrik atau pulsa seluler dengan harga bersaing.

Terhubung ke Shopee – Seperti penjelasan di awal, Seabank dan Shopee masih satu perusahaan. Untuk itu, pengguna bisa menghubungkan kedua akun untuk memudahkan transaksi.

Selain fitur unggulan di atas, tampilan aplikasi Seabank juga sangat simpel. Didominasi dengan warna orange dan putih, susunan menu begitu rapih sehingga tak menyulitkan.

Di bagian atas juga tertera nama akun dan nomor rekening. Sehingga saat ingin isi saldo Seabank kita tinggal klik salin nomor rekening tanpa harus membuka menu lainnya.

Akhir Kata

Seabank mungkin belum lama hadir di Indonesia. Namun tak bisa dibantah kalau fitur dan layanannya bersaing dengan bank digital lain seperti Neobank maupun Bank Jago.

Demikian penjelasan lengkap yang harus diketahui bagi pengguna yang ragu apakah Seabank aman atau tidak. Intinya, bank digital ini sudah dijamin oleh OJK dan LPS sebagai lembaga yang mengawasi aplikasi berbasis keuangan.