Kenapa Maradona Tidak Ada di FC Mobile? Ini Alasannya

FC Mobile menghadirkan banyak pemain legenda di game, namun ada satu yang tak pernah terlihat, yaitu Diego Maradona. Lantas, kenapa Maradona tidak ada di FC Mobile?

Seperti yang kita tahu, Diego Maradona termasuk salah satu legenda terbaik dunia. Ia malang melintang di klub-klub besar, seperti Napoli hingga Barcelona.

Meskipun telah meninggal pada tanggal 25 November 2020 akibat serangan jantung, legacy Maradona tetap ada di dunia sepakbola. 

Nah, untuk tahu jawaban kenapa Maradona tidak ada di FC Mobile maupun versi console, yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Kenapa Maradona Tidak Ada di FC Mobile

Kenapa Maradona Tidak Ada di FC Mobile?

Alasan pasti kenapa Maradona tidak ada di FC Mobile adalah karena masalah lisensi. Dalam dunia game, dibutuhkan izin dari pihak terkait. Bukan hanya pemain, tapi juga klub, jersey, hingga logo.

Contoh paling jelas klub, sebelum Juventus resmi dikontrak EA Sports, namanya diganti jadi Piemonte Calcio. Selain itu, ada juga Lazio = Latium ataupun AS Roma = Roma FC.

Perizinan dan lisensi adalah faktor paling penting jika ingin menggunakan nama dan karakteristik pemain.

Sayangnya, sebelum Maradona sakit dan meninggal, tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Dengan kata lain, sampai kapanpun card Maradona tidak akan muncul di dalam game. Namun, lain cerita kalau pihak keluarga atau agen memberikan izin lisensi kepada EA Sports.

Hal ini terjadi pada Pele yang sudah memiliki lisensi resmi. Legenda Brazil yang baru saja wafat ini bisa kita nikmati gameplay-nya di FC Mobile, bahkan di FIFA Mobile yang lalu.


Masalah lisensi memang bukan hal remeh. Developer bisa dituntut bila memuat karakter pemain tapi belum mendapatkan izin.

Pemain Legendaris yang Ada di FC Mobile

Sejauh ini, sudah banyak pemain legendaris yang dihadirkan EA Sports. Tentunya akan terus bertambah mengingat game FC Mobile baru dirilis setelah berganti nama dari FIFA Mobile.

Selain card Prime Icon Basic, ada juga card dari event lama ataupun yang terbaru.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan pemain legendaris atau Prime Icon, cara terbaik adalah dengan membelinya di Market.

Disamping itu, kalian juga bisa klaim gratis dari event yang sedang berjalan.

Sebagai referensi, berikut beberapa pemain legendaris yang ada di FC Mobile:

GK DF MF FW
Van Der Sar Cafu Zidane Torres
Casillas Lahm Gattuso Ronaldinho
Cech Vidic Gullit Pele
Schmeichel Puyol Scholes Ronaldo

Tips mendapatkan pemain legendaris dengan harga murah:

  • Tunggu hingga Supply tinggi atau banyak yang jual
  • Klaim langsung dari event
  • Beli Star Pass Premium
  • Gacha di Store

Sebenarnya cukup mustahil mendapatkan pemain legend murah. Selain karena langka, card-nya juga bagus dan memiliki OVR atau rating tinggi. Tapi kalian bisa coba gacha di Store pakai Gems atau FC Points.

Akhir Kata

Maradona adalah salah satu legenda yang sangat didambakan pemain FC Mobile. Selain memiliki skill atau kemampuan tingkat tinggi, gaya bermainnya mirip Messi. Sehingga keduanya sangat cocok diduetkan.

Jadi itulah penyebab kenapa Maradona tidak ada di FC Mobile. Intinya, sebelum bisa menggunakan nama dan karakteristik pemain, pihak EA Sports harus mengajukan izin kepada pihak terkait. Semoga bermanfaat!