16 Tips Dekorasi Kamar Aesthetic dan Barang yang Dibutuhkan

Tips Dekorasi Kamar Aesthetic

Dekorasi kamar aesthetic jadi idaman semua orang. Selain terlihat nyaman dipandang, tampilan kamar yang bagus juga bisa meningkatkan mood. Apalagi bagi karyawan atau mahasiswa yang memiliki aktivitas padat.

Kamar adalah tempat terbaik untuk istirahat di kala lelah. Inilah alasan kenapa kamar harus dibuat senyaman mungkin guna meningkatkan kualitas tidur.

Seiring berkembangnya zaman, selera orang dalam mendesain kamar tidur tak jauh dari sentuhan estetika. Konsep minimalis dengan budget minim jadi pilihan, khususnya bagi generasi milenial.

Kalau ada rencana mengubah suasana, ada baiknya simak dulu tips dekorasi kamar aesthetic berikut. Nanti admin juga akan rangkum beberapa barang yang dibutuhkan dan gambar referensi untuk memudahkan renovasi.

Tips Dekorasi Kamar Aesthetic

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum merenovasi kamar. Tujuannya agar hasil akhir sesuai dengan keinginan. Selain itu, tentukan juga Anda ingin renovasi menyeluruh atau hanya di beberapa bagian saja.

Kalau budget terbatas, disarankan untuk tidak mengubah seluruh tatanan kamar. Lebih baik renovasi bagian-bagian paling penting dan gunakan kembali furniture atau barang yang kiranya masih bagus.

Berikut beberapa tips dekorasi kamar aesthetic yang harus Anda perhatikan:

1. Cat Dinding Kamar

Cara untuk dekorasi kamar aesthetic murah yang paling utama adalah mengubah warna dinding. Namun dalam pemilihan warna kita juga harus memperhatikan keseluruhan elemen, seperti warna furniture, sprei, dan lantai.

Selain itu, Anda juga bisa menambah sedikit tekstur pakai wallpaper dinding. Sehingga kesan estetik semakin terasa meskipun dengan budget terbatas.

Kalau bingung menentukan warna cat aesthetic, pilihan berikut mungkin bisa dicoba:

  • Warna Beige atau Earth Tone
  • Kombinasi Grey, Biru, Kuning
  • Pastel dan Citrus
  • Hijau Zaitun dan Grey
  • Biru Cornflower
  • Grey dan Putih

2. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan jadi salah satu faktor penting dalam dekorasi kamar aesthetic cowok dan cewek. Bukan hanya sebagai penerang ruangan saja, cahaya juga bisa mempengaruhi suasana hati dan kenyamanan penghuni.

Kalau luas kamar terbatas, sebaiknya pasang beberapa jenis lampu. Lampu utama di atas langit-langit, lampu tidur, dan LED Strip untuk menambah kesan aesthetic.

Tapi jangan lupakan watt lampu yang digunakan. Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya pilih lampu dengan watt rendah.

3. Tata Ulang Furniture

Ruangan yang nyaman tak lepas dari furniture di dalamnya. Untuk kamar minimalis, hindari furniture dalam jumlah banyak karena akan membuat suasana jadi pengap. Berikan space kosong agar pergerakan tak terganggu.

Ketika proses renovasi sedang berlangsung, keluarkan semua furniture agar dapat gambaran space mana yang harus diisi dan dibiarkan kosong.

Setelah semua selesai, Anda bisa menambahkan hiasan pada dinding, seperti poster atau rak gantung. Kesan aesthetic akan lebih terasa apalagi jika dipadukan dengan lampu LED RGB.

4. Singkirkan Furniture yang Tidak Dipakai

Ketika merenovasi kamar, kita harus “membuang” semua furniture yang tidak berguna. Tujuannya untuk menimbulkan kesan “baru” dan memori lama tidak tertinggal di dalamnya. Keluarkan dulu semua barang saat proses renovasi.

Tapi, kalau ada barang yang masih bisa dimanfaatkan, daripada jadi rongsokan, coba sesuaikan dengan konsep kamar Anda. Contohnya meja, cat ulang atau lapisi dengan wallpaper agar terlihat seperti meja baru.

5. Beli Barang Sesuai Budget 

Jangan memaksakan keinginan kalau budget Anda terbatas. Beli barang yang paling mendesak, dan cicil sisanya setelah gajian. Namun, pastikan Anda membeli kebutuhan dasar seperti cat, wallpaper, dekorasi dinding, hordeng/sprei.

Disamping itu, lampu LED RGB sebaiknya juga jadi prioritas karena ini termasuk syarat kamar estetik masa kini. Kalau sudah terpasang, suasana kamar pasti lebih nyaman dan Anda bisa berfoto selfie dengan lebih percaya diri.

6. Kerjakan Sendiri

Biaya menjadi salah satu faktor penghalang ketika ingin renovasi kamar. Kalau Anda memiliki budget minim, sebaiknya alokasikan semua uang untuk beli barang. Proses pengecatan, pemasangan, dan lain sebagainya lakukan saja sendiri.

Karena dari pengalaman admin, dekorasi kamar aesthetic tak sesulit yang dibayangkan. Mengecat dinding hingga finishing hanya butuh waktu maksimal satu minggu. 

Selain mengemat biaya, melakukan pekerjaan renovasi kamar pribadi juga membuat kita menghargai jerih payah dari proses yang dilalui.

Barang Dekorasi Kamar Aesthetic

Suasana kamar yang tenang dan rapih akan membuat hati jadi lebih tentang. Ini juga akan menghindari potensi insomnia sehingga kualitas tidur jadi lebih baik.

Saat ini sangat mudah mencari barang dekorasi kamar aesthetic. Anda tinggal buka e-commerce Shopee atau Tokopedia. Semua kebutuhan mulai dari lampu hingga wallpaper tersedia dengan berbagai bentuk dan variasi harga.

Berikut beberapa barang yang harus dibeli jika Anda ingin menata kamar agar terlihat keren dan estetik:

1. Lampu LED Strip


Barang yang wajib ada saat mendekorasi kamar adalah LED Strip RGB. Hampir semua orang yang ingin kamarnya estetik menggunakan lampu ini sebagai penerang. Dengan panjang 10 meter, Anda bisa memasangnya di setiap sudut plafon.

Nama BarangHarga
GOTO RGB Strip Light Tron 5050 10 MeterRp99.900
Shopee DiskonKlik untuk beli

2. Lampu Proyektor


Menampilkan cahaya malam berbintang yang terlihat realistis di langit-langit dan dinding kamar. Pola warna berputar semakin menambah kesan estetik. Ada tambahan speaker bluetooth untuk mendengarkan lagu.

Nama BarangHarga
Lampu Proyektor + SpeakerRp145.000
Shopee DiskonKlik untuk beli

3. Poster Kamar Aesthetic


Tak ketinggalan, poster juga termasuk barang yang wajib terpasang sebagai syarat dekorasi kamar aesthetic. Ada ragam jenis gambar mulai dari monokrom, neon, hingga retro. Pilih yang kiranya sesuai dengan konsep kamar.

Nama BarangHarga
Poster Dinding Aesthetic (48 Lembar)Rp26.950
Shopee DiskonKlik untuk beli

4. Cermin Hexagonal


Selanjutnya cermin hexagonal juga wajib terpasang agar kamar terlihat aesthetic. Nantinya cermin bisa disusun sesuai selera dan menghasilkan pola sarang lebah. Minimal harus beli 13 pcs cermin kalau mau seperti gambar referensi.

Nama BarangHarga
Cermin Hexagonal (13 pcs)Rp87.750
Shopee DiskonKlik untuk beli

5. Tong Sampah Minimalis


Siapa sih yang tahan kalau kamar berantakan? Selain mengganggu kesehatan, kamar yang kotor juga bisa mengganggu suasana hati. Untuk meminimalisir sampah berserakan, solusinya menempatkan tong sampah di sudut kamar.

Nama BarangHarga
Tong SampahRp47.900
Shopee DiskonKlik untuk beli

6. Sprei dan Sarung Bantal


Barang dekorasi kamar aesthetic yang tak boleh ketinggalan adalah sprei dan sarung bantal. Saat ini kita bisa menemukannya dengan mudah di Shopee maupun Tokopedia. Ada banyak jenis motif, namun motif kotak hitam lebih disarankan.

Nama BarangHarga
Sprei Motif AestheticRp67.950
Shopee DiskonKlik untuk beli

7. Wallpaper Dinding


Setelah mengganti warna cat, Anda bisa menambahkan wallpaper agar terlihat lebih estetik. Penggunaan wallpaper dinding saat ini sangat disarankan untuk membentuk tekstur dan terkesan tidak monoton.

Nama BarangHarga
Wallpaper AestheticRp24.900
Shopee DiskonKlik untuk beli

8. Daun Rambat Palsu


Mau memberikan kesan natural dan alam di kamar Anda. Coba deh pasang daun rambat palsu di tembok. Selain itu Anda juga bisa memasangnya di langit-langit. Ketika lampu LED RGB menyala, suasana jadi lebih aesthetic.

Nama BarangHarga
Daun Rambat Palsu 10 meterRp37.000
Shopee DiskonKlik untuk beli

9. Rak Dinding Kayu


Barang dekorasi kamar aesthetic berikutnya adalah rak dinding. Ini bisa jadi tempat untuk meletakkan hiasan seperti vas bunga, jam, atau pewangi ruangan.

Nama BarangHarga
Rak Dinding TempelRp11.699
Shopee DiskonKlik untuk beli

10. Kursi dan Meja


Selanjutnya furniture yang tak kalah penting, khususnya bagi mahasiswa dan pekerja kantoran adalah kursi dan meja. Karena mengambil konsep aesthetic, tentunya dua barang ini harus memiliki desain minimalis dan rapih.

Nama BarangHarga
Kursi SerbagunaRp265.000
Shopee DiskonKlik untuk beli
Meja CooldeskRp269.000
Shopee DiskonKlik untuk beli

Referensi Desain Kamar Aesthetic

Menentukan desain kamar aesthetic bukanlah sesuatu yang mudah. Kita harus menyesuaikan luas kamar dan dan furniture di dalamnya. Apalagi jika budget serba terbatas.

Untuk itu, sebagai referensi berikut beberapa desain yang bisa Anda terapkan.

1. Nature Lights Aesthetic Room

Rox K on Pinterest

2. Vintage Aesthetic Room

Amber Jade on Pinterest

3. Kamar Minimalis Hitam

Tokopedia


4. Small Bedroom

instagram.com/rumahrumahunik


Di atas adalah beberapa contoh dekorasi kamar aesthetic yang bisa jadi referensi. Kalau Anda bingung memilih mana yang paling bagus, sesuaikan saja luas kamar dan budget.

Akhir Kata

Kamar adalah tempat persinggahan, ruang kecil yang menyimpan banyak cerita. Sedih, marah, bahagia terselip di setiap sudut. Sudah sepantasnya kamar dibuat senyaman mungkin agar waktu istirahat menjadi lebih berkualitas.

Demikian ulasan tentang tips dekorasi kamar aesthetic budget minim beserta barang-barang yang dibutuhkan. Kalian bisa beli semua kebutuhan dengan klik link produk, nanti akan diarahkan langsung ke e-commerce.