Penyebab Tokopedia Tidak Bisa COD dan Cara Mengatasinya Terbaru 2022

Tokopedia Tidak Bisa COD

Saat ini ada banyak kemudahan yang ditawarkan Tokopedia. Selain kuota gratis ongkir, ada juga fitur COD yang memungkinkan pembeli bayar di tempat. Namun tak jarang, beberapa orang tidak bisa menggunakan COD Tokopedia.

Alasannya ada banyak, tapi yang paling sering karena seller atau toko belum mengaktifkan fitur tersebut. Umumnya mereka hanya melayani pembayaran melalui aplikasi karena tidak ribet saat pencairan dana.

Nah, kalau kamu kekeuh ingin Cash on Delivery, di bawah ini akan dijelaskan penyebab dan cara mengatasi Tokopedia tidak bisa COD. Sehingga ke depannya bisa lebih mudah saat berbelanja online.

Fitur COD Tokopedia dan Keuntungannya

Seperti halnya Shopee, COD Tokopedia adalah fitur yang dihadirkan agar pembeli bisa membayar setelah barang sampai di tangan. Transaksi biasanya dilakukan dengan menyerahkan sejumlah uang kepada kurir atau pihak jasa kirim.

Semua pengguna Tokopedia bisa menggunakan fitur ini. Namun, kita harus jeli melihat toko yang menyediakan COD sebagai metode pembayaran. Sebab, tak semua seller mengaktifkan fitur Cash on Delivery.

Selain menguntungkan pembeli, Tokopedia menghadirkan fitur ini juga untuk meningkatkan omzet penjual. Karena seperti yang kita tahu, sebagian masyarakat Indonesia lebih tertarik bayar di tempat dibanding transaksi digital.

Adapun keuntungan lain fitur COD (Cash on Delivery) Tokopedia adalah:

  • Penjual mendapatkan lebih banyak pembeli
  • Untuk pembeli, ada kuota Bebas Ongkir jika bayar pakai COD
  • Ada jaminan asuransi jika barang hilang atau rusak
  • Klaim asuransi hanya butuh 8 hari kerja
  • Bisa cek kelengkapan dan kesesuaian barang
  • Pembeli bisa return tanpa bayar ongkir jika barang tidak sesuai

Memang kalau diperhatikan, fitur COD di berbagai marketplace sangat bermanfaat. Terutama bagi masyarakat yang tidak punya akses bank digital atau e-wallet.

Cara Mengatasi Tokopedia Tidak Bisa COD

Bagi pengguna baru Tokped dan masih bingung kenapa Tokopedia tidak bisa COD. Ada beberapa hal yang jadi penyebabnya. Simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Jasa Kirim Tidak Mendukung

Penyebab pertama Tokopedia tidak bisa COD adalah pengguna memilih kurir yang salah saat checkout. Sebab, ada beberapa jasa kirim yang tidak mendukung fitur Bayar di Tempat. Silahkan ganti ke JNE atau AnterAja.

2. Limit COD Habis

Tokopedia membatasi fitur COD dengan kuota mingguan. Masing-masing pengguna hanya bisa memilih pembayaran COD sebanyak 5 kali dalam satu minggu. Selain itu, untuk 1 hari juga dibatasi 2 kali pembelian/checkout.

Jadi jika kamu tidak dapat pakai fitur COD Tokopedia dengan alasan ini, solusinya tunggu hingga minggu depan. Bisa juga pilih metode pembayaran digital seperti GoPay, OVO, atau transfer bank.

3. Voucher Tidak Berlaku untuk COD

Setiap voucher promo/diskon pasti ada syarat dan ketentuan. Kemungkinan kamu memilih voucher yang tidak mendukung semua metode transaksi. Sehingga Tokopedia tidak bisa COD meskipun masih ada sisa kuota.

4. Transaksi Melebihi Limit

Salah satu syarat untuk menggunakan fitur COD Tokopedia adalah nominal pembelian tidak boleh lebih dari Rp2.500.000 per transaksi. Kemungkinan barang yang kamu beli lebih mahal sehingga COD Tokopedia tidak bisa digunakan.

Meskipun nantinya ada promo atau potongan harga, nominal yang dihitung tetap harga barang yang terpampang di keranjang.

5. Fitur COD Belum Diaktifkan

Berikutnya, cara mengatasi Tokopedia tidak bisa COD adalah dengan mem-filter produk khusus COD (bisa cek di bagian atas halaman). Karena seperti penjelasan di awal, tidak semua toko mengaktifkan fitur Cash on Delivery.

6. Sering Cancel Transaksi

Alasan terakhir kenapa Tokopedia tidak bisa COD karena kamu sering melakukan cancel saat transaksi. Tokopedia menentang keras hal ini karena dapat merugikan semua pihak, bukan hanya seller juga pihak Tokopedia sendiri.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu tidak pergi jauh saat hari pengiriman. Kalaupun sedang kerja, sebaiknya sampaikan ke kurir barang dititipkan ke tetangga saja.

Disamping 6 alasan di atas, penyebab tidak bisa COD di Tokopedia juga karena rumah kamu berada di wilayah yang tidak terjangkau kurir, atau durasi pengiriman melebihi ketentuan.

Jadi itulah ulasan lengkap tentang cara mengatasi Tokopedia tidak bisa COD beserta penyebabnya. Semoga dapat jadi solusi bagi pembeli yang kesulitan ketika ingin checkout produk di Tokopedia. Selamat berbelanja!