Penyebab Gagal Daftar Kredivo dan Cara Mengatasinya 2022

Kenapa Gagal Daftar Kredivo

Di Indonesia, nama Kredivo sangat populer dan jadi andalan mayarakat yang membutuhkan dana cepat, baik untuk pendidikan maupun buka usaha. Tapi tak jarang, pengajuan Kredivo ditolak, sehingga masyarakat gagal meminjam uang.

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau kebanyakan aplikasi pinjaman online legal memberikan persyaratan ketat. Tujuannya agar peminjam/nasabah tidak berani melakukan galbay atau gagal bayar.

Karena seperti yang kita tahu, tren galbay begitu populer saat ini. Masyarakat sengaja mengajukan pinjaman dengan jumlah banyak, tapi tidak ada niatan untuk bayar angsuran.

Nah, bagi kamu yang gagal daftar Kredivo, panduan berikut mungkin bisa jadi solusi. Karena penyebab pendaftaran Kredivo ditolak tak lain karena ada masalah dari pengguna sendiri.

Kredivo dan Persyaratan untuk Calon Nasabah

Pada dasarnya, Kredivo bukanlah pinjaman online, melainkan Paylater dimana nasabah bisa membeli barang dengan pembayaran yang ditanggung Kredivo. Nantinya nasabah akan melunasi sesuai kesepakatan di awal.

Kredivo jadi bagian dari solusi masyarakat yang membutuhkan suatu barang tapi belum punya uang. Ada beberapa opsi pelunasan, yakni 30 hari atau cicilan 3 bulan dengan bunga 0% dan cicilan 6-12 bulan dengan bunga 2,6%.

Nah, apabila kamu tertarik daftar Kredivo, pastikan syarat-syarat berikut terpenuhi:

  • WNI usia 18 sampai 60 tahun
  • Khusus akun Starter dan Basic, harus berdomisili di wilayah jangkauan Kredivo (cek di website resmi)
  • Punya gaji atau penghasilan minimal Rp3 juta/bulan
  • Melengkapi dokumen KTP dan selfie
  • Slip gaji dan NPWP atas nama yang terdaftar di Kredivo
  • Menghubungkan akun e-commerce sebagai bukti domisili

Sebenarnya syarat yang diberikan Kredivo sangat simpel. Kalau kita memenuhi kriteria dan mengikuti langkah-langkahnya, pengajuan pinjaman bisa cair dalam waktu singkat.

Tapi karna ketidaksabaran masyarakat ingin memiliki barang secara cepat, akhirnya pendaftaran ditolak mentah-mentah.

Dengan Kredivo, kamu bisa berbelanja di beberapa merchant. Untuk e-commerce ada Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan Lazada. Tinggal pilih metode pembayaran Kredivo, kamu bisa langsung memiliki barang idaman.

Sementara untuk opsi angsuran, sebaiknya pilih yang 30 hari atau 3 bulan karena tidak ada bunga. Kalau opsi 6-12 bulan akan dikenakan bunga cukup besar.

Selanjutnya admin akan jelaskan kenapa gagal daftar Kredivo. Pastikan kamu simak sampai selesai agar mengerti akar masalah yang menyebabkan pendaftaran kamu ditolak.

Penyebab Gagal Daftar Kredivo

Kredivo merupakan perusahaan dengan layanan Paylater yang resmi dan terdaftar di OJK. Popularitasnya terbilang cukup bagus dan jadi andalan banyak orang. Terlebih, Kredivo menjamin privasi data pengguna.

Lantas, apa penyebab gagal daftar Kredivo? Berdasarkan pantauan admin di website resmi dan media sosial Kredivo, persyaratan jadi penyebab utama. Bisa jadi dokumen belum lengkap, atau salah melampirkan berkas-berkas.

Selengkapnya berikut beberapa alasan atau penyebab pendaftaran Kredivo ditolak:

1. Tidak Memenuhi Syarat Daftar Kredivo

Seperti halnya aplikasi pinjol lain, ketika ingin daftar dan mengajukan pinjaman kita harus memenuhi persyaratan. Mulai dari data diri, pekerjaan, penghasilan bulanan, dan dokumen lain seperti KTP dan NPWP (khusus Premium).

Kalau semua data di atas tidak terpenuhi, itu yang jadi alasan kenapa pendaftaran Kredivo gagal atau ditolak. Oleh sebab itu, sebelum berniat meminjam uang di pinjol, persiapkan dulu semua berkas agar bisa langsung cair.

2. Pendapatan Nasabah di Bawah Persyaratan

Penghasilan bulanan juga jadi syarat penting ketika mengajukan pinjaman online, khususnya yang legal. Sebab, Kredivo hanya menerima pendaftaran calon nasabah dengan penghasilan tertentu sesuai nilai pinjaman.

Tapi jika gaji kamu tidak memenuhi syarat di Kredivo, coba ajukan pinjaman di pinjol lain. Kemungkinan minimal syarat penghasilan mereka berbeda.

3. Dokumen Tidak Sesuai

Selanjutnya alasan kenapa gagal daftar Kredivo juga disebabkan karena dokumen yang terlampir tidak sesuai. Kriteria nasabah Kredivo cukup ketat, apabila ada kesalahan dokumen, pengajuan kamu pasti tidak akan di-acc.

Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan semua persyaratan dokumen, kalau perlu tanyakan ke Customer Service sebelum membuat pengajuan.

4. Memiliki Tanggungan di Pinjol Lain

Dalam dunia Fintech, khususnya yang bergerak di bidang pinjaman online, masyarakat memiliki riwayat dari perbankan atau OJK. Nah, kalau kamu gagal daftar Kredivo, kemungkinan masih ada tanggungan yang belum tuntas.

Misalnya dulu pernah kredit hp, tapi secara sepihak melakukan galbay. Atau beberapa bulan lalu baru mengajukan pinjaman di perusahaan pinjol lain dan angsurannya belum habis.

5. Masuk Blacklist OJK

Terakhir, alasan kenapa gagal daftar Kredivo juga disebabkan nama calon nasabah sudah masuk daftar hitam atau di-blacklist oleh OJK. Alasannya karena dulu pernah bermasalah dalam membayar angsuran kredit atau cicilan bank.

Sebenarnya aplikasi Kredivo cukup fair dalam menyetujui permintaan nasabah. Tapi kebanyakan dari kita terlalu abai soal persyaratan yang jadi “kunci” dalam mengajukan pinjaman.

Namun terlepas dari itu, bila pendaftaran Kredivo ditolak, kamu masih bisa mengirim pengajuan dalam 3 bulan ke depan. Pastikan kali ini semua syarat sudah lengkap, ya!

Cara Mengatasi Daftar Kredivo Gagal atau Ditolak

Setelah tahu penyebab gagal daftar Kredivo, selanjutnya admin akan jelaskan beberapa tips agar pengajuan pinjaman Kredivo diterima. Ini terbilang cukup ampuh karena dikasih tahu langsung oleh admin Kredivo.

Berikut ini cara mengatasi daftar Kredivo gagal atau ditolak karena tidak memenuh syarat:

1. Buat Slip Gaji dengan Nominal UMR

Saat ini nominal gaji masyarakat Indonesia berbeda-beda, tergandung kebijakan daerah masing-masing. Tapi, kalau ingin pinjam uang dengan nilai di atas 5 juta dan angsuran 6 bulan, pastikan slip gaji menyesuaikan.

Jangan sampai nominal pinjaman jauh di atas kemampuan kamu membayar angsuran. Ini termasuk hal dasar yang wajib diperhatikan ketika mengajukan pinjaman online.

Disamping itu, jangan lupa untuk memenuhi syarat lain, seperti minimal umur 16 tahun, melampirkan foto KTP, selfie sambil pegang KTP, dan bukti lain yang menunjukkan kamu mampu menyelesaikan angsuran tepat waktu.

2. Lampirkan Data NPWP atau BPJS

Meskipun NPWP bukan syarat wajib, tapi kalau daftar Kredivo gagal kamu bisa melampirkan dokumen ini. Tujuannya agar pihak Kredivo merasa yakin kalau kamu bisa bertanggung jawab untuk melunasi pinjaman sesuai kesepakatan.

Selain, itu melalu BPJS dan NPWP, pihak Kredivo mengetahui detail atau informasi nasabah. Hal ini juga dapat dijadikan bukti andai suatu saat nasabah tidak taat dengan perjanjian.

Beberapa pertanyaan masyarakat terkait pendaftaran Kredivo ditolak sudah terjawab. Faktor utama karena syarat yang terlampir tidak mampu dipenuhi atau ada kesalahan pada dokumen.

Padahal, kalau semua syarat pendaftaran sudah lengkap, pengajuan bisa langsung cair. Berapa lama Kredivo cair atau di-acc kurang lebih 24 jam dari waktu pengajuan. Nanti akan dikirim langsung ke rekening terdaftar.

Khusus untuk persyaratan dokumen, apakah pinjam uang di Kredivo perlu pakai NPWP? Untuk pendaftaran umum, syarat utama adalah e-KTP. NPWP hanya diwajibkan bagi nasabah yang ingin upgrade ke akun Premium.

Premium Kredivo adalah jenis akun dengan limit tinggi. Biasanya diperuntukkan bagi pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Penutup

Sebagai salah satu aplikasi pinjol legal, Kredivo tentu punya pertimbangan dalam menolak pengajuan pendaftaran. Selain karena tren galbay yang meresahkan, persyaratan tidak terpenuhi juga jadi faktor paling penting.

Nah, sesuai ulasan di atas, kamu jadi tahu alasan kenapa gagal daftar Kredivo. Ke depannya kalau mau pinjam dana lagi, pastikan semua syarat terpenuhi dan tidak ada nama kamu di daftar hitam OJK. Semoga bermanfaat, ya!