Cara Mengubah Penilaian di Shopee dan Ketentuannya

Ketika berbelanja di Shopee, kita biasa memberikan rating setelah barang diterima. Namun tak jarang kualitasnya jauh di bawah ekspektasi. Sehingga kita ingin mengubah penilaian di Shopee sebagai bentuk komplain.

Hal seperti ini seharusnya bisa dihindari kalau pemberian rating setelah produk dicoba. Jadi jangan langsung kasih bintang 5 dan pujian kepada seller. Pakai dulu bajunya selama beberapa hari, setelah itu baru berikan penilaian.

Kalau kecewa dengan kualitas produk tapi sudah terlanjur kasih rating, kamu bisa ikuti cara mengubah penilaian di Shopee berikut. Panduan ini berlaku untuk riwayat pesanan lama maupun baru.

Cara Mengubah Penilaian di Shopee

Alasan Pembeli Mengubah Rating Pesanan

Ada banyak alasan kenapa rating Shopee yang sudah dikirim ingin diubah. Umumnya karena setelah dipakai kualitas produk kurang memuaskan, atau pembeli mendapat keluhan dari seller karena memberi penilaian yang ngasal.

Disamping itu, alasan mengubah rating Shopee juga disebabkan karena ingin membagikan pengalaman setelah menggunakan produk tersebut.

Sebenarnya mengubah atau mengganti rating di e-commerce adalah hal wajar. Karena sebagian besar pengguna tidak mengecek kelengkapan maupun kualitas produk setelah kurir mengantarkan paket.


Meskipun cara mengubah penilaian di Shopee sangat mudah, tapi hal seperti ini tak bisa dinormalisasi juga. Ke depannya pastikan kamu tidak memberi penilaian sebelum mencoba dan mengetahui kualitas produk.

Selain berpengaruh pada reputasi seller, ini juga bisa membuat akun Shopee kamu ditangguhkan. Terutama kalau terlalu sering kasih penilaian buruk yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Cara Mengubah Penilaian di Shopee

Bintang 1 atau rating rendah di Shopee memiliki dampak yang signifikan pada toko. Jadi sudah sepantasnya kamu kasih rating minimal tiga setelah barang diterima. Kecuali ada masalah pada produk atau seller melakukan penipuan.

Berikut panduan cara mengubah penilaian di Shopee apabila kamu berubah pikiran terhadap kualitas produk atau barang yang dibeli.

  • Pertama buka aplikasi Shopee di hp kamu
  • Lalu masuk ke menu “Saya”
  • Kemudian klik Lihat Riwayat Pesanan

  • Scroll dan cari pesanan yang ingin diubah penilaiannya
  • Jika sudah ketemu, klik atau buka pesanannya
  • Scroll ke bawah dan pilih “Lihat Penilaian”

  • Pada baris username ada tulisan “Ubah”, klik tombolnya

  • Selanjutnya ganti penilaian Shopee sesuai keinginan
  • Terakhir klik Kirim

Selain mengubah penilaian atau rating Shopee, kamu juga bisa menyembunyikan username. Caranya tinggal klik titik tiga dan pilih “Sembunyikan username”. Nantinya nama yang muncul di penilaian akan disensor jadi n******k.

Apakah bisa ubah penilaian Shopee lebih dari satu? Secara teknis sangat mustahil, saat ini kamu hanya bisa mengeditnya satu per satu.

Kenapa Tidak Bisa Ubah Penilaian di Shopee?

Min, kenapa penilaian di Shopee tidak bisa diubah? Padahal sudah mengikuti langkah-langkah di atas? Nah, kalau mengalami kondisi seperti ini, kemungkinan kamu sudah pernah mengganti rating sebelumnya.

Karena dari kebijakan Shopee sendiri, pembeli atau pengguna hanya bisa mengubah penilaian Shopee sebanyak satu kali.

Disamping itu kalau waktu pesanan sudah terlampau lama sejak paket diterima, penilaian tidak dapat diotak-atik meskipun belum pernah diubah.

Tapi kalau dalam kondisi tertentu, misalnya seller protes karena rating terlalu rendah, kamu bisa mengajukan hapus penilaian Shopee. Caranya dengan menghubungi Choki atau CS Shopee.

Sebab, penjual tidak bisa menghapus penilaian di Shopee karena mereka tidak memiliki akses untuk itu. Yang bisa mengubah ataupun menghapus hanya customer dan pihak Shopee sendiri.

Akhir Kata

Saat ini belanja online sudah jadi kebiasaan yang tak bisa lepas dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain simpel dan praktis, biasanya harga di e-commerce jauh lebih mudah dibanding toko offline.

Demikian ulasan tentang cara mengubah penilaian di Shopee yang bisa dilakukan bila ingin mengganti rating jadi bintang 1 atau lebih tinggi. Pastikan cek kondisi barang sebelum memberi penilaian, ya!