Cara Menghapus Pencarian di Google Play, Ikuti 6 Langkah Berikut!

Cara Menghapus Pencarian di Google Play

Cara menghapus pencarian di Play Store layak diketahui semua pengguna Android. Sebab, ini bisa mencegah orang lain mengetahui riwayat pencarian atau aplikasi dan game yang kita cari di platform milik Google ini.

Saat ini hampir semua aplikasi maupun website memiliki bar pencarian. Salah satu yang akan admin bahas adalah Playstore. Sebuah platform download milik Google yang berisi kumpulan aplikasi, game, hingga e-book.

Google Play menjadi aplikasi bawaan di semua hp Android. Kalau kamu tak ingin search history diketahui orang lain, ikuti panduan cara menghapus pencarian di Google Play di bawah ini.

Kenapa Harus Menghapus Riwayat Google Play?

Selain untuk menghilangkan jejak akan aplikasi dan game yang kita telusuri, menghapus pencarian Google Play cukup berpengaruh pada kinerja perangkat. Sebab, beban cache dan data penyimpanan pasti akan berkurang.

Setiap kali kamu menggunakan kolom Search, maka data tersebut akan tersimpan otomatis. Seperti penjelasan awal, ini berfungsi untuk memudahkan ketika ingin mencari keyword dari game atau aplikasi yang hendak di-install.

Khusus untuk hp dengan spesifikasi rendah, menghapus riwayat Play Store berpengaruh besar pada kinerja. Oleh karena itu, pengguna hp kentang wajib menghilangkan jejak pencarian setelah mencari sesuatu.

Bukan hanya di Google Play, tapi juga di website, aplikasi, maupun media sosial. Terlebih bagi yang suka mencari video atau gambar ehem-ehem.

Cara Menghapus Pencarian di Google Play

Di aplikasi lain biasanya tinggal tap dan tahan, atau ada opsi tombol (x) seperti di Twitter yang akan menghilangkan semua history. Tapi Google Play sedikit berbeda, untuk menghapusnya ada cara tertentu.

Meskipun terbilang sangat mudah, menu untuk menghapus riwayat pencarian Google Play tersembunyi di bagian Settings. Sehingga banyak pengguna kesulitan ketika hendak membersihkan history di hp mereka.

Tapi jangan khawatir, berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk menghapus pencarian di Google Play. Simak, ya!

  • Pertama klik gambar profil di bagian kolom pencarian

  • Lalu pilih Setelan/Settings

  • Klik atau buka menu “Umum”
  • Kemudian pilih Preferensi akun dan perangkat

  • Selanjutnya klik Hapus histori penelurusan perangkat

  • Lalu klik Hapus histori

Setelah langkah terakhir dilakukan, kamu bisa cek di kolom pencarian dan semua riwayat telah hilang. Namun, kalau kamu menggunakan fitur ini lagi untuk cari game atau aplikasi, riwayat akan kembali muncul.

Pastikan setelah mencari sesuatu di Google Play, kamu menghapus semua pencarian agar tidak dilihat orang lain. Ulangi saja langkah-langkah di atas, ya!

Cara menghapus bekas pencarian Play Store di atas bisa untuk semua merek hp, termasuk Samsung, Vivo, Oppo, hingga Xiaomi. Letak menunya juga sama persis.

Nah, setelah mengetahui cara menghapus pencarian di Google Play, tak perlu khawatir lagi orang lain melihat game atau aplikasi yang pernah kamu cari. Sepertinya cukup jelas, ya? Kalau belum, lihat panduan di gambar.