Cara Cek Skor Kredit Kredivo dan Panduan Meningkatkannya

Cara Cek Skor Kredit Kredivo

Beberapa waktu lalu ada peningkatan fitur di aplikasi Kredivo. Salah satunya nasabah bisa cek skor kredit Kredivo untuk mengetahui reputasi. Bagi yang belum tahu, Skor Kredit dan Credit Scoring adalah dua hal berbeda.

Kalau Skor Kredit untuk melihat reputasi atau profil selama menggunakan layanan, Credit Scoring adalah acuan bagi perusahaan apakah calon nasabah layak menerima kredit pinjaman. Meskipun begitu, dua hal ini sama pentingnya.

Ketika sudah jadi nasabah loyal, skor kredit wajib dijaga atau bahkan ditingkatkan lagi. Karena ini akan jadi bahan pertimbangan, dan kemungkinan kamu dapat keuntungan lebih dari Kredivo.

Nah, untuk cara cek skor kredit Kredivo sangatlah mudah. Semua sudah disediakan, jadi kamu tinggal buka menu di dalam aplikasi. Selengkapnya cek ulasan berikut.

Apa itu Skor Kredit Kredivo?

Skor kredit Kredivo adalah performa yang didapat nasabah berdasarkan BI Checking dari aktivitas selama menggunakan layanan Paylater atau Pinjol. Skor kredit sangat penting karena akan jadi acuan dalam pengajuan kredit.

Bukan hanya itu, dengan skor kredit tinggi, nasabah mendapat keuntungan lain seperti peningkatan limit hingga maksimal bunga pinjaman. Intinya skor kredit Kredivo sangat penting jika ingin dimudahkan.

Tapi sayangnya, banyak masyarakat Indonesia abai akan hal ini. Bahkan tak sedikit pula yang berniat ajukan pinjaman untuk gagal bayar tanpa peduli dengan skor kredit mereka.

Padahal, Bank Indonesia mencatat semua aktivitas yang berhubungan dengan Fintech. Kalau kamu bermasalah di satu Paylater atau Pinjol, pasti akan ditolak ketika mengajukan pinjaman di perusahaan lain.

Jadi sangatlah penting untuk mengetahui skor kredit Kredivo, terutama bagi nasabah baru.

Cara Cek Skor Kredit Kredivo

Sebelum komentar “eh kok menu Skor Kredit tidak ada?”, pastikan kamu update aplikasi Kredivo minimal ke versi 3.3.9 atau paling baru. Karena seperti yang dijelaskan di awal, aplikasi versi lama belum memiliki fitur ini.

Berikut panduan cara cek skor kredit Kredivo lewat aplikasi:

  • Pertama buka aplikasi Kredivo di hp kamu
  • Lalu di bagian bawah, masuk ke menu Akun
  • Kemudian klik tombol Skor Kredit
  • Terakhir, data nasabah akan ditampilkan

Sampai tahap ini cara melihat skor kredit Kredivo sudah selesai. Selanjutnya tinggal cek apakah level kredit kamu masih normal atau di bawah standar. Kalau kurang bagus, perbaiki aktivitas kamu ketika menggunakan Kredivo.

Aktivitas yang dimaksud meliputi transaksi dan pembayaran tagihan tepat waktu. Dua hal ini tak boleh diabaikan jika ingin dapat predikat nasabah dengan skor kredit terbaik.

Cara Meningkatkan Level Skor Kredit Kredivo

Kalau diperhatikan, pada aplikasi Kredivo ada 8 jenis skor kredit. Tentunya masing-masing punya keterangan berbeda yang menjelaskan reputasi nasabah. Skor paling tinggi adalah A+, sedangkan paling rendah F yang berarti Buruk.

Nasabah yang mendapatkan skor kredit A+ di Kredivo adalah mereka yang menggunakan limit secara maksimal dan membayar tagihan tepat waktu. Sementara D, E, dan F mengindikasikan kalau nasabah sering menunggak dan terkenda denda.

Cek tabel berikut untuk mengetahui penjelasan masing-masing level skor kredit di Kredivo:

Level KreditKeterangan
A+Reputasi bagus dengan transaksi maksimal dan pembayaran lancar
AReputasi di bawah A+, hanya kurang maksimal di transaksi
B+Level skor yang dimiliki sebagian besar nasabah Kredivo, transaksi dan pembayaran normal
BSama seperti B+, hanya sedikit tidak maksimal di transaksi
CSkor kredit yang biasanya dimiliki oleh pengguna baru
DTidak bagus dan tidak juga jelek
ESatu level di atas F, nasabah mulai menunggak tagihan
FSkor kredit paling rendah karena nasabah selalu menunggak pembayaran

Adapun keuntungan yang didapat jika memiliki skor kredit tinggi adalah kemudahan ACC saat mengajukan limit baru. Selain itu, nasabah juga terpilih untuk menaikkan limit tanpa melalui proses pengajuan.

Sebagai contoh, saat ini limit kamu Rp5 juta dan selalu bayar tagihan tepat waktu tanpa perlu diingatkan. Setelah masa tenor berakhir, limit bisa tiba-tiba naik jadi Rp10 juta atau Rp15 juta tergantung data penghasilan kamu.
 
Lantas bagaimana cara meningkatkan skor kredit Kredivo?

1. Maksimalkan Transaksi
2. Gunakan Kredivo Sebagai Metode Pembayaran
3. Bayar Tagihan Tapat Waktu
4. Hindari Keterlambatan atau Jatuh Tempo

Meskipun skor kredit sangat penting, tapi kamu tidak boleh terlalu bernafsu untuk meningkatkannya. Tetap gunakan layanan Paylater (bukan hanya Kredivo) untuk sesuatu yang sifatnya penting dan mendesak.

Semua Paylater memiliki bunga, denda, dan “sisi gelap” masing-masing. Tetap bijak dalam mengatur keuangan kamu, ya! Demikian ulasan tentang cara cek skor kredit Kredivo beserta cara meningkatkannya. Semoga bermanfaat!