Apakah HP Infinix Cepat Rusak? Ini Pengalaman Saya Pakai Infinix HOT 10S

Apakah HP Infinix Cepat Rusak

Apakah hp Infinix cepat rusak? Pertanyaan ini sering kali muncul ketika kita ingin beli hp spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Pasalnya, di antara merek hp lain, Infinix termasuk brand smartphone yang harganya paling murah.

Dibandingkan Xiaomi atau Samsung, hp Infinix RAM 6GB dijual dengan harga 2 jutaan. Bahkan sekarang sudah jauh turun di angka Rp1,8 juta.

Tentunya ini sangat menggiurkan, terlebih Infinix mengklaim bahwa kualitas produk sudah teruji. Bahkan untuk melakukan aktivitas berat sekalipun. Fotografi, aplikasi size besar, dan main game semua dijamin lancar.

Kalau kamu ragu hp Infinix cepat rusak, mungkin penjelasan di bawah ini bisa membantu. Saya akan coba review hp Infinix, mulai dari performa hingga daya tahan baterai berdasarkan pengalaman pribadi.

Apakah HP Infinix Cepat Rusak?

Infinix adalah merek hp asal Hongkong yang didirikan tahun 2013. Fokus utamanya menghadirkan teknologi terbaik dan terjangkau semua golongan. Untuk pasar Indonesia, Infinix pertama hadir di 2015 dengan seri Hot Note.

Karena tidak sepopuler Xiaomi ataupun Samsung, sehingga banyak masyarakat yang skeptis dengan kualitas hp Infinix. Padahal kalau melihat ke belakang, Xiaomi juga sempat diragukan kualitasnya.

Tapi sekarang Xiaomi jadi salah satu brand smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Lantas, apakah hp Infinix cepat rusak? Kalau menurut saya, daya tahan semua perangkat elektronik tergantung pemakaiannya. Samsung, Oppo, Vivo, Realme, dan Xiaomi pun akan mudah rusak bila dipakai asal-asalan.

Smartphone Infinix yang saya miliki adalah seri HOT 10S RAM 6/128GB. Chipset MediaTek Helio G85, baterai 6000mAh, OS Android 11, dan triple camera 48MP.

Saat itu saya beli di Tokopedia Gudang-HP tanggal 10 Oktober 2021 dengan harga Rp1.987.000 + dapat cashback Rp99.350 dalam bentuk GoPay Coins.

Jadi saat artikel ini ditulis, pemakaian Infinix HOT 10S saya sudah 10 bulan. Sejauh ini kinerjanya masih sangat bagus. Baterai awet, performa ngebut, dan kualitas kamera seperti saat pertama beli.

Selain karena kualitas bawaan Infinix itu sendiri, ada beberapa tips yang saya lakukan agar hp Infinix tidak cepat rusak.

  • Jangan di-charge terlalu lama
  • Hindari mencabut charge kalau belum 100%
  • Sebelum 30% langsung charge baterai, jangan sampai di bawah itu
  • Simpan hp di tas, jangan di kantong celana ketat
  • Sebisa mungkin jangan sampai terjatuh
  • Saat pertama beli, langsung pasang anti gores dan soft-case

Infinix HOT 10S sudah dibekali fitur pemutus daya apabila pengecasan sudah 100%. Tapi sebaiknya jangan terlena, kamu tetap harus mencabut charger bila baterai sudah penuh.

Selain itu, hp ini juga sudah punya Fast-charging. Pengisian sangat cepat, dengan kondisi internet nonaktif, 3 atau 4 jam baterai sudah penuh. Jadi sebisa mungkin hindari charge semalaman suntuk.

Pengalaman Menggunakan HP Infinix HOT 10S


Seperti yang dijelaskan di awal, saya beli Infinix HOT 10S tanggal 10 Oktober 2021, dan sekarang sudah masuk bulan ke-10 pemakaian. Sejauh ini masih sangat bagus, tidak ada kendala sistem atau penurunan performa.

Berikut ini review pengalaman menggunakan hp Infinix HOT 10S, semoga bisa jadi referensi tambahan dari pertanyaan apakah hp Infinix cepat rusak.

1. Performa

Secara keseluruhan, performa Infinix HOT 10S sangat bagus. Meskipun ada banyak aplikasi terinstal, saya masih merasa nyaman saat buka Youtube, medsos, maupun banking. Bahkan tidak ada nge-lag pas main game berat.

Selain itu, touchscreen juga masih enak disentuh. Mungkin faktor penggunaan anti-gores juga berpengaruh di sini. Karena ketika pertama kali beli, saya langsung pasang anti-gores.

2. Ruang Penyimpanan


Sejauh ini saya sudah menginstal 29 aplikasi tambahan selain bawaan Infinix. Lima di antaranya game dengan size lumayan besar, FIFA Mobile, PUBGM, Farlight 84, Hyper Font, dan Warnet Simulator.

Media sosial saya install semua (kecuali TikTok), Whatsapp, Instagram, Twitter, dan Facebook Lite. Selain itu ada juga e-wallet dan aplikasi bank digital seperti DANA, OCTO Mobile, Neobank, Finku, Allo Bank, dll.

Dengan kapasitas RAM 6GB, total pemakaian 66% dan masih tersisa 2,02GB lagi. Sementara Internal Storage 128GB hanya terpakai 30% dan masih ada space kosong 88,34GB.

3. Daya Tahan Baterai


Performa yang paling bagus menurut saya baterai. Dengan daya 6000mAh dan fitur Fast-charing 18W, baterai Infinix sangat powerfull untuk digunakan seharian. Bahkan, ketika main game pun dari 100% masih sisa 80% lagi.

Tapi seperti yang saya bilang di awal, merawat baterai termasuk faktor penting. Jangan sampai baterai 30% baru di-charge, dan pastikan charge hingga penuh baru dicabut.

4. Kamera

Untuk resolusi kamera utama 48MP, hp Infinix memang kurang memuaskan, terlebih di ruangan minim cahaya. Tapi saya rasa ini tidak jadi malasah kalau kamu hanya menggunakan kamera untuk selfie atau kebutuhan media sosial.

5. Main Game


Seperti penjelasan di awal, di hp Infinix saya terinstal PUBG, FIFA Mobile, hingga Farlight 84 yang tergolong game berat. Dengan kapasitas RAM 6GB, masih ada space kosong untuk mengunduh 1 atau 2 game lagi.

Kekurangan hp Infinix yang paling terasa mungkin di chipset-nya. MediaTek Helio G85 masih belum support grafis rata kanan. Sehingga tampilan di dalam game masih terlihat kasar.

6. Fitur Unggulan

Fitur yang paling saya suka dari Infinix HOT 10S adalah pengisian daya cepat. Dengan fast-charging 18W, baterai bisa terisi penuh dalam waktu 4 jam. Ada juga fitur yang memutuskan daya kalau baterai sudah 100%.

Rekomendasi HP Infinix yang Bagus

Nah, setelah pertanyaan apakah hp Infinix cepat rusak sudah terjawab, mungkin kamu mulai tertarik dengan merek ini. Kalau masih bingung mau beli tipe apa, berikut rekomendasi hp Infinix yang bagus.

1. Infinix Note 12 VIP (Gaming)

SpesifikasiInfinix Note 12 VIP
OS ChipsetAndroid 12 XOS 10.5, MediaTek Helio G96
Kamera108MP
Baterai4500mAh Fast-charging 120W
HargaRp3.849.000

2. Infinix Hot 10S (Semi Gaming)

SpesifikasiInfinix HOT 10S
OS ChipsetAndroid 11 XOS 7.6, MediaTek Helio G85
Kamera48MP
Baterai6000mAh Fast-charging 18W
HargaRp1.987.000

3. Infinix Hot 10 Play (Aktivitas Biasa)

SpesifikasiInfinix HOT 10 Play
OS ChipsetAndroid 10 XOS 7, MediaTek Helio G25
Kamera13MP
Baterai6000mAh
HargaRp1.649.000

Beberapa rekomendasi di atas bisa kamu pertimbangkan sesuai fungsinya. Kalau mencari hp gaming rata kanan murah dan budget cukup, Infinix Note 12 VIP bisa jadi pilihan.

Tapi kalau untuk sekedar main medsos, buka Youtube, atau main game tanpa peduli dengan grafis, Infinix HOT 10S dan HOT 10 Play termasuk pilihan terbaik.

Penutup

Infinix memang bukan smartphone terbaik kalau ingin merasakan pengalaman memuaskan bermain game. Tapi, ini bisa jadi pilihan kalau kamu ingin memiliki hp murah yang bagus dari segi kamera, performa, dan ketahanan baterai.

Untuk hp RAM 6/128GB harga 1,9 jutaan bisa dibilang Infinix nggak jelek-jelek amat, kok. Semoga ini bisa jadi jawaban bagi yang bertanya apakah hp Infinix cepat rusak. Intinya, semua tergantung pemakaian pengguna.