Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM CIMB Niaga 2022


Siapa yang tak tahu cara tarik uang di ATM? Saya rasa semua orang tahu akan hal ini. Apalagi hampir semua karyawan menerima gaji melalui transfer bank. Tapi, apakah kalian tahu kalau sekarang kita bisa tarik tunai tanpa kartu ATM?

Yaps, bagi sebagian orang mungkin ini terdengar asing. Namun nyatanya, semua bank sudah memiliki layanan yang memudahkan nasabah mengambil uang tanpa perlu kartu ATM atau cardless.

Nah, di artikel ini saya akan jelaskan bagaimana cara tarik uang tanpa kartu di ATM CIMB Niaga. Langkah-langkahnya cukup simpel, karena hanya perlu smartphone yang sudah terinstall aplikasi OCTO Mobile.

Syarat untuk Ambil Uang Tanpa Kartu ATM

Sedikit curhat, saya termasuk nasabah setia CIMB Niaga. Mulai tahun 2014 saya sudah melakukan banyak transaksi di bank ini. Selain karena faktor “ajakan” kantor saat itu, ternyata CIMB Niaga tidak membebankan biaya admin bulanan.

Apalagi minimal saldo hanya Rp20.000. Berbeda dari bank lain yang harus meninggalkan saldo Rp50.000 bahkan Rp100.000.

Nah, kembali ke pembahasan awal. Untuk menggunakan fitur cardless ini, ada beberapa syarat yang harus kita lakukan agar transaksi berjalan lancar.

1. Rekening Harus Aktif

Syarat pertama untuk ambil uang tanpa kartu di ATM CIMB Niaga tentunya kalian harus mempunyai rekening tabungan yang aktif seperti halnya mengambil uang secara konvensional.

Rekening tabungan berguna sebagai pedoman semua transaksi yang kita lakukan di bank CIMB Niaga. Sebagai contoh informasi transfer, setoran tunai, dan penarikan.

Kalau tidak ada saldo di rekening tabungan, kalian juga bisa menggunakan rekening ponsel. Yang paling penting masa aktifnya masih ada.

2. Koneksi Internet dan Aplikasi OCTO Mobile

Karena berbasis online, syarat berikutnya kalian harus pnya koneksi internet dan smartphone yang sudah terpasang aplikasi OCTO Mobile. Sedikit info, OCTO Mobile adalah aplikasi bank digital resmi dari CIMB Niaga.

Tujuan dari syarat ini adalah untuk menghubungkan layanan CIMB Niaga ke mesin ATM . Nantinya kalian harus memasukkan Kode Referensi yang hanya tersedia di aplikasi OCTO Mobile.

Cara Tarik Uang Tanpa Kartu di ATM CIMB Niaga

Apabila semua syarat di atas sudah terpenuhi, selanjutnya kalian bisa mengikuti cara mengambil uang di ATM CIMB Niaga tanpa kartu di bawah ini. Agar tidak keliru, pastikan simak langkah-langkahnya sampai tuntas, ya!

  • Pertama buka aplikasi OCTO Mobile
  • Kemudian klik garis tiga di kiri atas (sebelah logo OCTO Mobile)
  • Selanjutnya klik menu Transaksi Tanpa Kartu

  • Lalu pilih Tarik Tunai

  • Lokasi tarik tunai pilih “CIMB Niaga ATM/CRM”
  • Setelah itu isi nominal uang yang ingin ditarik

  • Lalu, masukkan nomor PIN ATM
  • Jika sudah, maka Kode Referensi akan muncul

Pastikan Anda segera melakukan tarik tunai, karena kode tersebut memiliki batas waktu 2 jam. Alangkah baiknya Anda login OCTO Mobile saat sudah sampai di ATM.

Nah, apabila sudah sampai di ATM, hal yang harus dilakukan seperti ini:

  • Pilih “Transaksi Tanpa Kartu” di layar mesin ATM

  • Lalu pilih OCTO Mobile

  • Setelah itu, masukkan Kode Referensi 6 digit

  • Kemudian masukkan kembali nominal penarikan (harus sesuai)
  • Terakhir, ambil uang yang keluar dari mesin ATM

Nah, sampai sini Anda sudah berhasil menerapkan cara tarik tunai tanpa kartu di ATM CIMB Niaga. Anda bisa langsung pulang tanpa perlu khawatir ada yang tertinggal di mesin ATM. Mudah banget, kan?

Keunggulan Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Perlu Anda ketahui, fitur tanpa kartu atau cardless CIMB Niaga sangat membantu nasabah dan memiliki banyak keunggulan. Yang pertama tentu saja dari segi keamanan. Kita tidak perlu khawatir kartu tertelan atau terkena penipuan.

1. Aman Dari Tindak Penipuan

Bukan hanya di ATM CIMB Niaga saja. Semua bank juga berpotensi memiliki risiko keamanan. Oleh karena itu, dengan melakukan transaksi tanpa kartu, semua potensi yang membahayakan bisa kita hindari.

Apalagi, CIMB Niaga memiliki fitur yang mana rekening tabungan hanya bisa diakses dengan memasukkan PIN keamanan. Dan saat transaksi cardless, ada batas waktu yang otomatis akan gagal jika kita tidak segera menarik uang.

2. Menghindari Risiko Kartu Tertelan atau Tertinggal

Salah satu masalah yang sering dialami nasabah bank adalah kartu yang tertinggal saat menarik uang di ATM. Ketika sedang terburu-buru dan antrian ramai, ada kemungkinan kita hanya mengambil uang dan lupa dengan kartunya.

Dengan begitu tarik tunai tanpa kartu sangatlah berguna untuk menghindari segala kemungkinan buruk. Untung kalau ada orang baik yang menyimpannya, kalau orang jahat? Uang Anda bisa saja dikuras habis.

3. Transaksi Lebih Mudah dan Cepat

Saat pertama kali menggunakan fitur transaksi tanpa kartu ATM CIMB Niaga, saya berpikir, “Lah kok mudah banget ya? Ngapa nggak dari dulu aja pakai cara ini!”. Selain mudah, transaksi bisa sat set sat set!

Semua proses berawal dari aplikasi OCTO Mobile, yang mana hanya perlu arahan sedernaha untuk mendapatkan Kode Referensi 6 digit.

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, fitur cardless ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi nasabah yang hendak menarik uang tunai. Terlebih, saat ini sedang marak penipuan dengan modus ganjal kartu ATM.

Jadi, itulah panduan lengkap tentang cara tarik uang tanpa kartu di ATM CIMB Niaga beserta keunggulannya. Semoga dengan artikel ini teman-teman lebih dimudahkan dalam bertransaksi, khususnya di bank CIMB Niaga.