5 Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot Agar Kembali Ngebut 2022

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot

Menjadi provider terbesar di Indonesia, tidak heran Telkomsel digunakan banyak orang. Walaupun demikian ada beberapa masalah yang dialami pengguna Telkomsel.

Salah satunya adalah jaringan Telkomsel yang tiba-tiba lemot. Tentunya hal ini sangat mengganggu, apalagi jika koneksi internet sedang sangat dibutuhkan saat itu.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, berikut ini ada beberapa cara mengatasi jaringan Telkomsel lemot agar cepat kembali normal.

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Lemot

1. Pindah Lokasi

Walaupun jaringan Telkomsel sangat luas, namun terkadang masih ada beberapa tempat yang membuat jaringan naik turun. Hal ini dapat terjadi karena adanya penghalang di tempat tersebut.

Misalnya sedang berada di dalam gedung bertingkat tinggi, berada di lokasi yang dekat dengan bangunan-bangunan tinggi dan lainnya.

Cara mengatasi jaringan Telkomsel lemot dapat dilakukan dengan pindah lokasi.

Anda bisa mencari lokasi yang lebih terbuka sehingga sinyal Telkomsel stabil dan internet lebih cepat. Misalnya, jika saat ini sedang di dalam gedung maka keluarlah ke basement.

2. Blokir Notifikasi yang Tidak Penting

Ketika memblokir notifikasi-notifikasi yang tidak penting dari berbagai aplikasi di ponsel akan membuat koneksi internet jauh lebih stabil.

Perlu diketahui bahwa semua notifikasi dari aplikasi pasti menggunakan data internet. Sehingga ketika notifikasi masuk dalam waktu bersamaan akan menjadikan beban pada jaringan Telkomsel tersebut.

Cara mengatasinya yaitu dengan nonaktifkan atau memblokir notifikasi dari aplikasi yang memang tidak penting. Khususnya aplikasi yang jarang sekali digunakan.

Untuk memblokir notifikasi, caranya adalah dengan menekan lama pada notifikasi yang muncul, kemudian pilih Blokir Notifikasi. Atau dapat pula dengan menggeser notifikasi, pilih Pengaturan dan tekan Blokir atau Hening.

3. Gunakan APN

Semua provider pasti memiliki APN jaringan. Setelan APN dapat diubah melalui pengaturan jaringan seluler. Dengan mengubah pengaturan jaringan menggunakan APN ini, terbukti dapat mempercepat koneksi internet.

Cara setting APN pengguna Android adalah dengan masuk menu Settings, pilih Mobile Network Setting, klik Access Point Names. Kemudian isi pengaturan APN yang baru.

Sedangkan untuk pengguna iOS, maka klik menu Settings, Cellular, kemudian klik Cellular Data Options dan isi pengaturan APN.

Untuk setting APN sendiri dapat dilihat dengan mencarinya di website, karena setiap provider pasti memiliki pengaturan APN yang berbeda-beda.

4. Hapus Aplikasi Tidak Penting dan Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Ketika pertama kali membeli ponsel, biasanya juga dibekali beberapa aplikasi yang sudah terinstall secara otomatis. Apabila aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet, maka jaringan akan lambat.

Maka dari itu, alangkah lebih baik untuk menghapus aplikasi yang tidak penting tersebut. Apabila tidak bisa dihapus, maka batasi penggunaan data seluler.

Selain aplikasi, beberapa fitur di ponsel juga menggunakan akses internet ketika diaktifkan. Mulai dari fitur sinkronisasi aplikasi, GPS dan lainnya.

Untuk membuat jaringan Telkomsel lebih cepat, maka matikan fitur tersebut ketika tidak digunakan.

5. Restart Ponsel dan Bersihkan Aplikasi

Jika sering menggunakan data seluler secara terus menerus, maka dapat mengakibatkan jaringan internet lemot. Untuk mengatasi hal ini maka ada dua hal yang wajib dicoba.

Pertama adalah dengan membersihkan aplikasi yang sedang berjalan sehingga sistem akan lebih ringan. Kemudian aktifkan mode pesawat sehingga jaringan menjadi fresh kembali.

Apabila cara tersebut masih belum maksimal, maka lakukan cara kedua yaitu restart atau muat ulang pada ponsel. Sehingga semua aplikasi yang sedang berjalan akan benar-benar berhenti.

Itulah cara mengatasi jaringan Telkomsel lemot dengan mudah. Apabila telah melakukan cara di atas namun masih ada masalah pada jaringan, maka segeralah hubungi call center Telkomsel, Asisten Virtual Telkomsel di sosial media, maupun mendatangi Grapari terdekat.