5 Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 2022

Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh

Beberapa orang sering bingung karena ruang penyimpanan di HP tiba-tiba penuh. Padahal tidak banyak aplikasi yang terpasang di dalamnya. Hal ini tentunya sangat menghambat berbagai macam aktivitas karena kinerja HP jadi sering ngelag.

Selain itu, tak jarang hp nge-freeze saat membuka aplikasi ataupun main game. Masalah ini bisa dibilang sangat umum dan pernah dialami semua pengguna Android.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka pengguna perlu mengetahui beberapa alasan kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit. Agar paham, simak ulasan berikut sampai tuntas, ya!

Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

1. Ukuran Aplikasi Besar

Salah satu penyebab kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit adalah karena ukuran aplikasi yang terpasang memang besar.

Walaupun jumlah aplikasi yang terpasang hanya sedikit namun jika semua aplikasi tersebut memiliki ukuran yang besar maka dapat menghabiskan memori penyimpanan internal.

Sebagai contoh jika kapasitas penyimpanan 16 GB, kemudian ada 8 aplikasi yang terinstal dengan ukuran masing-masing 2 GB.

Maka, bukan tidak mungkin memori penyimpanan langsung penuh. Apalagi, kapasitas penyimpanan tersebut juga masih terpotong sistem bawaan dari HP itu sendiri.

2. Aplikasi Bawaan Sangat Banyak

Seperti yang sudah diketahui bahwa sistem bawaan HP juga dapat memakan sebagian ruang penyimpanan. Setiap kali aplikasi bawaan tersebut melakukan pembaruan, maka otomatis ukuran aplikasi juga semakin besar.

Ada dua macam aplikasi bawaan HP yaitu sistem operasi dan bloatware dari pihak pengembang. Kedua tipe ini bisa memenuhi ruang penyimpanan walaupun aplikasi ini tidak pernah digunakan sama sekali.

3. Sisa Data dan Aplikasi yang Sudah Dihapus Sebelumnya

Ketika menghapus aplikasi yang ada di dalam HP, maka data sebenarnya juga masih tertinggal di perangkat. Mulai dari gambar, konten unduhan maupun file pengaturan.

Jika sisa data ini tidak dikelola dengan baik, maka dapat memenuhi ruang penyimpanan pada HP. Apalagi hal ini tidak mudah terdeteksi begitu saja.

Untuk mengatasi hal ini maka perlu menghapus folder aplikasi tersebut melalui File Manager. Proses penghapusan ini harus dilakukan satu persatu. Namun jika ingin menghapus secara sekaligus, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. File Cache, Thumbnail, dan Cadangan Menumpuk

Semua aplikasi yang berjalan membutuhkan beberapa data yang memiliki ukuran file besar. Mulai dari file cache, thumbnail, maupun cadangan. Walaupun file ini berguna, faktanya dapat membuat ruang penyimpanan cepat penuh.

Sebagai contoh, penggunaan WhatsApp yang selalu melakukan pencadangan baik memori internal maupun ke Google Drive. Terkait hal ini, perlu diketahui bahwa setiap perangkat memiliki ukuran cadangan yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan file cache maupun thumbnailnya. Sehingga apabila tidak dilakukan pembersihan secara berkala, maka dapat menjadi sebab terjadinya masalah seperti memakan kapasitas penyimpanan.

5. File Foto dan Video Banyak

Ketika sering mengambil foto dan video, maka ruang kosong yang ada dalam HP bisa semakin sempit. Walaupun aplikasi yang digunakan sedikit. Apalagi jika foto dan video yang diambil memiliki resolusi tinggi, maka ukuran file akan sangat besar.

Apabila berkas-berkas ini tidak segera dipindahkan, maka memori penyimpanan akan cepat penuh.

Apalagi jika beberapa aplikasi sosial media mengunduh berkas dan langsung tersimpan ke dalam perangkat. Ketika kejadian ini dibiarkan begitu saja, maka HP tidak mampu menampung file tersebut.

Biasanya terjadi pada penggunaan WhatsApp. Jika ingin mengatasinya, maka perlu pengaturan pada aplikasi tersebut seperti menonaktifkan pengunduhan media otomatis.

Itulah alasan kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit yang terpasang di perangkat. Pada dasarnya harus diingat, memori penyimpanan adalah elemen yang sangat penting dalam HP yang berpengaruh pada kinerja keseluruhan.

Maka dari itu, sangat penting memperhatikan penyebab ruang penyimpanan mudah penuh. Dengan mengetahui indikasinya, maka pengguna HP bisa lebih mengantisipasi permasalahannya, hingga perangkat dapat dipakai secara optimal!