Cara Kerja KoinWorks untuk Mudahkan Peminjaman Dana P2P Lending 2022

Cara Kerja KoinWorks

Ada banyak orang yang belum mengenal cara kerja KoinWorks. Padahal, aplikasi ini dapat mempermudah aktivitas investasi penggunanya. Terutama pada sistem P2P Lending, atau yang biasa dikenal dengan Peer to Peer Lending.

Sistem ini merupakan sebuah jaringan keuangan dimana si pemilik dana akan dipertemukan dengan orang yang membutuhkan pinjaman. Pinjaman yang terjadi hanya di antara dua pihak secara langsung.

Dua pihak ini tidak harus bertemu secara langsung dan dapat dihubungkan melalui jaringan internet. KoinWorks adalah platform yang menyediakan layanan untuk mempertemukan dua pihak di atas.

Cara Kerja KoinWorks P2P Lending

Nah, bagi Anda yang belum tahu seperti apa cara kerjanya, berikut adalah rangkuman cara meminjamkan dana di KoinWorks:

1. Download dan Daftar pada Aplikasi

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meminjamkan dana di KoinWorks adalah memiliki akun di aplikasinya. Karena itu, pengguna harus mendownload dulu aplikasi KoinWorks sesuai dengan toko aplikasi di sistem operasi perangkat.

Begitu membuka aplikasi KoinWorks, pengguna akan langsung diminta login atau mendaftar akun baru. Pengguna bisa memilih akun personal jika memang mewakili individu atau aku bisnis jika mewakili suatu perusahaan atau usaha tertentu.

Pengguna bisa mendaftar dengan email maupun konfirmasi dengan menggunakan nomor telepon. Namun, akan lebih ideal bagi pengguna untuk menggunakan kedua informasi tersebut untuk keamanan yang ganda.

2. Memilih Koin P2P

Cara kerja KoinWorks selanjutnya adalah memilih Koin P2P yang tersedia. Bentuk pinjaman di KoinWorks ini berbentuk koin dengan jumlah tertentu. Jadi, pengguna bisa memilih koin P2P mana yang ingin digunakan.

Untuk menyalurkan koin ini mendanai suatu usaha atau memberikannya pada peminjam. Pengguna bisa memilihnya di menu MarketPlace. Ada berbagai sistem P2P yang bisa menjadi tujuan pendanaan pengguna aplikasi ini.

3. Memilih Jenis Peminjaman yang Diinginkan

KoinWorks menyediakan berbagai jenis pinjaman yang bisa dipilih. Jadi, pengguna bisa menentukan sendiri pihak mana yang ingin didanai dengan uang pinjamannya. Pengguna juga bisa melihat profil peminjam dan potensi keuntungannya dalam meminjamkan.

Setelah itu pengguna bisa langsung mengklik ‘Add to Chart’ pada jenis peminjaman yang diinginkan. Pengguna juga bisa melihat terlebih dahulu detail dari peminjam dengan mengklik nama peminjam yang ada pada kolom.

4. Lanjutkan Dengan Proses Checkout

Setelah memasukkan jenis pinjaman yang diinginkan. Pengguna bisa langsung melanjutkan proses dengan checkout. Pengguna bisa melakukan checkout melalui menu Shopping Cart yang ada di bagian bawah sebelah kanan pada layar aplikasi.

Pilih metode pembayaran yang tersedia sesuai dengan akses pembayaran yang dimiliki oleh pengguna. Ada berbagai akses pembayaran yang bisa digunakan oleh para pengguna. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir.

Pengguna bisa menyelesaikan pembayaran mulai dari cara transfer antar bank, menggunakan virtual account, sampai memanfaatkan e-wallet yang sudah bekerjasama dengan KoinWorks.

5. Selesaikan Pembayaran

Setelah memilih akses pembayaran segera selesaikan pembayaran yang dipilih dalam rentang waktu yang ditentukan. Jika pembayaran dilakukan lewat dalam rentang waktu yang ditentukan, pembayaran bisa menjadi tidak valid atau ditolak.

Setelah membayar tunggu beberapa saat, sampai pengguna mendapatkan pemberitahuan pada aplikasi dan email. Pemberitahuan yang masuk menandakan proses pembayaran yang dilakukan telah berhasil diselesaikan.

Itulah cara kerja KoinWorks untuk memberikan pinjaman P2P Lending. KoinWorks bisa menjadi platform terpercaya bagi pengguna yang ingin meminjamkan dananya dengan sistem P2P Lending.

Melalui sistem ini, pengguna bisa mendapatkan keuntungan dari memberikan pinjaman pada pihak yang membutuhkan. Dengan begitu, pihak peminjam maupun yang meminjam bisa sama-sama diuntungkan.