5 Cara Mengatasi Saldo GoPay Tidak Masuk Setelah Top Up 2022

saldo gopay tidak masuk

Bagi pengguna GoPay, pasti tidak asing dengan istilah isi saldo GoPay. Ada kalanya, dimana saat pengisian saldo ini tidak masuk. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Umumnya, pengisian saldo GoPay bisa dilakukan dengan beberapa opsi. Melalui ATM, m-Banking, atau minimarket. Karena satu dan lain hal, misalnya gangguan jaringan, proses pengisian saldo bisa terhambat.

Lantas, bagaimana cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk tersebut? Berikut akan dijelaskan secara lebih lanjut dengan beberapa langkah mudah.

Kenapa Saldo GoPay Tidak Masuk?

Permasalahan saldo tidak masuk dianggap hal yang biasa. Pasalnya, pihak GoPay telah menjelaskan terkait hal ini serta menerangkan penyebab gagalnya top up. Berikut beberapa penyebab saldo GoPay tidak masuk:

  • Adanya gangguan jaringan atau sistem
  • Kesalahan dalam memasukkan nomor GoPay oleh pengguna
  • Melakukan top up di hari libur nasional
  • Adanya gangguan saat mengisi saldo GoPay di Alfamart

Disamping itu, masalah pemblokiran akun GoPay bisa saja terjadi karena melakukan transaksi dari aplikasi penghasil uang yang ilegal.

Cara Mengatasi Saldo GoPay Tidak Masuk

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang disebabkan oleh beberapa hal di atas, Gojek memberikan kebijakan agar pengguna dapat menunggu maksimal 2x24 jam di hari kerja.

Berikut beberapa cara mengatasi saldo tidak masuk atau terjadi gangguan top up:

1. Cek Kembali Riwayat Transaksi

Cara pertama, pengguna dapat melakukan cek bagian riwayat transaksi. Bagaimana caranya? Cukup mudah, yaitu dengan masuk ke aplikasi dan menuju ke bagian menu Riwayat. Karena terdapat kasus bahwa notifikasi pengisian saldo tidak masuk.

2. Cek Bukti Transfer

Kemudian, masukkan nomor yang dimasukkan adalah sudah tepat. Tujuannya yaitu agar memperoleh validasi bahwa proses transfer sudah dilakukan tetapi dana belum masuk. Bagaimana jika terdapat kesalahan? 

Meskipun kesalahan hanya 1 angka, kemungkinan refund akan kecil. Jadi, perlu mengecek kembali  nomor yang akan dilakukan top up baik di Alfamart, bank, atau lainnya supaya tidak terjadi kekeliruan data.

Di mana kemudian menyebabkan kekeliruan menyebabkan dana tidak masuk. Jadi, setiap transaksi pengguna diharapkan memeriksa sebanyak dua kali atau lebih.

3. Tunggu Selama 2x24 Jam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa maksimal menunggu saldo masuk adalah 2x24 jam. Apabila sudah menunggu 2x24 jam tetapi saldo belum masuk, langkah selanjutnya bisa dengan menghentikan paksa aplikasi Gojek.

Perlu diketahui bahwa waktu tunggu tidak termasuk pada hari libur nasional atau weekend. Untuk itu, perlu mengestimasi perkiraan saldo masuk. Sebagai contoh, saat pengguna top up di hari Jum’at, maka saldo paling lambat masuk di hari Senin.

4. Paksa Berhenti Aplikasi

Saat tiga cara yang sudah dijelaskan sudah dicoba, tetapi belum ada tanda-tanda saldo GoPay masuk. Maka cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghentikan secara paksa penggunaan aplikasi ini.

Lantas, bagaimana jika belum berhasil? Apabila diperlukan, pengguna dapat melakukan restart smartphone atau melakukan update aplikasi ke versi yang paling baru. Cara ini sebagai metode terakhir yang bisa dicoba oleh pengguna secara mandiri.

5. Pilih Layanan Hubungi Kami

Solusi yang paling terakhir untuk mengatasinya adalah dengan menghubungi customer service. Caranya yakni dengan memanfaatkan fitur “Hubungi Kami” yang tertera di laman aplikasi Gojek. 

Sebagai informasi, cara ini dapat dilakukan di tablet atau smartphone serta sudah melewati 2x24 jam.

Selain cara yang sudah dijelaskan di atas, pengguna juga bisa menghubungi call center Gojek melalui customer service@gojek.com atau +6221-5084-9000.

Demikian pembahasan seputar penyebab serta cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk. Permasalahan saldo GoPay tidak masuk bukan menjadi satu masalah yang besar. Sehingga jangan khawatir, dan jalankan cara di atas untuk mengatasi masalahnya! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2