5 Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Tidak Sempurna dengan Cepat dan Praktis

tinta printer epson tidak sempurna

Sebagai printer ternama, Epson memiliki produk yang berkualitas. Namun bukan berarti tidak pernah berkendala. Karena kadang, ada juga kasus hasil pencetakan Epson yang pudar. Sehingga pemilik tahu cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna tersebut.

Agar tidak bingung terkait hal ini, maka sebaiknya baca ulasan berikut dengan seksama. Lantaran di sini akan dibahas mengenai semua hal terkait cara mengoptimasi tampilan cetakan tinta Epson, di antaranya:

Cara Mengatasi Tinta Printer Epson Tidak Sempurna

1. Tingkatkan Kualitas Hasil Cetakan

Cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna pertama adalah dengan meningkatkan kualitas hasil print yang pudar. Hanya dengan mengaturnya pada menu Properties yang sudah tersedia pada windows milik pribadi.

Langkahnya cukup mudah, tekanlah pada keyboard Ctrl+P pada berkas yang ingin dicetak. Lalu cari pilihan Properties dan klik, kemudian lihatlah pada bagian Print Quality (tekan opsi High).

Berikutnya pilih OK agar perubahan tersimpan. Selanjutnya pencet Print untuk mencetak. Dengan begitu warna dari hasil cetakan bisa terlihat dengan jelas.

2. Periksa Kondisi Tinta Sebelum Mencetak

Apabila langkah awal belum berhasil, pemilik bisa melakukan pemeriksaan pada fitur yang berfungsi mengecek kondisi tinta atau biasa disebut Nozzle.

Komponen ini menjadi bagian penting dalam suatu hasil cetakan karena tugasnya dalam menginisiasi warna saat printing.

Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, yang pertama dilakukan yaitu hubungkan printer yang sudah terisi kertas (tray) dengan windows.

Selanjutnya buka berkas lalu pencet tombol Ctrl+P. Carilah Properties lalu Maintenance dan klik Nozzle Check.

Tahap berikutnya adalah menekan opsi Check Print Pattern dan tunggu hasilnya. Apakah sudah bagus atau belum? Biasanya Nozzle Check ini sering berhasil sebagai alternatif cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna.

3. Lakukan Penjernihan pada Printer

Penjernihan pada printer atau Deep Cleaning dilakukan ketika Nozzle Check tidak berfungsi. Alangkah baiknya berikan waktu sekitar 15 menit sebelum membersihkan printer.

Metodenya hampir mirip seperti langkah-langkah di atas.

Tahap awal yaitu membuka berkas yang ingin dicetak, lalu klik Ctrl+P dan Properties. Selanjutnya pilihlah opsi Maintenance dan Deep Cleaning, kemudian masuklah ke dalam menu All Colour dan tekan Execute.

Setelah itu, tunggulah sampai proses Deep Cleaning selesai (dalam hitungan menit). Jangan lupa mengecek kondisi tinta untuk melihat hasil cetakan sudah baik atau masih buruk.

4. Lakukan Maintenance pada Printer

Pemilik yang mempunyai waktu senggang bisa mencoba langkah yang satu ini agar katrid toner dapat berfungsi dengan baik. Sehingga, kualitas dari hasil cetakan akan bagus nantinya.

Serupa dengan tahap sebelumnya, setelah masuk ke jendela printer pemilik dapat mencari Properties dan menu Maintenance. Selanjutnya klik opsi Cleaning lalu All Colours dan Execute.

Jika sudah, katrid akan mampu menghasilkan warna pada tinta dengan jelas. Sehingga cetakan menjadi sempurna, dan pengguna bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam kebutuhan.

5. Bersihkan Kartrid

Jika keempat langkah sebelumnya tidak berhasil juga, pemilik bisa membersihkan kartrid yang terdapat pada printer.

Gunakanlah air hangat agar mudah menghilangkan bekas tinta yang menggumpal, yang dapat menyebabkan hasil printing kurang bagus.

Sebelum merendam katrid, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu air hangat dan kain sebagai penyeka. Selanjutnya, lakukanlah perendaman dengan waktu 6 sampai 10 menit untuk memastikan gumpalan tinta menghilang.

Setelah merendam, angkat katrid dan seka bagian yang masih basah dengan kain secara lembut.

Jika sudah mengering pasang kembali di printer dan pastikan seperti posisi semula. Lalu lakukanlah pengecekan apakah hasil cetakan normal atau belum.

Bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan cara mengatasi warna tinta printer Epson tidak sempurna di atas? Sebaiknya lakukan langkah-langkah yang tadi disebutkan dengan cermat, agar hasilnya pun optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2