Cara Mematikan Centang Biru dan Menyembunyikan Terakhir Dilihat di Whatsapp

Cara Mematikan Centang Biru dan Menyembunyikan Terakhir Dilihat di Whatsapp

Ketika menggunakan Whatsapp atau WA, pengguna bisa lebih menjaga privasi dengan berbagai layanan yang disediakan. Yakni salah satunya dengan cara mematikan centang biru pada WA dan menyembunyikan fitur terakhir dilihat. 

Meskipun tindakan ini menimbulkan pro dan kontra, namun fitur ini cukup berguna bagi sebagian pengguna yang tidak ingin aktivitasnya diketahui orang lain.

Akan tetapi, meski penting, masih ada saja yang belum mengetahui detail bagaimana cara mematikan centang biru pada WA dan menyembunyikan fitur terakhir dilihat. Karena itulah maka, ulasan ini sengaja dihadirkan. Jadi, baca dengan seksama, ya!

Cara Mematikan Centang Biru pada WA

Membahas centang biru, merupakan fitur yang diberikan oleh WA sebagai tanda pesan yang dikirimkan sudah dibaca oleh sang penerima. Mungkin tidak ada yang aneh dengan fitur ini, namun bagi yang ingin menonaktifkannya, WA memberikan privasi sepenuhnya.

Sebagai informasi, fitur tersebut berada di bagian privasi aplikasi WA. Untuk mematikan centang biru, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah yang diterangkan di bawah ini:

1. Bukalah WA

Langkah pertama untuk mematikan centang biru adalah membuka aplikasi WA yang sudah dimiliki. Setelah aplikasi terbuka, akan muncul tampilan awal di bagian perpesanan atau chat yang masuk.

2. Buka Pengaturan

Pada bagian atas, terdapat tombol titik tiga. Pilih tombol tersebut dan klik menu Setelan. Setelah itu, akan muncul tampilan yang berisi pilihan Akun, Chat, Notifikasi, dan lain-lain. Pastikan sudah ada di langkah ini untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Klik Akun

Cara mematikan centang biru pada WA yang ketiga adalah klik Akun. Pada bagian ini akan muncul tampilan pengaturan akun, seperti Privasi, Keamanan, Verifikasi Dua Langkah, dan lain-lain. Selanjutnya pilih opsi Privasi.

4. Hapus Centang Laporan Dibaca

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah hapus centang yang ada di bagian bertuliskan Laporan Dibaca. Setelah langkah ini dilakukan, maka pengaturan WA berhasil. Pengguna tidak akan mengirim atau menerima laporan dibaca.

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya berlaku pada chat pribadi atau antar kontak WA. Untuk pesan yang dikirimkan di chat grup maka akan tetap mendapat laporan dibaca. Hal ini dapat menjadi pertimbangan saat ingin menonaktifkan fitur ini.

Cara Menyembunyikan Fitur Terakhir Dilihat di WA

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, untuk menyembunyikan fitur terakhir dilihat juga bisa dilakukan dengan mengunjungi bagian Setelan. Fitur yang disebut Last Seen ini bermanfaat agar waktu terakhir menggunakan WA tidak terdeteksi. Berikut penjelasannya:

1. Buka Aplikasi WA

Pertama, pengguna harus buka aplikasi WA di perangkat masing-masing  terlebih dahulu. Sama seperti sebelumnya, langkahnya menuju ke bagian Setelan dengan memilih tombol titik tiga yang muncul di bagian layar tampilan WA.

2. Klik Menu Bertuliskan Setelan

Setelah mengklik titik tiga tersebut, akan muncul beberapa pilihan menu. Lalu, klik Setelan untuk menuju ke tampilan pengaturan akun dan aplikasi.

3. Pilih Opsi Akun

Cara menyembunyikan fitur terakhir dilihat berikutnya adalah dengan memilih opsi Akun yang terdapat pada bagian paling atas. Setelah diklik, maka akan muncul tampilan pengaturan akun.

Seperti Privasi, Keamanan, Verifikasi Dua Langkah, dan lain-lain. Pengguna harus memperhatikan menu-menu tersebut, kemudian, pilih opsi Privasi.

4. Klik Bagian Terakhir Dilihat

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah mengklik bagian Terakhir Dilihat. Kemudian, pilih Tidak Ada untuk menyembunyikan terakhir dilihat di WA. Setelah langkah ini dilakukan, maka proses selesai. Pengguna berhasil menyembunyikan tampilan terakhir dilihat.

Demikianlah uraian cara mematikan centang biru pada WA dan menyembunyikan fitur terakhir dilihat. Cara ini bisa dilakukan bagi pengguna yang tidak ingin mengirim atau menerima notifikasi centang biru sebagai tanda pesan dibaca, agar lebih privat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2