5 Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam yang Bisa Dicoba 2021

hp panas baterai tanam

Panas berlebih atau biasa dikenal dengan istilah overheat memang jadi masalah umum yang sering dialami pengguna baterai tanam. Tapi sebenarnya ada cara mengatasi HP panas baterai tanam yang bisa dicoba untuk menangani masalah tersebut.

Cara ini ampuh diterapkan sebelum panasnya HP memicu kerusakan lebih serius, seperti hang, lemot, hingga kondisi baterai bocor.

Untuk itu, agar terhindar dari masalah tersebut, simak baik-baik setiap ulasan beserta langkah yang jadi solusi dari cara mengatasi HP panas baterai tanam di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam

1. Pasang Aplikasi Seperlunya

Terlalu banyaknya aplikasi yang digunakan biasanya akan membuat proses kelola di dalam sistem HP akan mengalami kerja keras.

Dari hal tersebut tentu membuat perangkat di dalamnya mengalami overheat meskipun sudah dibekali sistem pendingin yang mumpuni.

Tapi bagi pengguna, panas tersebut biasanya agak mengganggu kenyamanan saat digunakan, apalagi untuk bermain game maupun dalam penggunaan sehari-hari.

Untuk itu cara mengatasi HP panas baterai tanam yang pertama bisa pasang aplikasi seperlunya saja.

Tentu dampak dari langkah ini akan cukup banyak sebab mengurangi jumlah aplikasi yang dikelola oleh HP. Hingga pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih sedikit dari biasanya, kemudian panas juga berkurang cukup banyak serta performa kembali lancar.

2. Pakai Baterai Orisinil

Penggunaan baterai tanam bagi HP saat ini memang sudah jadi sebuah teknologi biasa yang sudah diterapkan merek manapun.

Tapi terkadang, pada baterai tanam yang sudah mengalami kerusakan akibat panas berlebih maupun masalah lain lebih baik langsung ganti.

Dan penggantiannya pun harus dijalankan oleh orang yang sudah mahir dengan cara bawa ke servis terdekat.

Untuk pemilihan baterainya juga harus gunakan barang orisinil jangan sembarangan, sebab sangat berpengaruh ke perangkat bagian dalam lainnya pada HP.

Meski harga yang dijual biasanya lebih mahal jika dibandingkan merek sembarangan lainnya, tapi efek jangka panjang serta manfaatnya lebih baik.

Selain itu, pasti akan diberikan sebuah garansi berjangka waktu yang cukup panjang jika membeli barang orisinil.

3. Charge Sesuai Aturan

HP yang sudah penuh baterainya lebih baik dicabut saja dari kabel pengisian, sebab jika tidak dihentikan akan menimbulkan panas.

Apalagi jika sudah lama penuh, tentu bisa menimbulkan masalah lebih banyak, baik itu dalam jangka pendek maupun panjangnya.

Meski secara umum, semua HP keluaran terbaru sudah memiliki fitur Auto Cut Off tapi tetap saja sebagai pengguna haruslah berjaga-jaga.

Terutama untuk segala barang elektronik yang dimiliki, sebab sangat rawan sekali terjadinya korsleting dengan listrik saat dipakai.

Selain itu, jangan gunakan untuk aktivitas multitasking jika sedang melakukan pengisian baterai sebab sangat rawan sekali mengalami panas berlebih.

Kecuali pada beberapa jenis HP yang sudah memiliki fitur lebih, misalnya dari seri android gaming.

4. Pakai Cas Asli

Penggunaan charger atau lebih dikenal oleh masyarakat cas juga sangat berpengaruh pada tingkat panas berlebih yang dihasilkan oleh HP.

Penyebab paling jelasnya karena suplai yang dihasilkan oleh cas orisinil lebih sesuai dari pada jenis cas KW biasa yang lebih murah.

Selain itu tegangan listrik yang dihasilkan juga berbeda pula. Sehingga perangkat harus menyesuaikan kembali dengan alat pengisian.

Hal ini akan menyebabkan kerja berlebih hingga menimbulkan panas serta waktu pengisian yang tidak sesuai biasanya.

5. Jangan Terlalu Lama Main Game

Penggunaan terlalu lama pada saat bermain game tentu akan menimbulkan panas yang berlebih. Terutama jika perangkat tidak menyediakan pendingin, seperti yang ada pada seri perangkat khusus untuk gaming. Sehingga perlu pembatasan saat memakainya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi HP panas baterai tanam yang bisa dicoba. Sebelum memutuskan untuk melakukan penanganan, maka pastikan terlebih dahulu hal yang menjadi sumber masalahnya. Agar solusi pengatasan masalahnya tepat guna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2