6 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Paling Jitu 2022 (Semua Merk)

baterai hp cepat habis

Ada banyak yang mengeluh bahwa baterai HP cepat habis, bahkan ketika tidak digunakan pun banyak menguras daya baterai. Bingung, bagaimana cara mengatasi baterai HP cepat habis tersebut? Sebaiknya ikuti ulasan ini, karena jawabannya ada di sini!

Baterai cepat habis memang mengesalkan siapapun. Terlebih jika perangkat tersebut dipergunakan untuk kebutuhan inti seperti belajar ataupun bekerja.

Tentunya, pengguna harus segera menemukan cara yang tepat agar tidak kelabakan. Adapun cara mengatasi baterai hp cepat habis bisa disimak pada penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis 

1. Atur Kecerahan Layar atau Brightness

Semakin terang tingkat kecerahan layar, maka akan semakin terkuras banyak baterai HP. Yang harus dilakukan adalah dengan cara turunkan tingkat kecerahannya.

Gunakan kecerahan layar maksimal untuk pemakaian di tempat tertentu saja seperti outdoor.

Untuk di tempat yang outdoor boleh menaikkan tingkat kecerahan layar karena layar akan menjadi gelap ketika berada di luar. Turunkan juga tingkat kecerahan layar kembali ketika berada di tempat indoor.

2. Kurangi dalam Meng-install atau Penggunaan Aplikasi

Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi baterai HP cepat habis adalah dengan mengurangi install atau penggunaan aplikasi. Karena aplikasi yang dibuka ini cukup banyak menguras daya baterai HP. 

Terlebih lagi, ada jenis aplikasi yang menguras daya baterai HP tanpa pengguna membuka aplikasi tersebut.

Sehingga menutup atau menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, dan mengurangi dalam menginstall aplikasi baru adalah upaya tepat. 

3. Rawat Baterai

Dengan merawat baterai HP, juga akan mengatasi daya baterai cepat habis. Caranya yaitu dengan menggunakan sistem 10-90.

Maksudnya adalah dengan membiarkan HP charge hingga mencapai 90% dan baterai HP tidak kurang dari 10%. 

Artinya jika baterai HP sudah memasuki 10% maka langsung charge, karena dengan begitu akan menjaga baterai tahan lama. Demikian pula ketika pengisian, usahakan segera cabut ketika menyentuh angka 90%. 

Lantaran, jika baterai HP original bawaan pabrik sudah rusak, maka sulit mencari penggantinya.

Kalaupun ada, harganya mahal sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan awal untuk menghindari hal buruk ini terjadi.

4. Jalankan Power Saving Mode

Cara mengatasi baterai hp cepat habis berikutnya yaitu dengan pengaktifan power saving. Tiap hp kini telah dilengkapi power saving mode.

Tujuan adanya power saving mode adalah untuk menghemat daya baterai.

Dengan memasang mode ini mampu mempertahankan daya baterai pada hp. Biasanya mode ini muncul ketika daya baterai hp sudah memasuki 10%, maka dari itu orang akan menggunakan mode ini ketika daya baterai lemah.

5. Lakukan Pembersihan Cache

Cara yang akurat berikutnya adalah dengan melakukan pembersihan cache. Karena cache cukup berpengaruh besar dalam menyedot daya baterai Hp. 

Semisal cache berada pada Google Play, maka Google Play akan terus bekerja dan menyedot daya baterai.

Sehingga membersihkannya melalui aplikasi terkait adalah upaya yang akan memberikan pengaruh secara maksimal.

6. Lakukan Pengaktifan Mode Airplane Ketika Sinyal Buruk

Rekomendasi yang terakhir dalam cara mengatasi baterai HP cepat habis ini adalah aktifkan mode airplane. Tujuannya untuk merefresh fungsi HP agar optimal dan tidak menyedot banyak baterai. 

Ada kasus di mana orang kadang lupa daerahnya sulit terjangkau oleh sinyal HP, ataupun tengah berada di lokasi yang merupakan blind-spot atau lokasi yang tinggi. Padahal itu bisa menghambat sinyal dan membuat baterai tersedot. 

Ketika hal itu sudah diketahui, maka segera aktifkan mode airplane sebelum baterai HP telah terkuras banyak.

Karena HP yang terus berusaha untuk mendapatkan sinyal membuat mesin bekerja lebih banyak, dan bisa panas. Lalu berakibat daya baterai jadi terkuras.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai HP cepat habis berdasarkan indikasi permasalahan. Pastikan untuk mengetahui indikasi penyebab tersebut secara detail. Agar penanganannya tepat dan memberikan hasil yang akurat.