6 Perbedaan Ruangguru vs Quipper, Mana yang Lebih Bagus?

perbedaan ruangguru vs quipper

Ruangguru dan Quipper adalah dua platform bimbel online yang paling populer di Indonesia. Namun masalahnya, masing-masing menawarkan fitur dan layanan berbeda, sehingga pengguna merasa bingung menentukan mana yang paling bagus.

Nah, kalau kamu bimbang dengan dua platform ini, pada ulasan berikut kami akan menjelaskan beberapa perbedaan Ruangguru vs Quipper beserta kelebihan dan kekurangannya yang dapat jadi bahan pertimbangkan untuk memilih.

Perbedaan Ruangguru vs Quipper

Ruangguru didirikan pada tahun 2014 oleh seorang anak muda bernama Belva Devara. Bisa dibilang Ruangguru termasuk platform pertama yang menawarkan bimbingan belajar dalam bentuk digital. Sehingga tak heran layanannya sangat lengkap dan ekslusif.

Sedangkan Quipper didirikan di London pada tahun 2010. Namun, Quipper baru masuk ke Indonesia di awal 2014. Sejak awal kemunculannya, Quipper mengklaim telah berhasil meluluskan semua pengguna dengan persentase 72% nilai tertinggi di UN.

Berdasarkan review pengguna, masing-masing menawarkan fitur dan materi yang bermanfaat. Tapi, kalau ditanya lebih bagus mana Ruangguru vs Quipper, tentu kita harus membuat perbandingan dari beberapa sektor.

1. Kurikulum Pendidikan

Kurikulum yang ditawarkan Ruangguru dan Quipper tak jauh berbeda, yakni KTSP, K-13, dan K-13 Revisi. Perbedaan paling mencolok ada di paket SD, Ruangguru menambahkan kurikulum K-13 Revisi Tematik, sementara Quipper tidak ada.

2. Jumlah Mata Pelajaran

Selanjutnya, untuk menentukan lebih bagus Ruangguru atau Quipper, kita harus melihat dari mata pelajaran yang ditawarkan. Ruangguru menyediakan mapel untuk murid SD hingga SMA, sedangkan Quipper hanya SMP dan SMA saja.

Namun, jumlah mata pelajaran di Quipper sedikit lebih lengkap. Khusus di kelas 12 ada mapel Bahasa Inggris Peminatan bagi pengguna yang tertarik menguasai bahasa Inggris.

3. Video Pembelajaran

Ketika belajar online, pelajaran akan lebih mudah dipahami jika dijelaskan dalam bentuk video. Untungnya, Ruangguru memiliki fitur tersebut. Dimana pengguna bisa memahami materi yang dipadukan dengan animasi menarik.

Sebagai kompetitor Ruangguru, tentunya Quipper juga menghadirkan fitur visualisasi pembelajaran ke dalam video. Namun sayangnya, Quipper masih kurang lengkap dalam menyampaikan materi, sehingga terkadang kita harus mengulang videonya.

4. Fitur dan Tampilan Aplikasi

Berdasarkan testimoni Quipper dan Ruangguru di Google Play, rata-rata pengguna merasa puasa dengan tampilan aplikasi dari keduanya. Sebab, masing-masing dibekali UI dan UX sederhana yang ringan dan menarik untuk dilihat.

Kalau di bagian fitur, Quipper dan Ruangguru menawarkan fitur yang tak jauh berbeda, seperti latihan soal, pembahasan materi, catatan, video pembelajaran, dan fitur penunjang lain yang dapat diakses dengan mudah.

5. Biaya Belajar

Untuk biaya, Quipper menyediakan Paket Insentif SMP dan SMA dengan harga mulai dari Rp690.000 – Rp1.390.000. Sedangkan Ruangguru ada Paket RuangBelajar yang biayanya Rp800.000 – Rp1.875.000 untuk SD, SMP, dan SMA.

Dengan biaya yang sedikit lebih mahal, apakah Ruangguru worth it dicoba? Tentu saja. Tapi, pastikan kamu memilih sesuai kebutuhan, karena Quipper juga tak kalah bagus dari segi layanan.

6. Opsi Trial

Kalau masih bingung menentukan lebih bagus Ruangguru atau Quipper, sebaiknya manfaatkan opsi trial terlebih dahulu. Setelah mencoba semua fitur dan layanan dari keduanya, silahkan pilih platform belajar online yang sesuai keinginanmu.

Namun, opsi trial-nya sangat berbeda, Ruangguru berlaku di seluruh cabang Brain Academy untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Sementara Quipper hanya menyediakan free trial  atau demo khusus materi SMA saja.

Adapun kelebihan Ruangguru yang harus kalian ketahui di antaranya:

1. Pilihan paket lebih lengkap, bahkan ada materi khusus STAN
2. Ada paket langganan 1 bulan
3. Fitur lebih beragam, ada Ruang Belajar, Ruang Les, Ruang Kelas, hingga Ruang Uji
4. Materi lebih lengkap, mulai dari SD, SMP, SMA, UN, dan SBMPTN
5. Aplikasi dapat diakses smartphone Android dan iPhone

Sementara kelebihan Quipper dibanding Ruangguru adalah:

1. Materi khusus untuk SMP kelas 9 dan SMA kelas 12 yang ingin melanjutkan ke PTN
2. Paket belajar Quipper sudah termasuk materi SMP, SMA, UN, SBMPTN, dan Try Out
3. Materi sangat lengkap dengan pembahasan yang lebih mendalam
4. Ada tips sederhana agar mudah menyelesaikan soal-soal UN
5. Di paket tertentu harga lebih mudah dibanding Ruangguru

Kesimpulan

Meskipun saat ini kegiatan belajar mengajar tengah diliburkan, namun minat untuk menuntut ilmu harus tetap ada. Terlebih, perkembangan teknologi memudahkan kita untuk mengakses pelajaran melalui internet.

Nah, setelah mengetahui perbedaan serta kelebihan dan kekurangan Ruangguru vs Quipper, sudah dapat kesimpulan mana yang lebih bagus? Jangan sampai salah pilih, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel