8 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

cara mengatasi internet Indosat lemot

Sebagai salah satu provider paling populer di Indonesia, tak jarang internet Indosat lemot atau bahkan error. Sebenarnya ini bukan hal baru, saya sendiri sering kesal ketika sedang asyik browsing tiba-tiba internet tidak bisa digunakan.

Dibanding provider lain, Indosat memang menawarkan beragam pilihan paket internet dengan harga sangat murah. Bahkan, ada Paket Yellow kuota 1GB yang bisa dibeli mulai dari Rp2 ribu.

Di sisi lain, terdapat kekurangan Indosat yang sering dikeluhkan pengguna. Selain koneksi lambat, internet juga sering bermasalah. KAlau kamu sedang mengalaminya, simak cara mengatasi internet Indosat lemot atau error beserta penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Internet Indosat Lemot

Sebenarnya, Indosat termasuk salah satu provider dengan kecepatan internet di atas rata-rata, terutama di daerah perkotaan. Bahkan, untuk mengakses website atau Youtube, kecepatannya mencapai 15Mbps.

Tapi, yang namanya provider umum, tentu ada hal yang menjadi penyebab internet Indosat lemot. Apa saja? Berikut beberapa poinnya.

1. FUP atau batas pemakaian kuota wajar sudah habis
2. Kondisi jaringan sedang gangguan karena hujan atau petir
3. Perangkat sedang bermasalah atau tidak mendukung
4. Salah setting jaringan
5. Masuk mode Pulsa Safe

Selain lima poin di atas, lokasi Anda saat ini juga berpengaruh. Pasalnya, ada daerah yang masih belum support jaringan Indosat dengan baik. Mungkin Anda berada di desa atau wilayah yang jauh dar kota.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot

Tapi, tak perlu khawatir jika Anda mengalami masalah ini. Ada beberapa cara mengatasi internet Indosat lemot yang bisa dicoba. Metode ini saya rangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman pribadi sebagai pengguna kartu Indosat IM3.

1. Mengaktifkan Flight Mode

Solusi pertama untuk mengatasi jaringan internet Indosat lemot adalah dengan mengaktifkan mode penerbangan. Tujuan melakukan metode ini agar sistem memulai kembali koneksi jaringan dari awal, atau istilah lainnya reconnecting.

Secara umum, cara ini bukan hanya untuk kartu Indosat saja, semua provider kalau mengalami masalah pada jaringan, pastikan Anda mengaktifkan flight mode sebelum mencoba cara lain.

Setelah mode penerbangan aktif, tunggu hingga 1-2 menit, setelah itu nonaktifkan kembali. Biasanya kalau masalah tidak terlalu serius, jaringan akan kembali normal.

2. Menyesuaikan APN Indosat

Solusi selanjutnya coba sesuaikan APN Indosat di perangkat Anda. Pasalnya, pengaturan APN di tiap provider berbeda. Jadi, Anda harus menggantinya agar koneksi lebih kencang. Default Indosat adalah indosatgprs, Anda bisa menggantinya dengan:

Name: Indosat Super Internet
APN: indosatgprs
Proxy: 10.19.19.19
Port: 8080
Username: indosat
Password: indosat
MMS proxy: -
MMS port: -
MCC: 510
MNC: 01
Authentication type: None
APN type: default,supl
APN protocol: IPV4
APN roaming protocol: IPV4

Itu merupakan APN Indosat yang saya gunakan saat ini dan terbukti membuat koneksi jadi lebih kencang. Baca juga daftar APN Indosat terbaru kalau Anda ingin tahu APN selain penjelasan di atas.

3. Ganti Mode Jaringan

Di pengaturan hp, ada beberapa opsi yang tersedia untuk mengatur jaringan, mulai dari 3G only, 3G/2G, dan 4G LTE (otomatis). Jika saat ini internet Indosat lemot, coba ganti mode tersebut satu per satu sampai jaringan kembali normal.

Metode ini dimaksudkan agar koneksi internet dapat mengikuti kondisi di tempat Anda. Karena masing-masing daerah sinyalnya berbeda.

Langkah-langkahnya tinggal masuk ke Pengaturan, lalu masuk ke Jaringan Seluler, dan pilih mode jaringan LTE/3G/2G atau 3G only.

4. Restart Android atau iPhone

Ada kemungkinan penyebab internet Indosat lemot karena jaringan sedang gangguan. Saya pernah mengalami masalah ini dan yang saya lakukan adalah me-restart perangkat Android. Setelah itu, biasanya koneksi internet bakalan ngebut.

5. Istirahatkan Perangkat

Kalau Anda sudah menggunakan hp terlalu lama, besar kemungkinan berpengaruh pada kinerja sistem dan jaringan. Terutama kondisi hp yang panas. Untuk itu, cara mengatas kartu Indosat tidak bisa internet atau lemot bisa dengan mengistirahatkan perangkat.

Solusi ini juga berlaku untuk laptop maupun PC yang menggunakan modem atau WiFi. Intinya, jika terjadi masalah pada jaringan, coba istirahatkan beberapa menit.

6. Hapus Cache dan History Browser

Sinyal Indosat penuh tapi internet lemot? Coba hapus cache dan history browser. Karena cache browser yang penuh dapat menyebabkan internet lemot atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Jika sudah dihapus, coba restart perangkat dan hubungkan kembali internetnya.

7. Gunakan Perangkat Lain

Metode selanjutnya untuk cara mengatasi internet Indosat yang lemot adalah menggunakan perangkat lain. Karena ada kemungkinan hp yang Anda gunakan tidak support dengan jaringan 4G LTE, sehingga kuota tidak bisa digunakan.

Pinjam hp teman atau keluarga, dan pindahkan kartu Indosat Anda. Coba buka Youtube atau Instagram. Kalau bisa, berarti benar perangkat Anda tidak mendukung jaringan 4G.

8. Hubungi CS Indosat via Twitter

Sama halnya seperti ulasan tentang cara mengatasi kartu Tri tidak bisa internetan, solusi agar internet Indosat kembali kencang bisa dengan menghubungi CS Indosat via Twitter. Yaps, saya sering menerapkan cara ini dan ditanggapi baik oleh CS.

Kenapa harus Twitter? Karena CS di sana lebih responsif dan mau menanggapi keluhan pengguna meskipun sudah tengah malam.

Kesimpulan

Jadi, kalau aktivitas browsing terganggu karena jaringan lemot, ada banyak hal yang menyebabkan masalah tersebut. Tapi tak perlu khawatir, karena 8 metode di atas bisa Anda coba karena sudah terbukti berhasil.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi internet Indosat lemot yang bisa Anda coba. Berdasarkan pengalaman selama menggunakan kartu Indosat, jaringan memang sering error atau lambat. Silahkan terapkan opsi di atas sampai kembali normal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel