Tips dan Penjelasan Chips Bench Boost, Triple Captain, Free Hit, Wildcard di FPL

Penjelasan Bench Boost, Triple Captain, Free Hit, Wildcard di FPL dan Tips Menggunakannya

Setelah sebelumnya membahas pemain terbaik di Fantasy Premier League, kali ini saya akan coba menjelaskan apa itu Bench Boost, Triple Captain, Free Hit, dan Wildcard yang sering disalahgunakan oleh pemain pemula.

Pada dasarnya, empat hal tersebut biasa disebut chips dengan fungsi yang berbeda. Di awal musim atau ketika membuat akun FPL baru setiap manager akan diberikan masing-masing satu chips (Wildcard 2).

Tapi, pada kenyataannya banyak yang keliru dan asal pakai saja. Padahal, jika dipakai dengan tepat kita bisa mendapatkan banyak poin, bahkan berpotensi masuk highest level.

Nah, oleh karena itu di artikel ini saya akan memberikan sedikit "wejangan" berdasarkan pengalaman setelah melalui musim pertama yang sangat buruk. Yaps, dari beberapa gameweek saya hanya mendapatkan paling tinggi 90 poin.

Berikut adalah penjelasan chips Fantasy Premier League dan tips menggunakannya:

1. Bench Boost

Jika sedang membutuhkan banyak poin untuk mengejar peringkat di liga atau mengalahkan lawan di Cup, Bench Boost bisa dipakai. Tapi, waktu paling tepat untuk menggunakan chips ini adalah ketika memasuki DGW.

Double gameweek atau DGW adalah situasi dimana beberapa klub bermain 2 kali dalam satu pekan, seperti di musim 2020/2021 yang dilaksakan pada GW ke 19.

Dengan menggunakan Bench Boost, poin pemain cadangan juga akan dihitung. Jadi, strategi yang paling masuk akal adalah memilih pemain dari klub yang bermain 2 kali.

Selain itu, jika ingin menggunakan Bench Boost, maka Free Hit atau Wildcard juga wajib digunakan agar tidak mengalami poin minus.

Karena Bench Boost hanya bisa digunakan satu kali, sebaiknya gunakan dengan bijak agar poin yang didapat bisa lebih optimal.

2. Triple Captain

Triple Captain adalah chips yang berfungsi untuk melipat gandakan poin pemain. Jadi, kalau Anda memilih Bruno Fernandes sebagai kapten, maka poinnya akan dikali tiga. Misal, poin Bruno 20, kalau pakai Triple Captain maka poinnya jadi 60.

Sama seperti chips sebelumnya, penggunaan Triple Captain disarankan saat tim bermain dua kali dalam seminggu. Tapi, berbeda dengan Bench Boost, Anda harus lebih jeli dalam menggunakan chips ini.

Pilih pemain yang berpotensi mendulang banyak poin. Tapi, ya, sekali lagi, Fantasy Premier League adalah permainan yang mengandalkan keberuntungan. Pemain yang memiliki poin total paling tinggi pun belum tentu bisa “gacor”.

3. Free Hit

Free Hit merupakan chips yang memungkinkan Anda untuk mengubah formasi skuad tanpa batas dalam 1 gameweek. Jadi, Anda bisa transfer pemain sesuka hati tanpa dikenakan “biaya” transfer (1 transfer minus 4 poin).

Dalam artian sederhana, pemain tersebut tidak akan permanen dan di gameweek berikutnya formasi sebelumnya akan kembali lagi seperti semula.

Beberapa tips menggunakan chips Free Hit yang perlu diperhatikan adalah:

1. Digunakan saat blank gameweek atau DGW
2. Pilih pemain yang benar-benar punya potensi mendulang banyak poin
3. Jangan memilih pemain yang sering dirotasi

4. Wildcard

Wildcard sendiri adalah chips yang berfungsi untuk mengganti semua skuad yang ada secara permanen dan tidak akan dikenakan pengurangan poin.

Penggunaan Wildcard yang bijak akan membantu Anda untuk mendapatkan poin maksimal jika tahu celah dan strategi bermain FPL. Biasanya, Wildcard digunakan ketika blank GW atau double GW.

Berbeda dari chips lainnya, dalam satu musim manager akan diberikan dua Wildcard. Pertama dalam durasi GW 1-16 dan kedua dari GW 17 sampai akhir musim.

Jadi, kalau Anda tak menggunakannya hingga GW 16, maka chips tersebut akan hangus dan akan diberikan kembali di putaran kedua.

FAQ

1. Apa fungsi Wildcard di FPL?
Jawab: Untuk mengganti seluruh pemain secara permanen tanpa dikenakan minus poin. Anda bisa mengganti susunan pemain sesuai kebutuhan. Wildcard diberikan dua kali dalam satu musim.

2. Apa beda Free Hit dan Wildcard?
Jawab: Free Hit adalah chips untuk transfer pemain tanpa batas tapi  hanya berlaku untuk satu gameweek alias tidak permanen. Wildcard transfer pemain tanpa batas yang sifatnya permanen dan berlaku untuk gameweek selanjutnya sampai akhir musim.

3. Apa itu Bench Boost?
Jawab: Bench Boost adalah poin yang diraih oleh pemain cadangan akan ditambahkan ke total poin. Dalam satu musim, Bench Boost hanya bisa digunakan satu kali.

4. Apa fungsi Free Hit di FPL?
Jawab: Free Hit adalah chips FPL yang berfungsi untuk membebaskan manager mengganti formasi skuad dalam satu gameweek tanpa mengurangi poin.

5. Apa sih Fantasy Premier League?
Jawab: FPL atau Fantasy Premier League adalah permainan strategi yang dikembangkan oleh Liga Premier Inggris. Semua masyarakat di seluruh dunia bisa bermain secara gratis dan akan diberi modal £100 juta untuk memilih 15 pemain terbaik.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat tentang tips dan penjelasan chips Bench Boost, Triple Captain, Free Hit, Wildcard di FPL atau Fantasy Premier League. Jika ada pertanyaan tambahan, silahkan tulis di komentar. Salam panah hijau!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel