8 Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir [100% Work]

cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir

Apa jadinya kalau masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir? Wah, pastinya pekerjaan jadi terhambat ya, belum lagi ada deadline yang harus segera diselesaikan. Biasanya masalah ini sering terjadi pada printer merk Epson (seperti yang saya alami).

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jangan risau, karena ini bukanlah masalah besar karena dengan melakukan beberapa langkah mudah, printer Anda akan kembali normal.

Seperti yang kita tahu, printer memiliki beberapa komponen seperti cartridge, tinta, dan tinta residu yang dilengkapi dengan busa penyerap.

Fungsi dari busa printer adalah untuk menampung tetesan tinda yang terbuang atau tidak terpakai.


Sedikit gambaran, saat terjadi head cleaning, kita tak akan melihat ada tinta yang menetes, kan? Sebenarnya tinta tersebut diserap oleh busa penyerap yang berada di dalam tank penampungan.

Ketika busa dan tank penampung tersebut sudah penuh, maka secara otomatis sistem printer akan memberikan sinyal “waste ink full”.

Nah, agar tidak bingung, berikut adalah cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir di Epson atau merk lainnya yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Notif Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir

Jika di layar komputer Anda ada notifikasi yang telah disebutkan di atas, itu berarti sudah saatnya busa dan tank penampungan tinta printer dibersihkan. Bagaimana cara membersihkan pembuangan tinta? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pertama dan yang paling utama, persiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan. Di sini Anda akan membutuhkan ember, air hangat, dan obeng bunga atau obeng plus.

1. Lepaskan dulu semua kabel printer, taruh printer di lantai yang sudah diberi alas koran

2. Selanjutnya buka baut tank pembuangan yang letaknya di bagian belakang printer, di samping colokan kabel

3. Lalu posisikan printer dengan baik, yang menurut Anda paling nyaman, kemudian angkat penutup bantalan printer dan juga bantalannya yang sudah full dengan tinta

4. Lepaskan busa atau bantalan dari sarangnya, kalau tidak bisa dibuka jangan dipaksa, berarti printer Anda memang dirancang seperti itu

5. Langkah berikutnya rendam busa di air hangat selama beberapa menit

6. Setelah itu bilas busa beserta sarangnya dengan menggunakan air biasa, cuci hingga benar-benar bersih

7. Terakhir jemur di bawah sinar matahari atau bisa juga dikeringkan dengan kipas sate

8. Jika sudah kering, pasang kembali bantalan dan penutup, pastikan posisinya sesuai dengan yang di awal

Mungkin saat menghidupkannya Anda akan menemukan masalah lain, yakni lampu berkedip atau blinking. Lagi-lagi, jangan khawatir, ini hal yang wajar setelah busa printer dicuci. Anda hanya perlu melakukan reset printer.

Cara reset printer setelah dibersihkan bantalannya, baik Epson, Canon, HP, maupun Fuji adalah sama saja. Yakni menggunakan software reset printer. Kalau tidak punya, Anda bisa mengunduhnya di situs yang tersedia di Google.


Jadi, kalau anda menemukan masalah seperti yang dijelaskan di atas, tak perlu khawatir karena itu merupakan hal yang biasa terjadi saat printer terlalu sering digunakan.

Sepertinya ulasan tentang cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir atau waste ink full sudah dijelaskan semuanya. Jika ada kendala dalam menerapkan cara di atas, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel