5 Tips Membeli Mobil Bekas dari Ahli Otomotif yang Wajib Dipahami

tips beli mobil bekas

Normanardik.com - Bagi Anda yang berencana membeli mobil bekas, ada baiknya mengikuti beberapa tips membeli mobil bekas agar tidak kecewa setelah membeli mobil. Ada perbedaan yang sangat besar ketika Anda memilih mobil baru dan memilih mobil bekas.

Pada saat memilih mobil baru, Anda tidak perlu mempertimbangkan kondisi mesin karena pabrik sudah memberikan garansi. Namun, hal ini tidak berlaku ketika memilih mobil bekas. Anda harus memeriksa semua poin mulai dari yang umum hingga hal-hal detail.

Meskipun lebih sulit dan memiliki tantangan tersendiri, namun harga mobil bekas yang jauh lebih murah dibandingkan mobil baru masih menjadi poin utama yang dipertimbangkan para pembeli.


Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut ini tersedia tips beli mobil bekas untuk pemula yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih Jenis Mobil yang Paling Tepat

Sebelum membeli mobil bekas, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah jenis mobil apa yang ingin dibeli. Dalam menentukan jenis mobil, Anda sebaiknya memahami kebutuhan pribadi dan keluarga. Sesuaikan jenis mobil yang akan dibeli dengan kebutuhan.

Bila Anda memilih jenis mobil dengan tepat, harga yang dibayarkan tidak akan terbuang sia-sia. Berikut ini beberapa jenis mobil yang termasuk langkah awal dalam membeli mobil bekas di showroom ataupun dari pihak perorangan.

a. SUV

mobil bekas tips beli untuk pemula

SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil berkapasitas besar, bahkan hingga 7 orang. Mobil jenis ini menawarkan fitur yang sangat handal pada suspensi dan kemampuannya menjelajah medan yang cukup berat.

Kendaraan dengan jenis SUV sangat cocok dipilih bila Anda memiliki keluarga besar. Bukan hanya yang berkapasitas besar saja, namun juga kendaraan yang handal untuk menembus medan yang berat.

b. Mini SUV

Jenis selanjutnya adalah Mini SUV. Seperti namanya, jenis kendaraan ini masih tergolong dalam kendaraan SUV. Hanya saja, kapasitas penumpang yang ditawarkan lebih sedikit dibandingkan dengan kendaraan tipe SUV.

Mobil Mini SUV bisa dipilih bagi Anda yang membutuhkan mobil untuk menembus medan yang berat, namun dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit, yaitu sekitar 4 - 5 orang saja.

c. MPV

Bagi Anda yang sedang mencari mobil keluarga yang nyaman untuk digunakan di dalam kota serta hemat bahan bakar, maka jenis mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan pilihan yang paling tepat.

MPV memiliki kapasitas hingga 7 orang dan sangat cocok untuk digunakan oleh keluarga. Tidak hanya itu, mobil MPV memiliki fitur-fitur kenyamanan dan kelebihan untuk menghemat bahan bakar.

d. Hatchback

hatchback mobil bekas

Bila Anda membutuhkan mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun nyaman untuk digunakan bersama keluarga dan memiliki bentuk unik, maka mobil dengan jenis Hatchback bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan.

Mobil jenis Hatchback memiliki kapasitas sekitar 4 - 5 orang. Bentuknya yang unik membuat mobil ini nyaman digunakan di jalan dalam kota maupun luar kota. Perawatannya juga cukup mudah sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk melakukan perawatan.

e. Sedan

Sudah menjadi rahasia umum bila Sedan merupakan salah satu jenis kendaraan mewah yang tidak pernah hilang dimakan zaman. Sedan cocok untuk Anda yang membutuhkan mobil mewah dengan kapasitas yang tidak banyak.

Mobil Sedan juga memiliki fitur kenyamanan yang dijamin bisa memanjakan para penumpangnya. Bila Anda membutuhkan mobil yang nyaman dan cukup untuk 2 - 4 orang, maka Sedan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Langkah pertama dalam memilih mobil bekas harus dilakukan dengan menentukan jenis mobil yang tepat. Dari jenis mobil tersebut, Anda bisa menentukan budget dan kondisi mobil seperti apa yang diinginkan.

2. Mobil dengan Angka Kilometer Rendah

tips membeli mobil bekas

Setelah mengetahui jenis mobil apa yang akan dipilih, ada langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan sebagai salah satu tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu. Cara tersebut adalah dengan melihat odometer pada mobil tersebut.

Odometer akan menunjukkan berapa kilometer yang telah ditempuh oleh mobil tersebut. Akan lebih baik bila Anda memilih mobil yang memiliki jarak tempuh yang masih rendah. Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan apakah mesin mobil masih dalam keadaan baik.

3. Pilih Mobil dengan Garansi Perawatan

tips membeli mobil bekas terbaik

Kini membeli mobil tidak harus dilakukan secara offline. Bila Anda sedang mencari mobil bekas, Anda juga bisa menemukan banyak informasi dari berbagai platform media sosial atau situs jual beli online. Dalam hal ini, tidak ada salahnya untuk memastikan garansi perawatan mobil tersebut.

Cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu tips beli mobil bekas online yang bisa membantu Anda menentukan apakah mobil yang akan dibeli memiliki kondisi baik dan dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

Mobil bekas perusahaan biasanya memiliki tingkat perawatan yang lebih terjamin karena biasanya perusahaan selalu melakukan servis rutin untuk semua kendaraan. Salah satu tips membeli mobil bekas perusahaan adalah melihat tempat servis mobil tersebut.

Bila tempat servis mobil merupakan dealer resmi, maka bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut selalu memberikan perawatan terbaik untuk mobilnya. Pastikan Anda juga telah membandingkan harganya dengan harga mobil baru sehingga tidak kecewa saat membeli.

4. Jangan Ragu untuk Melakukan Test Drive

tips beli mobil bekas berkualitas

Sebagai konsumen, tentu merupakan hal yang sangat wajah bila Anda ingin mencoba mobil sebelum dibeli. Hal ini juga sangat berlaku ketika Anda ingin membeli mobil bekas. Jangan merasa sungkan untuk mencoba mobil atau sekedar melakukan test drive.

Test drive menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam mencoba mobil bekas. Berbeda dengan mobil baru yang memiliki standar khusus dalam hal permesinan, mobil bekas cenderung memiliki keadaan yang berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda harus sangat selektif.

Bila terdapat permasalahan atau keanehan yang belum disebutkan oleh pemilik mobil, jangan ragu untuk menanyakannya. Selain itu, Anda juga bisa meminta garansi perbaikan bila dalam jangka waktu tertentu terjadi kerusakan pada mobil tersebut.

5. Persiapkan 3 Alternatif Tipe atau Brand Mobil

Dalam mencari jenis dan tipe mobil bekas terbaik, Anda bisa mempersiapkan 3 alternatif tipe mobil yang bisa dipilih. Dalam memilih jenis atau tipe tersebut, Anda bisa menyesuaikannya dengan mobil bekas yang Anda temukan di pasaran.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas memiliki kondisi yang berbeda-beda. Sebagai konsumen cerdas, Anda harus fleksibel dan menentukan beberapa alternatif pilihan berdasarkan kondisi mobil bekas yang Anda dapatkan.

Sebagai konsumen, Anda memiliki hak penuh untuk mendapatkan barang dengan kondisi terbaik. Kualitas prima dan harga yang terbaik menjadi poin utama yang paling dicari oleh para konsumen. Terapkan beberapa tips membeli mobil bekas supaya Anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan harapan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel