Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Bogor, Wahana dan Alamat Lengkap

harga tiket masuk hutan pinus bogor

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Bogor 
- Bogor selain menyajikan udara yang segar juga menjanjikan pemandangan yang indah. Berwisata ke Bogor menjadi pilihan tepat untuk menjernihkan pikiran yang penat. Salah satu dari banyak tempat menarik di Bogor adalah Hutan Pinus Bogor.

Tapi jika nama tersebut kurang familiar, orang-orang juga biasa menyebutnya dengan Hutan Pinus Sentul Gunung Pancar karena letaknya yang berada di kawasan konservasi Gunung Pancar. Di sini, Anda akan disuguhi oleh jajaran pohon pinus yang jumlahnya sangat banyak.

Objek wisata alam yang berada di tengah-tengah hutan biasanya menjadi tempat liburan pilihan keluarga ataupun rombongan teman kerja.

Di sini selain bisa menikmati pohon pinus, pengunjung akan merasakan pemandangan dari ketinggian Gunung Pancar yang mampu memanjakan mata.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sejuknya alam dan pemandangan indah, tapi dompet lagi tipis, tak perlu khawatir karena pengelola tak membebankan biaya masuk yang besar.

Namun Anda juga perlu waspada dengan oknum nakal yang seenaknya memeras pengunjung dengan harga tiket masuk wahana yang tidak wajar. Jadi sebelum melakukan kegiatan di sini, pastikan tanya-tanya terlebih dahulu.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Bogor

harga tiket masuk hutan pinus bogor

Harga tiket masuk hutan pinus Bogor ini sangatlah murah dan terjangkau, yaitu Rp 5.000,- untuk hari biasa dan Rp 7.000,- untuk weekend atau akhir pekan.

Namun, untuk WNA atau turis asing harga tiketnya jelas berbeda, pengelola memasang tarif masuk Rp 100.000,- untuk hari biasa. Dan ssaat weekend tiket akan dibanderol dengan harga Rp 150.000,-.

Sedangkan untuk tarif parkir, pengelola memukul rata tarif parkir mulai Rp 10.000 untuk mobil di hari biasa, dan Rp 15.000 di akhir pekan.

Meskipun perbedaannya sangat jauh hingga berkali-kali lipat, hal ini dilakukan sebagai kompensasi untuk turis dalam negeri dan juga sebagai bentuk pembelajaran warisan milik bangsa.

Perbedaan harga tiket wisata ini bukan hanya ada di Indonesia, di luar negeri tempat wisata seperti Angkor Wat juga melakukan hal yang serupa.

Jika Anda sudah memutuskan untuk mengunjungi Hutan Pinus Bogor, harga tiket yang tertera hanya untuk tiket masuk saja, lain hal jika Anda ingin menikmati wahana yang ada. Harus bayar lagi.

Wahana Hutan Pinus Bogor

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata alam Bogor ini. Wahana dan fasilitasnya pun sangat memadai, mulai dari toilet, tempat makan, mushola, dan lain sebagainya.

1. Flora dan Fauna di Hutan Pinus Bogor

Di hutan pinus ini selain bisa mendapatkan udara yang segar, Anda akan disuguhi dengan beragam jenis pohon selain pinus yang dikelola oleh PT Wana Wisata Indah. Contohnya rotan, pohon rasamala, jamuju, saninten, dan puspa.

Jika beruntung Anda juga bisa melihat berbagai burung seperti kutilang, elang, dan jalak. Selain burung, Anda juga bisa menemukan primata seperti owa, surili, kera, dan jelarang.

2. Bersantai di Bawah Rindangnya Pohon Pinus

Dengan harga tiket masuk Hutan Pinus Bogor yang terjangkau, Anda bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di bawah pohon rindang. Kalau enggan membawa tikar dari rumah, Anda bisa menyewa dari warga sekitar. Tapi jangan lupa bawa bekal makannya, ya!

harga tiket masuk hutan pinus bogor 1

Dengan bersantai di bawah pohon pinus yang rindang akan menambahkan quality time bersama keluarga dengan meningkatkan intensitas kedekatan hubungan.

3. Outbound atau Gathering

Karena kawasannya yang masih sangat asri, tidak sedikit pengunjung yang mengadakan outbound atau gathering di sini. Penyelenggara pun memfasilitasi kegiatan ini dengan archery, paintball, dan pilihan lainnya yang dijamin mengasyikkan.

4. Camping

Ingin merasakan sensasi berkemah dengan nuansa hutan asli? Di sini juga bisa karena pengelola telah menyediakan camping ground yang luas dan nyaman untuk digunakan. Cukup dengan membayar tiket Rp 10.000 Anda sudah bisa camping di tengah hutan pinus Bogor.

5. Trekking di Gunung Pancar

Bagi yang suka dengan aktivitas trekking juga bisa melakukannya di sini dengan jalur bebatuan yang terjal dengan pemandangan alam asri Gunung Pancar.

Tapi sebelum mencobanya pastikan kondisi kendaraan Anda sedang dalam kondisi prima. Karena andai terjadi sesuatu yang tak diinginkan, tentunya akan membuat liburan Anda tak lagi menyenangkan.

Perlu diperhatikan, harga tiket masuk Hutan Pinus Bogor tidak termasuk trekking. Ada tiket khusus yang diberlakukan oleh pengelola.

6. Spot Foto

Jangan salah ya, karena banyak pasangan datang kesini untuk melakukan photoshoot prewedding. Dengan latar belakang pohon pinus yang berjajar makin menambahkan kesan alami.

Adapun spot foto Hutan Pinus Bogor yang wajib Anda coba antara lain hammock/tempat tidur gantung, kebun teh, anyaman rotan yang berbentuk sarang burung, kebun teh, hingga gardu pandang dengan bentuk yang beragam.

7. Mandi Uap Panas

Badan pegal-pegal dan ingin merasakan sensasi mandi uap panas? Jika ya, Anda bisa merogoh saku Rp 10.000,- saja untuk menikmati pemandian uap panas yang disediakan penyelenggara.

Tenang, laki-laki dan perempuan sudah disediakan tempatnya masing-masing agar lebih private. Sumber uapnya sendiri berasal dari sumber mata air alami yang ada di kawasan hutan pinus.

8. Fasilitas Pendukung

Jangan khawatirkan perutmu. Di sini ada kafe yang cukup terkenal yaitu Ameera Coffe yang citarasa kopi racikannya bakal bikin Anda ketagihan.

Selain itu ada pula resor dan SPA Giri Tirta yang juga menyediakan pemandian air panas.

Jam Buka & Alamat Hutan Pinus Bogor

Hutan Pinus Sentul Bogor ini buka selama 24 jam. Sebaiknya berkunjunglah pada hari biasa karena di akhir pekan intensitas pengunjung melonjak naik.

harga tiket masuk hutan pinus bogor 2

Buat Anda yang ingin menjajal sensasi hutan pinus ini, bisa datang ke Desa Karang Tengah di Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Meskipun berada di ketinggian 300 hingga 800 mdpl dan memiliki kemiringan hingga 40 derajat, hutan ini rutenya tidak terlalu sulit.

Jika masih ragu, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Google Maps sebagai panduan menuju ke rute Hutan Pinus Bogor ini.

Kesimpulan

Selain sebagai daerah yang menjadi tempat persinggahan Presiden, daerah yang memiliki julukan kota hujan dan kota seribu angkot ini juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sedikit tips buat Anda yang ingin liburan ke Hutan Pinus Bogor, pastikan kondisi badan sedang fit dan jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang tebal dan peralatan P3K.

Sekian informasi lengkap dari objek wisata Bogor ini mulai dari harga tiket masuk Hutan Pinus Bogor, alamat, fasilitas, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel