Ayat Seribu Dinar: Bacaan, Arti, dan Keutamaan

Ayat Seribu Dinar – Tak ada orang yang tak mau hidup dalam kelimpahan rezeki, tapi kadang ada yang salah mengambil jalan dan mempercayai hal-hal tak baik hanya demi uang banyak.

Padahal dalam Al-quran terdapat ayat seribu dinar yang berdasarkan berbagai riwayat sahih merupakan ayat yang membantu manusia untuk lebih mudah meraih rezeki di jalan Allah SWT.

Ayat ini terdapat pada surat At-Talaq, tepatnya di akhir ayat kedua dan lanjut ke seluruh ayat ketiganya.

Dinamakan seribu dinar karena memang banyak manfaat ketika rajin membacanya, bahkan  banyak kisah orang-orang yang dilimpahi rezeki usai menerapkan pembacaan ayat ini dalam kehidupan sehari-hari.


Bacaan dan Arti Ayat Seribu Dinar

Untuk Anda yang ingin tahu ayat seribu dinar dan terjemahannya, berikut ini informasi lengkapnya.

Bacaan
"Wa mayyattaqillaha yaj’allahuu makhrajaa. Wa yarzuqhu minhaitsu laa yakhtasib, wa mayyatawakkallahi fahuwa hasbuhu. Innallaha baa lighu amrihii. Qad ja’alallahu likulli syay in qadraa"

Arti
“Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan membuka jalan keluar untuknya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) mereka. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu”

Keutamaan Ayat Seribu Dinar

Kalau Anda menerapkan bacaan ayat ini, mungkin akan memiliki kisah nyata ayat seribu dinar dan merasakan keutamaannya seperti orang-orang yang sudah menerapkannya lebih dulu.

Anda tak boleh musyrik dan menjadikannya sebagai alasan mencari uang, sebab hasil dari ikhtiar tetap Allah SWT yang menentukan.

1. Allah SWT Semakin Sayang

Orang yang suka berdoa akan lebih dicintai oleh Allah SWT, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan HR. Tirmidzi  tentang murka Allah kepada umat yang tak meminta kepada-Nya.

2. Lebih Taqwa Kepada Allah SWT

Bentuk ketakwaan kepada Allah diperlihatkan dengan berbuat hanya untuk mengharapkeridhoan Allah. Salah satunya dengan membaca doa dan memohon ampunan. Salah satu doa yang bisa diucapkan adalah ayat seribu dinar. Seperti terdapat dalam surat Al-An’am ayat 162 hingga 163.

3. Allah SWT Akan Memberikan Rezeki Pada yang Dia Kehendaki

Dalam surat Ghafir ayat ke-60 Allah SWT menegaskan bahwa umat manusia disuruh berdoa kepadaNya dan Allah akan mengabulkannya. Bagi orang yang memiliki sifat sombong ditambah pula tidak beriman kepada Allah SWT, akan dipastikan nanti mereka akan masuk neraka dalam kondisi hinanya.

4. Banyak Doa Banyak Kemudahan

Semakin banyak Anda berdoa maka semakin banyak kemudahan yang akan didapatkan. Maka perbanyaklah doa salah satunya adalah melalui ayat yang disebut seribu dinar, agar kelebihan ayat seribu dinar bisa dirasakan dalam kehidupan.

Waktu Terbaik Membaca Ayat Seribu Dinar

Untuk mendapatkan manfaat ayat seribu dinar sesuai kehendak Allah SWT, Anda bisa membacanya pada waktu-waktu utama yang disarankan.

Ketika Sahur di Bulan Ramadhan

Berdasarkan beberapa riwayat sahih disebutkan bahwa saat sahur adalah salah satu saat terbaik untuk berdoa kepada Allah SWT. Karena saat itu Allah akan mengabulkan doa hamba yang dikehendakinya, dengan turun ke langit dunia.


Sebelum Berangkat Beraktivitas atau Kerja

Doa ini bisa dibaca sebagai cara memotivasi diri agar bisa bekerja dengan lebih baik, jangan lupa untuk berdoa agar semua aktivitas diberi kelancaran dan berkah hingga selesai di akhir hari.

Ketika Bermasalah Keuangan

Masalah keuangan kadang membuat orang kalut dan berbuat yang tidak baik, untuk mencegah hal itu dekatkanlah diri kepada Allah SWT, salah satunya dengan membaca doa dan beribadah lebih sering. Sehingga hati lebih kuat dan tenang menjalani cobaan tersebut.

Usai Shalat Subuh

Waktu ini juga disarankan untuk membaca doa, salah satunya ayat seribu dinar. Karena selain pikiran masih segar juga akan memberi dampak positif bagi pikiran.

Usai Shalat Tahajud

Membaca doa setelah shalat tahajud juga sangat dianjurkan, karena Allah SWT akan mengabulkan doa di malam hari bagi siapa saja yang diinginkanNya.

Itulah makna penting dari ayat seribu dinar yang akan menambah wawasan Anda, bahwa untuk mencapai keridhaan Allah SWT dan kemurahan rezeki tetap harus usaha dan berdoa hanya kepada Allah. Soal hasil akhirnya tetap Allah SWT yang menentukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel