Berapa Biaya Operasi Lasik Mata? Cek Prosedur dan Risikonya

Penyakit mata bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Pasalnya, mata merupakan anggota tubuh yang sangat penting untuk menopang kehidupan.

Ada banyak jenis penyakit mata yang umum terjadi secara medis. Penanganannya pun berbeda, seperti LASIK yang dilakukan untuk mengobati rabun jauh/dekat dan astigmatisma.

Secara lengkap artikel ini akan mengulas tentang apa itu LASIK, prosedur, dan biaya yang dibutuhkan. Penasaran? Yuk baca sampai selesai!

Biaya Operasi Lasik Mata
Image: inlandeye

Apa itu LASIK?

Teknologi terus berkembang dengan pesat di era yang semakin modern ini. Tak terkecuali dalam dunia medis atau kesehatan.

Salah satu terobosan teknologi dalam bidang kesehatan adalah operasi LASIK mata. Operasi ini membuat penglihatan kita lebih baik tanpa tergantung kacamata atau lensa kontak.

LASIK sendiri merupakan singkatan dari Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. Operasi LASIK dilakukan kepada pasien yang memiliki rabun jauh/dekat, kelainan refraksi, atau mata silinder.

Secara singkat, LASIK dilakukan dengan  membentuk kembali kornea. Kornea adalah bagian mata berbentuk bulat yang transparan atau jernih di bagian depan mata.

Namun, seperti halnya tindakan medis lain, operasi LASIK harus dipahami secara lebih detail. Mulai dari prosedur, biaya, dan risiko yang mungkin bisa terjadi.

Prosedur dan Risiko LASIK Mata

Sebelum memulai operasi LASIK, langkah pertama yang harus diambil adalah menjalani serangkaian pemeriksaan mata yang komprehensif untuk menentukan apakah kamu siap untuk operasi ini.

Selain itu, kamu juga diharuskan berkonsultasi dengan ahli bedah mata untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang prosedur yang akan dilakukan.

Saat hari operasi tiba, kamu mungkin akan merasakan gugup. Namun jangan khawatir, prosedur operasi LASIK mata relatif cepat dan nyaris tanpa rasa sakit.

Dokter akan menggunakan laser khusus untuk membentuk kornea, sehingga memperbaiki fokus cahaya yang masuk pada retina mata.

Setelah operasi selesai, perasaan tidak nyaman mungkin akan muncul. Biasanya disertai penglihatan kabur untuk sementara waktu. Namun, ini adalah bagian dari proses pemulihan.

Terakhir, setelah semua prosedur operasi LASIK mata selesai, dokter akan menyampaikan beberapa informasi penting. Seperti perawatan hingga obat yang digunakan untuk pemulihan.

Seperti halnya dengan setiap prosedur bedah, operasi LASIK juga memiliki risiko dan komplikasi yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Meskipun risiko-risiko ini relatif jarang terjadi, penting untuk menyadari kemungkinan efek samping seperti infeksi, kekeringan mata, atau penglihatan ganda.

Berapa Biaya Operasi LASIK Mata?

Operasi LASIK tidak selalu cocok untuk semua orang. Ada kriteria khusus yang harus dipenuhi agar seseorang dianggap siap untuk prosedur ini.

Biasanya, kandidat yang baik adalah berusia 18 tahun ke atas, memiliki masalah penglihatan yang stabil atau tidak dalam penyakit mata serius.

Bicara soal biaya operasi LASIK mata, mungkin bisa bervariasi tergantung tempat, tingkat masalah penglihatan, hingga teknologi dan reputasi dokter.

Dikutip dari KMN EyeCare, biaya yang harus dikeluarkan pasien untuk operasi LASIK mata sekitar belasan juta untuk satu mata atau Rp30 juta sepasang.

Lantas, apakah operasi LASIK mata ditanggung BPJS?

Sejauh ini tidak ada informasi spesifik yang menjelaskan BPJS menanggung operasi LASIK. BPJS hanya menanggung penyakit mata seperti mata silinder dan rabun jauh/dekat.

Meskipun biayanya terasa sangat mahal, banyak orang yang melihatnya sebagai investasi untuk memberikan kenyamanan dan kebebasan pada penglihatan.

Akhir Kata

Dengan semakin majunya teknologi dan prosedur medis, operasi LASIK mata telah membuka pintu untuk penglihatan yang lebih jernih dan bebas masalah bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap keputusan yang berkaitan dengan kesehatan mata harus dibuat setelah pemikiran matang dan konsultasi dengan profesional medis yang berkualifikasi.