7 Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate atau Pemula

Memulai perjalanan dari dunia akademis (kuliah maupun SMK) ke dunia profesional ibarat menyusuri lautan yang belum dipetakan. Bingung mau berlayar ke mana.

Lulusan baru sering kali dihadapkan dengan kegembiraan dan ketidakpastian. Transisi dari kehidupan pelajar ke dunia kerja merupakan sebuah lompatan besar yang penuh dengan tantangan.

Saat kamu memulai meniti karir sebagai profesional, ada banyak tips yang perlu dipahami agar cepat dapat kerja. Jadi, bukan hanya sekedar membuat surat lamaran kerja saja.

Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

Sebagai seorang fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikan, kita harus sadar diri bahwa pengalaman di dunia kerja masih nol.

Oleh karena itu, sebagai jenjang awal dalam meniti karir, kita harus mencari posisi terbaik sesuai dengan bidang yang dikuasai selama kuliah.

Di bawah ini ada beberapa cara cepat dapat kerja untuk fresh graduate:

1. Buat CV yang Menarik

CV kamu adalah kunci untuk masuk ke dalam dunia kerja. CV menunjukkan gambaran tentang pencapaian akademis, skill, dan pengalaman semasa kuliah.

Selain itu, kamu juga bisa menyoroti pengalaman lain seperti kursus, magang, maupun ekstrakurikuler. CV yang dibuat dengan baik akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

2. Surat Lamaran ala Profesional

Selanjutnya, surat lamaran juga wajib diperhatikan agar cepat dapat kerja. Ini bukan sekedar formalitas belaka, namun juga memberikan poin penting pada CV.

Satu hal yang tak boleh ketinggalan, dalam membuat surat lamaran kamu harus menyesuaikannya dengan jenis pekerjaan yang dituju.

Kamu tak perlu bingung cara membuat surat lamaran yang bagus, sekarang ada banyak situs CV ATS seperti SuratPlus dengan segudang fitur dan layanan profesional.

Bagi yang belum tahu, SuratPlus adalah sebuah situs yang menyajikan surat digital. Konsepnya, kita bisa membuat surat menggunakan template yang telah disediakan.

Di SuratPlus tersedia lebih dari 50 template untuk CV ATS, surat lamaran kerja fresh graduate, invoice, surat pengunduran diri, hingga riwayat hidup. 

Untuk membuat surat di situs ini, kamu hanya perlu mendaftar saja. Setelah berhasil membuat akun, tinggal pilih layanan yang tersedia di halaman website.

Selain menyediakan template surat, SuratPlus juga punya layanan menarik lain. Salah satunya Paket Bundling yang berisi tips-tips interview kerja dan pertanyaan umum seputar interview.

Sangat menarik, bukan? Jadi, kalau mau buat CV atau lamaran kerja, kamu tinggal akses suratplus.com dan pilih layanan sesuai keinginan.

3. Koneksi yang Baik

Dalam dunia kerja, kita harus membangun relasi atau koneksi yang luas. Ini akan memudahkan kita masuk ke dalam industri, khususnya yang menawarkan gaji besar.

Membangun koneksi di era digital terbilang sangat mudah. Kamu bisa bergabung di forum online, media sosial, ataupun platform seperti LinkedIn.

4. Jajaki Dunia Digital

Di era digital, profil media sosial sangat berpengaruh terhadap karir. Kita bisa memamerkan pencapaian, hingga membagikan konten terkait bidang yang dikuasai.

Sekarang banyak perusahaan mencari kandidat karyawan dengan memeriksa media sosial. Oleh karena itu, pastikan juga media sosial kamu bersih dari hal-hal toxic ataupun negatif.

5. Aktif di Platform Loker

Selanjutnya, tips dapat kerja untuk fresh graduate yang tak kalah penting adalah aktif di platform lowongan kerja. Bebas, mau di media sosial atau di website.

Bergabung di platform loker akan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, sekarang hampir semua perusahaan menyebar lowongan secara digital.

Kuantitas memang penting, namun kualitas tidak boleh dikesampingkan. Sebaiknya, lamar di posisi yang benar-benar sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

6. Asah Kemampuan Interview

Interview atau wawancara adalah momen yang menegangkan bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, mengasah skill interview sangat diperlukan.

Sebagai permulaan, kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin dengan bertanya dan menjawab pertanyaan tentang hal-hal yang umum ada saat interview.

Disamping itu, jangan lupakan bahasa tubuh dan isyarat nonverbal; pertahankan kontak mata, jabat tangan erat, dan pancarkan rasa percaya diri.

Ingat, wawancara bukan hanya sekedar menyampaikan kemampuan kamu, namun juga memikat hati perusahaan dengan jawaban yang mereka inginkan.

7. Ditolak? Coba Lagi

Proses pencarian kerja mungkin tak semudah yang dibayangkan. Pasti ada banyak penolakan, apalagi bagi pemula atau fresh graduate.

Daripada melihatnya sebagai hambatan, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran agar kedepannya semakin baik lagi.

Kembangkan pola pikir yang menerima tantangan, belajar dari kegagalan, dan beradaptasi dengan peluang baru. Ini tidak hanya membantu kita dalam mencari pekerjaan, tetapi juga menjadi aset berharga dalam karir.

Akhir Kata

Ketika sedang mencari pekerjaan, selalu ingat bahwa perjalanan sama pentingnya dengan tujuan. Ambil setiap langkah sebagai pembelajaran, tetap tangguh, dan jangan mudah menyerah.

Jadi, itulah beberapa cara cepat dapat kerja untuk fresh graduate atau pemula. Semoga bisa bukan hanya memudahkan kamu mendapatkan kerja, namun juga meniti karir impian. Selamat berjuang!