Ingin Sewa Apartemen? Ini 9 Biaya yang Wajib Disiapkan!

Kehidupan di Jakarta dan daerah penyangga sekitarnya mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam dua dekade terakhir. Dengan harga tanah yang semakin mahal dan gaya hidup modern yang menuntut kepraktisan dan serba ringkas, kini tinggal di hunian vertikal atau apartemen sudah menjadi hal yang sangat biasa.

Tinggal di apartemen memberi ruang pribadi yang lebih tinggi, fleksibilitas, gaya hidup modern, praktis dan ringkas untuk urusan maintenance. Disamping itu, lokasi strategis dari pusat kota, dan yang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan lebih murah dibanding rumah.

Jika lokasi strategis menjadi prioritas utama Anda, menyewa hunian vertikal seperti apartemen Bintaro merupakan pilihan terbaik. Anda juga akan mendapat banyak keuntungan dari menyewa apartemen di daerah penyangga Jakarta tersebut.

Pasalnya, Bintaro menawarkan banyak hunian vertikal dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda pilih. Selain itu, Bintaro juga memiliki akses terbuka ke pusat Jakarta dan berbagai wilayah penunjang lainnya, serta menyediakan fasilitas lengkap dan memadai di bidang pendidikan, kesehatan, pusat bisnis, pusat belanja dan kuliner, serta pusat hiburan dan rekreasi.

Biaya yang Wajib Disiapkan untuk Sewa Apartemen
rumah123.com

Biaya yang Wajib Disiapkan saat Sewa Apartemen

Saat sedang mempertimbangkan untuk menyewa di apartemen Bintaro, penting untuk memahami semua biaya yang akan Anda hadapi. Ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan ketika Anda menyewa apartemen, baik itu untuk sewa bulanan atau tahunan, atau pilihan apartemen fully furnished dan unfurnished.

Berikut ini daftar biaya-biaya yang wajib Anda siapkan sebelum menentukan apartemen yang akan Anda sewa.

1. Biaya Sewa

Biaya sewa adalah biaya pokok yang harus Anda bayarkan setiap bulan atau setiap tahun. Jumlahnya akan sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, fasilitas umum apartemen, dan fasilitas unit yang disewa.

Menyewa apartemen biasanya melalui agen properti dan tidak bisa langsung bertransaksi dengan pemilik unit. Pastikan untuk memahami perjanjian sewa dengan baik, termasuk kapan tenggat waktu dan bagaimana metode pembayarannya. 

2. Deposit

Biasanya, pemilik apartemen yang diwakili oleh agen properti akan meminta deposit keamanan. Deposit ini adalah uang yang harus Anda bayarkan di awal sewa sebagai jaminan bahwa Anda akan merawat apartemen dengan baik. Jika tidak ada kerusakan atau tunggakan sewa, deposit ini akan dikembalikan utuh ketika Anda pindah.

Namun jika terjadi kerusakan berdasarkan kontrak perjanjian sewa, maka uang deposit akan dipotong berdasarkan biaya perbaikan yang dibutuhkan, bahkan bisa saja Anda membayar lebih banyak untuk menambah biaya perbaikan tersebut.

3. Biaya Listrik, Air, dan Gas

Seperti halnya apartemen lain, menyewa unit di apartemen Bintaro juga menimbulkan biaya utilitas seperti listrik, air, dan gas untuk pemakaian harian Anda. Beberapa apartemen memasukkan biaya utilitas ke dalam biaya sewa bulanan atau tahunan, biasanya untuk unit kecil seperti tipe studio yang hanya dihuni 1 orang saja.

Sementara beberapa apartemen meminta biaya utilitas di luar biaya sewa, baik untuk tipe studio atau tipe family. Pastikan Anda memahami bagaimana cara dan di mana lokasi pembayaran biaya utilitas tersebut, serta apakah Anda perlu membuka akun utilitas sendiri.

4. Biaya Asuransi

Beberapa apartemen juga menetapkan biaya tambahan berupa biaya asuransi sewa yang wajib dibayar penyewa. Asuransi sewa bertujuan untuk melindungi properti dari kerusakan yang tidak disengaja atau kejadian lain yang mungkin terjadi selama Anda tinggal di apartemen tersebut. Biaya asuransi berbeda-beda berdasarkan luas unit, fasilitas, dan premi yang dipilih.

5. Biaya Pemeliharaan

Biaya pemeliharaan apartemen meliputi perbaikan dan pemeliharaan rutin. Anda mungkin perlu mengganti bola lampu, mengatasi masalah pada pemipaan, kabel tv, internet, atau membersihkan AC.

Pastikan Anda tahu apakah pemilik apartemen akan menanggung biaya ini atau Anda harus melakukannya sendiri. Biasanya akan disebutkan dalam kontrak perjanjian sewa.

6. Biaya Parkir

Beberapa lokasi apartemen Bintaro menyediakan tempat parkir gratis, sementara yang lain menetapkan biaya parkir untuk penghuninya. Periksa lebih cermat dalam kontrak perjanjian sewa Anda untuk memahami biaya parkir yang berlaku, berapa besarannya, dan bagaimana cara pembayarannya.

7. Biaya Keamanan

Setiap apartemen memiliki sistem keamanan yang ketat dan membutuhkan biaya tambahan untuk akses keamanan. Anda wajib membayar biaya keamanan selama tinggal di apartemen dengan sistem menggunakan kartu akses atau keanggotaan untuk mendapatkan fasilitas keamanan yang tersedia.

8. Biaya Pemutusan Kontrak

Jika Anda sewa apartemen dengan kontrak tahunan dan ingin pindah sebelum masa kontrak berakhir, Anda mungkin akan dikenakan biaya pemutusan kontrak. Biaya ini disebut juga sebagai biaya penalti dengan jumlah yang cukup besar, jadi penting untuk mempertimbangkan situasi Anda dengan hati-hati.

9. Biaya Pindahan

Ketika Anda pindah, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pindahan seperti biaya sewa truk pindahan, pembelian kardus, dan biaya pindah layanan utilitas.

Beberapa apartemen mungkin juga menetapkan biaya masuk dan keluar barang pindahan. Pastikan Anda menghitung biaya pindahan dengan cermat dan terperinci.

Menyewa unit di apartemen Bintaro merupakan keputusan yang baik untuk mendapatkan hunian sewa yang nyaman, berlokasi strategis, dan mendapatkan fasilitas lengkap.

Anda bisa menemukan apartemen pilihan dengan mudah di Rumah123.com, website khusus untuk kebutuhan jual, beli, dan sewa properti.

Melalui Rumah123.com, Anda bisa menentukan preferensi unit dan lokasi apartemen sewa yang diinginkan serta sesuai dengan dana yang Anda siapkan.

Tersedia unit yang sudah terisi perabobtan lengkap sehingga Anda tidak perlu repot membawa banyak barang-barang sendiri atau unit yang kosong untuk Anda isi dengan dekorasi sesuai selera.

Luasan unit serta fasilitas unit yang Anda butuhkan juga bisa dengan mudah Anda tentukan melalui fitur pencarian yang tersedia di website. 

Yuk, kunjungi Rumah123.com dan temukan unit apartemen yang Anda inginkan!