8 Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Pelajar

Perkembangan teknologi bukan hanya membawa dampak positif dalam dunia pendidikan. Ada juga dampak negatif yang akan memberi pengaruh buruk bagi peserta didik.

Tapi, terlepas dari pengaruh tersebut, digitalisasi pendidikan memang harus disikap dengan baik. Kalau tidak, kualitas SDM akan ketinggalan jauh dari negara-negara lain.

Dikutip dari tambahpinter.com, kita sebagai manusia harus cermat memilih dan memilah informasi yang masuk. Seharusnya kita yang mengontrol teknologi, bukan sebaliknya.

Nah, di artikel ini admin akan jelaskan apa saja dampak positif dan negatif teknologi dalam dunia pendidikan, khususnya bagi pelajar. Yuk simak!

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Pelajar

Dampak Positif Teknologi Bagi Pelajar

Tak bisa dibantah bahwa teknologi sangat dibutuhkan. Contohnya smartphone yang dapat digunakan untuk mengakses internet dalam mencari informasi tambahan.

Selengkapnya berikut dampak positif teknologi bagi pelajar:

1. Sarana Belajar yang Efisien

Proses belajar akan lebih efisien dengan adanya teknologi. Pelajar maupun mahasiswa jadi mudah memahami setiap materi yang diberikan pendidik.

Misalnya, penggunaan proyektor untuk menjelaskan materi pelajaran lewat software seperti Excel maupun Powerpoint.

2. Komunikasi Jadi Lebih Mudah

Selanjutnya, dampak positif teknologi juga masuk ke ranah komunikasi. Antara peserta didik dan pendidik bisa bertukar informasi lewat smartphone tanpa harus bertatap muka.

Contoh lainnya, di era Covid ada Zoom maupun Google Meet yang mempermudah kegiatan belajar dilakukan di rumah.

3. Akses Informasi

Era digital yang dipenuhi dengan teknologi telah membawa sejumlah dampak positif. Termasuk di antaranya, kemudahan dalam mengakses ragam informasi yang kita perlukan.

Teknologi terbukti menjadi sekutu tak ternilai dalam bidang pendidikan. Dimana ilmu pengetahuan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

4. Media Diskusi Guru dan Pelajar

Tak ketinggalan, dampak positif teknologi dalam bidang pendidikan bukan hanya membuka pintu, namun juga merajut komunikasi dan diskusi bermanfaat.

Dengan teknologi, diskusi antara pendidik dan peserta didik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus bertatap muka di sekolah.

5. Efisiensi Waktu

Berkat perkembangan teknologi, kita bisa dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Cukup buka smartphone yang terkoneksi ke internet, semua informasi penting tentang pelajaran bisa didapat, entah itu lewat Youtube maupun Google.

Dampak Negatif Teknologi Bagi Pelajar

Di balik gemerlapnya inovasi, terdapat dampak negatif yang mengintai. Teknologi juga mampu mempengaruhi pola belajar, interaksi sosial, dan kesejahteraan mental para generasi muda.

Berikut beberapa dampak negatif teknologi:

1. Pengaruh Kesehatan

Meskipun ada dampak positif, teknologi juga bisa membawa pengaruh buruk. Salah satunya terhadap kesehatan mata, tubuh, dan otak.

Pancaran sinar pada layar elektronik diakui banyak pakar sangat membahayakan bagi kesehatan. Terutama bila terlalu lama main hp atau menatap laptop.

2. No Life

Selanjutnya, dampak negatif teknologi bagi pelajar adalah kurangnya sosialisasi dengan dunia luar. Kita akan menjadi addicted sehingga tak peduli dengan kondisi sekitar.

Kurangnya interaksi dengan tetangga maupun teman akan membuat hidup tanpa makna. Situasi ini sering dianggap sebagai no life atau nolep.

3. Kejahatan Digital

Perkembangan teknologi yang kian pesat juga membuka celah bagi pelaku kejahatan. Saat ini ada banyak contoh kejahatan digital yang dialami pelajar.

Contoh nyatanya kenalan dengan orang asing, lalu diajak ketemuan, dan akhirnya barang berharga dirampas atau bahkan sampai hilang nyawa.

Jadi, meskipun teknologi sangat dibutuhkan, kita tetap harus tahu batasan. Jangan sampai teknologi membawa pengaruh buruk sehingga mengganggu kehidupan sosial.