Cara Mengatasi Printer Epson L3210 Lampu Berkedip Terus

Meskipun perkembangan digital kian pesat, printer tetap dibutuhkan untuk mencetak dokumen. Perusahaan, sekolah, hingga instansi pemerintah masih menggunakan perangkat ini.

Sehingga tak heran, brand ternama selalu menghadirkan printer terbaru dengan fitur lebih canggih. Salah satunya Epson L3210 yang cukup populer, terutama di Indonesia.

Kendati demikian, fungsi printer tak lepas dari yang namanya error. Entah itu driver Epson L3210 tidak berfungsi, lampu orange kedap-kedip, hingga kertas yang gagal mencetak dokumen.

Nah, di artikel ini admin mau jelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi printer Epson L3210 lampu berkedip terus. Kalau kamu mengalami kendala tersebut, yuk baca ulasan berikut.

Cara Mengatasi Printer Epson L3210 Lampu Berkedip Terus

Penyebab Printer Epson L3210 Berkedip Terus

Seperti yang umum terjadi pada semua merk printer, lampu yang kedap-kedip menandakan kalau printer sedang tidak normal atau mengalami masalah.

Dalam banyak kasus, penyebab lampur printer Epson L3210 berkedip terus adalah karena kesalahan pengguna sendiri. Bisa jadi kamu salah memahami petunjuk penggunaan.

Selain itu, kemungkinan ada benda asing seperti paper clip, batu, atau anak staples yang masuk ke dalam printer.

Benda-benda asing yang masuk akan mengakibatkan printer macet, sehingga kertas HVS tidak mampu mencetak dan akan membuat lampu indikator menyala secara berulang.

Apabila printer yang kamu gunakan mengalami kendala, sebaiknya jangan langsung bawa ke tukang service. Coba dulu melakukan hal dasar untuk memperbaikinya di rumah.

Cara Mengatasi Printer Epson L3210 Lampu Berkedip Terus

Fitur yang bagus dan berkualitas membuat printer Epson L3210 jadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi harga printer ini lumayan terjangkau, sekitar Rp2,2 jutaan.

Kendala yang terjadi para Epson L3210 masih terbilang wajar. Sebab, printer merk Canon hingga Panasonic pun sering bermasalah saat mau nge-print.

Jadi tak perlu panik, ikuti cara mengatasi printer Epson L3210 lampu berkedip terus berikut ini:

1. Cek Kertas

Pertama coba cek bagian dalam printer dan kertas. Buka tutup pengaman, dan lihat apakah ada benda terselip atau kertas HVS yang tersangkut.

Apabila ada, matikan dulu printer-nya, lalu bongkar semua kertas dan keluarkan benda asing yang kamu temukan. Jika sudah, lakukan restart sebelum digunakan.

2. Matikan Dulu Printernya

Selanjutnya, cara mengatasi printer Epson L3210 lampu berkedip-kedip bisa juga dengan mematikan printer. Tapi sebelum itu, batalkan dulu dokumen yang mau di-print.

Kemudian keluarkan juga kertas yang terpasang. Jika sudah, matikan printer dengan menekan tombol Power dan tunggu hingga beberapa saat.

Setelah 1 atau 2 menit, pasang kembali kertas HVS dan nyalakan printer. Coba cetak dokumen yang sebelumnya gagal.

3. Bersihkan Roller

Terakhir, cara ini sedikit rumit namun terbukti berhasil. Kamu harus membersihkan bagian Roller, yang kemungkinan sudah kotor karena lama tidak dibersihkan.

Untuk melakukannya, pertama matikan dulu printer dan cabut semua kabel yang terpasang. Jika sudah, cabut Roller dengan teliti dan jangan dipaksa.

Setelah itu, ambil tisu atau lap dan basahkan dengan air. Lap semua bagian Roller hingga benar-benar bersih. Terakhir, pasang kembali Roller dan colokkan semua kabel.

Demikian penjelasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi printer Epson L3210 lampu berkedip terus. Baca juga artikel lain di Normanardikcom untuk informasi tutorial dan teknologi.