Twitter Tidak Bisa Menerjemahkan, Ini Penyebab dan Solusinya

Ketika membaca twit dalam bahasa asing, kita bisa menerjemahkannya dengan klik tombol “Terjemahkan Tweet”. Tapi terkadang, muncul notifikasi “Gagal menerjemahkan Tweet ini. Silahkan coba lagi nanti”.

Notifikasi tersebut menandakan kalau ada yang error pada aplikasi atau sistem, sehingga Twitter tidak bisa menerjemahkan. Tapi jangan khawatir, karena masalah ini sangat mudah diatasi.

Fitur terjemahan di Twitter memang sangat membantu dalam memahami cuitan bahasa Inggris, Arab, maupun Korea.

Nah, kalau kamu menemukan kendala Twitter tidak bisa menerjemahkan, artikel ini akan mengulas lengkap penyebab dan solusinya. Yuk simak sampai selesai! 

Twitter Tidak Bisa Menerjemahkan

Kenapa Twitter Tidak Bisa Menerjemahkan?

Popularitas Twitter semakin meningkat sejak diambil alih Elon Musk. Media sosial burung biru ini dianggap sebagai wadah terbaik untuk sarana marketing. Apalagi, user bisa memiliki centang biru meski bukan public figure.

Ya, fitur Twitter Blue memungkinkan semua user memiliki logo “Verified” dengan membayar Rp165.000 per bulan atau Rp1.719.000 per tahun.

Kembali ke topik utama, berikut beberapa penyebab Twitter tidak bisa menerjemahkan:

1. Settingan Bahasa

Alasan yang paling umum Twitter gagal menerjemahkan adalah settingan bahasa. Kalau kamu mau menerjemahkan tweet bahasa Inggris, Spanyol, maupun Arab, maka akun Twitter kamu harus di-setting bahasa Indonesia.

Begitu juga sebaliknya, tweet dalam bahasa Indonesia hanya bisa di-translate ke Inggris jika settingan bahasa akun “English”.

2. Aplikasi Belum Update

Selanjutnya, aplikasi yang belum update juga jadi alasan kenapa Twitter tidak bisa menerjemahkan. Pasalnya, banyak user mengeluh bug dan error pada aplikasi versi lama, sehingga membuat kinerja fitur tidak optimal.

3. Koneksi Tidak Stabil

Masalah konseksi yang tidak stabil jadi momok tersendiri bagi aplikasi online. Internet begitu penting agar aplikasi dapat berjalan. Oleh sebab itu, jika jaringan mengalami masalah, fungsi aplikasi jadi tidak maksimal.


Sebelum mengakses Twitter, sebaiknya cek dulu koneksi internet kamu. Apabila lemot, coba atasi dengan me-refresh perangkat atau nyalakan Mode Pesawat.

4. Fitur Terjemahan Error

Terakhir, alasan kenapa Twitter tidak bisa menerjemahkan kemungkinan karena aplikasi atau server sedang error. Sejak beberapa hari lalu, banyak pengguna kesulitan menerjemahkan tweet meskipun aplikasi sudah di-update.

Alhasil, admin pakai metode Google Lens untuk mengetahui tweet dalam bahasa asing. Kalau kamu pengguna Xiaomi, caranya sangat mudah, pertama screenshot tweet-nya, pilih Kirim, cari “Lens”, dan klik opsi Terjemahan.

Cara Mengatasi Twitter Tidak Bisa Menerjemahkan

Setelah tahu penyebab Twitter tidak bisa menerjemahkan, selanjutnya admin akan jelaskan cara mengatasinya. Metode di bawah ini sudah dicoba dan terbukti berhasil, karena admin termasuk pengguna Twitter aktif.

Berikut cara mengatasi terjemahan Twitter error:

1. Ubah Bahasa Twitter

Masalah bahasa memang sangat mempengaruhi fungsi fitur terjemahan Twitter. Seperti yang dijelaskan di awal, kalau kamu ingin menerjamahkan tweet bahasa Inggris, maka akun kamu harus dalam bahasa Indonesia.

Untuk mengubah bahasa Twitter bisa ikuti langkah berikut:

  • Klik ikon foto profil
  • Masuk ke Pengaturan & Dukungan > Pengaturan dan privasi
  • Scroll ke bawah lalu pilih Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa
  • Kemudian klik opsi Bahasa > Bahasa pilihan
  • Lalu klik Perbarui bahasa dan pilih Indonesia – Indonesia

Sampai tahap ini cara mengganti bahasa Twitter sudah selesai. Selanjutnya tinggal tutup aplikasi dan bersihkan Recent Apps. Buka kembali aplikasinya, dan coba terjemahkan satu tweet.

2. Update Aplikasi

Selanjutnya, memperbarui versi aplikasi juga termasuk salah satu cara mengatasi Twitter tidak bisa menerjamahkan. Untuk hal ini, kamu tinggal buka Google Play atau App Store dan cari Twitter. Setelah ketemu, klik Update.

Meng-update aplikasi sangat penting karena umumnya, developer menghadirkan fitur baru atau memperbaiki bug dan kesalahan yang ada di versi lama.

3. Cek Koneksi Internet

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika Twitter gagal menerjemahkan tweet adalah dengan mengecek koneksi internet. Di awal juga sudah dijelaskan kalau jaringan merupakan faktor terpenting bagi aplikasi online.


Untuk mengetahui apakah internet kamu stabil atau tidak, caranya bisa dengan membuka aplikasi lain, misalnya Instagram. Kalau sama-sama gagal, lakukan metode Flight Mode.

Aktifkan fitur Flight Mode di hp kamu, lalu nonaktifkan kembali setelah beberapa detik. Cara lainnya adalah dengan me-restart perangkat agar jaringan kembali fresh.

Akhir Kata

Seperti halnya media sosial lain, Twitter tak luput dari yang namanya error. Beberapa fitur sering mengalami masalah, entah itu fitur translate, tweet yang gagal terkirim ataupun gagal memuat Beranda.

Demikian yang dapat Normanardik.com sampaikan perihal penyebab dan cara mengatasi Twitter tidak bisa menerjemahkan. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!