7 Makanan Khas Australia yang Terkenal Enak dan Unik

Australia menawarkan sejuta keajaiban kuliner. Makanan khas Australia adalah perpaduan sempurna antara kekayaan alam melimpah dan warisan budaya. Tertarik mencoba tapi bingung apa yang paling unik?

Australia dijuluki negeri kanguru dan beribukota di Sydney yang merupakan kota tertua di Australia. Kalau kita bicara makanan paling khas, salah satu yang paling menarik adalah Vegemite, sejenis selai kaya rempah.

Selain itu, masih banyak hidangan yang menawarkan keunikan, cita rasa, dan tampilan berbeda. Nah, kalau penasaran dengan makanan khas Australia, artikel ini akan mengulas tuntas. Yuk simak!

Makanan Khas Australia
Lamington by SBS Food

Daftar Makanan Khas Australia

Makanan khas Australia telah menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang penasaran. Kombinasi unik dari cita rasa dan bahan-bahan segar yang melambangkan keanekaragaman alam dan kehidupan di negara ini.

Berikut beberapa makanan khas Australia yang wajib dicoba:

1. Pavlova

Pertama ada Pavlova yang terinspirasi dari nama Anna Pavlova, seorang penari balet terkenal asal Rusia. Ini merupakan makanan sejenis kue maringue dengan lapisan atas krim kocok lembut dan buah-buahan segar.

Tekstur kulit kue ini keras dan renyat, namun saat digigit akan memberikan sensasi lembut seperti marshmallow. Saat berkunjung ke Australia, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kue ini, ya!

2. Vegemite

Di daftar kedua makanan khas Australia ada Vegemite. Ini sebenarnya bukan hidangan biasa, melainkan selai unik yang dihasilkan dari sayuran, rempah-rempah, dan ragi yang digunakan dalam pembuatan bir.

Sekilas, tampilan dan warna Vegemite mirip seperti selai cokelat, namun rasanya sangat jauh berbeda. Vegemite memiliki rasa unik, perpaduan asin, manis, pahit, dan sedikit pedas dari rempah-rempah yang digunakan.

Disamping itu, aroma yang kuat dan rasa nano-nano membuat makanan ini jarang diminati. Biasanya, orang Australia menikmati Vegemite sebagai selai untuk roti panggang.

3. Meat Pie

Pie biasanya dikenal sebagai makanan manis dengan isian buah atau susu. Namun, di Australia, pie yang paling populer adalah yang berisikan daging. Selain iu, ada sesuatu yang berbeda dengan ukuran pie Australia.

Jika biasanya pie memiliki ukuran seperti piring, makanan khas Australia ini hadir dalam ukuran yang lebih kecil. Mereka hampir seukuran cupcake, tapi sedikit lebih besar dengan isian padat.

Pie ini biasa disajikan bersama kentang tumbuk dan gravy, saus kental dengan bahan dasar kaldu. Tertarik mencoba? Kamu bisa beli di toko roti, pub, atau supermarket.

4. Daging Kangguru dan Emu

Kangguru dan emu bukan hanya menjadi simbol Australia, tetapi juga sumber protein favorit penduduk setempat. Dua daging ini dapat dengan mudah ditemukan di rak supermarket atau olahan menu di restoran.

Lemaknya yang sedikit membuat daging kangguru dan emu dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti steak, sosis, burger, dan masih banyak lagi.

5. Lamington

Kemudian ada Lamington yang merupakan makanan jadul khas Australia. Kue ini sudah menjadi bagian dari penduduk Australia sejak tahun 1900-an. Sehingga tak heran, Lamington dijuluki sebagai kue nasional Australia.

Tampilan kue Lamington sendiri berbentuk persegi dengan tekstur seperti bolu dan dilapisi dengan saus cokelat dan parutan kelapa. Selain itu, di bagian tengah kue terdapat selai atau krim yang semakin memperkaya rasa.

6. Sausage Sangers

Barbeque menjadi hidangan yang paling digemari di Australia. Dalam sajiannya, terdapat sausage sangers yang merupakan sosis berkualitas khas Australia. Berbeda dari sosis biasa, ini lebih kaya isi dengan kulit lebih krispi.

Secara singkat, sausage sangers, atau biasa dikenal sebagai sausage rolls, adalah sosis yang dibungkus dalam roti dan dihidangkan dengan irisan bawang bombay dan saus.

7. Biskuit Anzac

Terakhir, nama makanan khas Australia ini berasal dari singkatan. Anzac yang berarti Australian and New Zealand Army Corps. Ya, kue ini sangat erat kaitannya dengan tentara karena sudah ada sejak Perang Dunia I.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Anzac meliputi oat, tepung, gula, mentega, golden syrup, baking soda, air panas, dan terkadang, sedikit kelapa. Meski teksturnya keras, biskuit Anzac terasa begitu nikmat.

Akhir Kata

Makanan khas Australia menggambarkan keunikan dan keragaman negara ini dengan cita rasa yang tak terlupakan, membawa sensasi petualangan kuliner yang tiada tara bagi siapa pun yang sedang berkunjung ke negeri kanguru ini.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Australia yang terkenal enak dan unik. Kunjungi juga dirgasatya.com kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang Australia dan sejarah lainnya.